Empat Fraksi DPR Minta RUU HIP Dikeluarkan dari Prolegnas 2021

Empat Fraksi DPR yaitu, Golkar, PPP, PAN, dan PKS meminta RUU HIP dikeluarkan dari Prolegnas 2021.
Empat Fraksi DPR, Golkar, PPP, PAN, dan PKS meminta RUU HIP ditarik dari Prolegnas 2021. (foto: radarjogja.jawapos).

Jakarta - Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Willy Aditya mengatakan pihaknya tengah mempertimbangkan usulan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) untuk dikeluarkan dari Program Legislasi Nasional atau Prolegnas Tahun 2021. 

Politikus NasDem itu mengungkapkan, setidaknya ada empat fraksi di Baleg DPR RI meminta RUU HIP dikeluarkan dari Prolegnas 2021, karena sudah tidak relevan lagi dibahas usai datangnya surat presiden (Surpres) yang disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju kepada Ketua DPR pada 16 Juli 2020. 

"Tentang HIP, ada empat fraksi yang meminta ini. Tidak relevan lagi masuk ke dalam Prolegnas prioritas terkait dengan statement Menkopolhukam dan pimpinan DPR," kata Willy di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

Baca juga: RUU HIP dan PKI, Istana Anggap Gatot Nurmantyo Halusinatif

Willy melanjutkan, keempat fraksi tersebut adalah Fraksi Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Partai Golkar melalui Ketua Kelompok Fraksi Firman Soebagyo menolak RUU HIP, jika draf yang ada sekarang tidak mengalami perubahan fundamental dengan draf RUU HIP yang lama. 

Baca juga: Meski RUU HIP Berganti RUU BPIP, MUI Tetap Menolak

Kemudian, PPP dan PAN, masing-masing diwakili Illiza Sa’aduddin Djamal dan Zainuddin Maliki menyatakan penolakan mereka karena draf RUU HIP yang ada sekarang perlu ditinjau ulang lebih mendalam, sehingga tidak lagi mengundang pro dan kontra masyarakat serta menimbulkan kegaduhan. 

Selanjutnya PKS, yang diwakili Ledia Hanifa, mengatakan bahwa pernyataan Menkopolhukam dan pimpinan DPR RI pada saat ramai penolakan RUU HIP oleh masyarakat pada bulan Juli lalu akan mengalami kontradiksi apabila pembahasan RUU tersebut kembali dilanjutkan oleh Baleg DPR RI. []

Berita terkait
PKS Kawal RUU HIP Sampai Dibatalkan dari Prolegnas
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan terus mengawal Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi (RUU HIP) sampai benar-benar dibatalkan dari Prolegnas.
PAN Curiga RUU HIP Jadi RUU BPIP Hanya Ubah Judul
Jika pemerintah ingin membuat payung hukum BPIP, menurut PAN, lebih baik RUU HIP dikeluarkan dulu dari Prolegnas. Setelah itu RUU BPIP diajukan.
Demo Tolak RUU HIP di Kediri Disertai Rapid Test
Di sela menyampaikan aspirasi penilakan RUU HIP, massa di Kediri menjalani rapid test. Mereka dirapid sebelum audensi dengan anggota DPRD.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City