Hal Sepele yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kesehatan Kita

Tak hanya tubuh tetapi juga kesehatan mental kita. Berikut hal-hal yang dapat merusak kesehatan yang harus kita hindari.
Foto: Tagar/Andrea Piacquadio

Jakarta - Seperti yang kita ketahui bahwa merokok dan mengonsumsi makanan berlemak dapat merusak kesehatan. Namun, ada beberapa kebiasaan lain yang tanpa kita sadari juga dapat merusak kesehatan. 

Tak hanya tubuh tetapi juga kesehatan mental kita. Berikut hal-hal yang dapat merusak kesehatan yang harus kita hindari.


1. Terlalu banyak menonton TV atau main laptop dan handphone

Meski bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, terlalu sering menonton TV atau main laptop menyimpan begitu banyak pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Kelamaan menonton televisi atau menggunakan gadget telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan lain sebagainya.


2. Terlambat makan

Menunda waktu makan akan melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan akan menyebabkan asam lambung naik. Buruknya, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Sebaiknya, luangkan waktu sejenak untuk makan, supaya Anda tetap fokus dan semangat beraktivitas.


3. Makan disaat tidak lapar

Sekadar memakan camilan atau melampiaskan diri dari rasa stres dengan makan yang terlalu sering mungkin akan menimbulkan kelebihan kalori bagi tubuh. Kemudian, berat badan tubuh akan naik di atas normal dan akhirnya obesitas. Obesitas dapat meningkatkan banyak risiko, tidak hanya diabetes, stroke, tetapi juga banyak penyakit lainnya. Penting untuk menjaga waktu makan dan pola makan kita, agar berat badan tetap terjaga.


4. Terlalu lama membuka media sosial

Penelitian telah banyak menemukan bahwa banyak orang yang “terisolasi” akibat berkutat dengan media sosial. Isolasi sosial tersebut buruk bagi kesehatan mental dan fisik kita. Kita hanya akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengamati media sosial, tanpa melakukan aktivitas yang membuat badan kita bergerak. 

Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu lama mengamati media sosial dapat menimbulkan rasa iri pada teman dan menurunkan mood sehingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.


5. Terlalu lama duduk

Duduk dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Sebab duduk tidak akan menyebabkan adanya aktivitas atau gerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Begitu pula dengan kesehatan psikologis.


6. Begadang

Begadang merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik dan bisa merusak kesehatan. Orang yang begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik esok harinya dan juga mengganggu waktu makan. Jika Anda memiliki kebiasaan begadang, maka ubahlah kebiasaan itu secara perlahan sampai tubuh kita terbiasa dan dapat beraktivitas normal.


7 . Menahan marah

“Sabar ada batasnya”, pepatah itu ada benarnya. Ketika kita marah, lebih baik untuk melampiaskannya. Jika dipendam, bisa mengakibatkan stres dan jika meluapkannya secara memuncak dapat membahayakan kesehatan. 

Dilansir dari WebMD, Profesor Harvard Laura Kubzansky menyatakan bahwa mereka yang membangun emosi mereka dan mengalami ledakan kemarahan yang tiba-tiba jauh lebih rentan terhadap penyakit jantung.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Sukses Diet Sehat Ala Baim Wong
Untuk mendapatkan postur tubuh seperti itu, Baim Wong mengaku dirinya mengubah pola hidup yang sehat.
Mengenal 5 Manfaat Kimchi, Makanan Sehat dari Korea
Biasanya difermentasi selama beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum disajikan. Namun, ternyata kimchi dapat dimakan secara langsung.
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh
Jeruk nipis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, serta mencegah keriput di kulit. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.