Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Jeruk nipis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, serta mencegah keriput di kulit. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
Ilustrasi -Jeruk nipis. (Foto: Tagar/iStockphoto)

Jakarta - Jeruk nipis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, serta mencegah keriput di kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam jeruk nipis, membuatnya bisa melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit berbahaya.

Kandungan nutrisi jeruk nipislah yang memberikan buah ini berbagai manfaatnya. Dalam 60 gram atau setara satu buah ukuran sedang, jeruk nipis mengandung vitamin C yang bisa memenuhi 22 %.

Jika kita tidak suka air putih, bisa mencoba mengganti kebiasaan tersebut dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam minuman. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air jeruk nipis juga memberikan beberapa manfaat seperti berikut.

Meningkatkan daya tahan tubuh, berkat vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, air jeruk nipis dapat memelihara dan menguatkan sistem imun dalam melawan penyakit. Ya, termasuk flu dan pilek.

Bukan hanya itu saja, vitamin C dalam jeruk nipis ini juga bisa meningkatkan produksi sel sehat dalam membunuh patogen penyebab penyakit. Hal tersebut berefek positif terhadap percepatan proses penyembuhan ketika seseorang sakit.

Meremajakan kulit, beragam nutrisi yang terdapat di dalamnya juga terkenal mampu menjaga kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya bagi kulit, bisa memakai air jeruk nipis sebagai masker. Manfaat masker jeruk nipis tersebut diyakini dapat membuat kulit wajah terlihat bercahaya dan awet muda.

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Tidak heran bila tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen. Itulah sebabnya, air jeruk nipis bisa membantu menghidrasi dan meremajakan kulit.

Membantu menurunkan berat badan, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk pecel ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

Menjaga kadar gula darah, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diharuskan menjaga kadar gulanya tetap normal. Pasalnya, insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
5 Manfaat Suplemen Minyak Ikan untuk Kesehatan
Jika Anda tidak makan banyak ikan, mengkonsumsi suplemen minyak ikan akan membantu Anda mendapatkan cukup omega-3 asam lemak.
5 Manfaat Coral Jasmine untuk Kesehatan
Setiap bagian dari tumbuhan ini bisa digunakan untuk tujuan medis.
Wajib Tahu! Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh
Air kelapa sudah dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh salah satunya dapat menambah elektrolit dan mineral. Berikut manfaatnya bagi tubuh.
0
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh
Jeruk nipis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, serta mencegah keriput di kulit. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.