Ini 4 Tipe Introvert, Mana yang Sesuai dengan Anda?

Orang introvert juga sering disebut sebagai orang yang pendiam. Padahal, tidak semua orang introvert itu sama.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing dengan istilah Introvert. Introvert merupakan suatu kepribadian pada orang-orang yang suka menghabiskan waktu sendirian dibanding berkumpul dengan banyak orang. Orang introvert juga sering disebut sebagai orang yang pendiam. Padahal, tidak semua orang introvert itu sama. Ada beberapa tipe introvert pada diri setiap orang.

Dengan mengetahui tipe kepribadian diri sendiri, ini dapat membantu kita untuk mengkomunikasikan kebutuhan diri sendiri terhadap orang-orang dengan tipe kepribadian yang berbeda. Hal tersebut juga dapat memperkuat hubungan interpersonal kita dengan orang lain.

Dlansir dari Yourtango, inilah 4 tipe kepribadian introvert pada setiap orang.


1. Social Introvert

Orang-orang social introvert adalah mereka yang paling ramah dan paling mengutamakan privasi tentang dirinya dari keempat tipe introvert yang ada. Mereka tidak merasa malu ataupun cemas dalam lingkungan sosialnya dan bahkan mereka sangat menikmati, tetapi mereka akan merasa terkuras energi emosionalnya jika berada di luar terlalu lama.

Meskipun orang social introvert suka menghabiskan waktu sendirian, mereka masih menginginkan beberapa teman dekat di sekelilingnya. Mereka cenderung menjadi yang paling sosial saat bersama kelompok pertemanannya. Seseorang yang tidak mengenal mereka mungkin akan menganggap orang-orang ini ekstrovert saat melihat mereka berkumpul bersama teman dekatnya. Padahal orang-orang social introvert tidak akan banyak berbagi tentang diri mereka kepada orang lain selain teman dekat mereka.


2. Thinking Introvert

Sedikit berbeda dengan sosial introvert, seseorang dengan tipe thinking introvert ialah mereka yang tidak keberatan untuk bersosialisasi, namun memiliki dunianya sendiri. Mereka seringkali melamun dan terlihat lebih suka menyendiri bagi orang-orang yang tidak mengenal mereka. Orang thinking introvert sangat introspektif dan lebih berperasaan daripada orang kebanyakan. Orang lain mungkin akan sulit untuk bisa kenal lebih dalam dengan orang tipe ini, karena mereka memiliki proses berpikir yang unik dan lebih suka berdiskusi dengan pikirannya sendiri dibanding meluangkan waktu dan energi untuk menjelaskan pemikirannya kepada orang lain.


3. Anxious Introvert

Orang anxious introvert biasanya menginginkan kesendirian bahkan ketika sedang berkumpul dengan teman-teman dekat mereka. Mereka kurang nyaman dalam situasi sosial yang baru atau ramai maupun situasi yang membuat dirinya diperhatikan di depan umum. Orang anxious introvert akan terlalu memikirkan hal-hal yang bisa terjadi maupun tidak tentang dirinya ketika akan datang ke tempat baru. Dalam kasus ekstrem, adanya keengganan dalam menghadapi situasi sosial ini dapat berkembang menjadi kecemasan sosial.


4. Restrained Introvert

Orang restrained introvert adalah seseorang yang bijaksana dan tidak menyukai perubahan. Mereka akan tidak nyaman jika merasa terburu-buru harus menghadiri berbagai macam situasi khususnya situasi sosial. Orang-orang ini akan mau pergi keluar jika sudah direncanakan jauh-jauh hari tetapi mereka tetap lebih suka bersantai sendiri seperti menonton acara tv favorit, membaca buku, atau melakukan yoga. Mereka juga memiliki kenyamanan dalam rutinitas pribadi. []


Baca Juga :

Kenali 4 Ciri Toxic People yang Ada di Sekitarmu

3 Zodiak Terbaik untuk Pasangan Hidup Taurus

3 Zodiak yang Cocok untuk Menikah dengan Libra

Inilah Zona Sensitif Seksual di Tubuh Taurus






Berita terkait
Enam Hal Sederhana yang Bikin Introvert Bahagia
Dalam psikologi, terdapat pengelompokkan kepribadian manusia bedasarkan bagaimana manusia memperoleh gairahnya.
9 Tanda Ini Menunjukkan Anda Belum Siap Menikah
Ini bukan hanya tentang takut sedikit pun menyebut pernikahan Anda, tetapi juga tentang apa yang Anda pikirkan tentang itu.
Cara Mengatasi Tantrum pada Anak
Tantrum yang terus-menerus tidak boleh dibiarkkan, karena bisa menjadi kebiasaan yang buruk dan memengaruhi perkembangan si kecil di kemudian hari.
0
Ini 4 Tipe Introvert, Mana yang Sesuai dengan Anda?
Orang introvert juga sering disebut sebagai orang yang pendiam. Padahal, tidak semua orang introvert itu sama.