Efek Lampu Menyala Saat tidur, Baik Atau Buruk?

Ya, tidur dalam kondisi gelap dapat membuat Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Anak kecil tidur (Foto: Tagar/Pixbay)

Jakarta - Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang, sebagian lagi mungkin hanya bisa tertidur jika keadaan kamar gelap. Nah, apakah matikan lampu saat tidur lebih baik ketimbang tidak melakukannya?

Jawabannya adalah dalam kondisi lampu mati. Ya, tidur dalam kondisi gelap dapat membuat Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Faktor kunci dalam mengatur tidur dan jam biologis tubuh Anda adalah paparan cahaya.

Melansir dari Sleep Foundation, paparan cahaya merangsang jalur saraf dari mata ke bagian otak yang mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lain yang berperan untuk membuat kamu merasa mengantuk atau terjaga. Akibatnya, tidur dengan lampu menyala mempersulit kamu untuk tidur nyenyak.

Tidur dalam keadaan lampu menyala dapat menyebabkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan ini mungkin terjadi karena paparan cahaya pada saat tidur dapat berdampak pada terganggunya hormon dalam tubuh. Berikut adalah masalahnya.


Obesitas

Penelitian yang diterbitkan American Journal of Epidemiology, menunjukkan bahwa wanita yang tidur dalam ruangan yang lebih terang cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi. Selain itu, lingkar pinggang mereka pun lebih besar daripada wanita yang tidur dalam kondisi kamar yang gelap.

Depresi

Penelitian dalam Journal of Affective Disorders menunjukkan bahwa orang depresi memiliki cahaya lampu yang lebih terang pada kamar mereka saat tidur. Gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk yang disebabkan karena lampu menyala dapat dihubungkan dengan depresi.


Kanker payudara

Penelitian oleh International Journal of Health Geographics menemukan bahwa kejadian kanker payudara lebih tinggi pada wanita yang tinggal di daerah dengan tingkat pembangunan perkotaan yang tinggi, banyaknya lampu di jalan raya, pusat perbelanjaan, dan rumah.

Saat kamu bangun di pagi hari, pastikan kamu mencari cahaya buatan atau alami secepat mungkin. Hal ini bertujuan untuk mengatur nada untuk tubuh agar mengenali terang sama dengan terjaga dan kegelapan berarti saatnya tidur.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
2 Kesalahan saat Tidur Menggunakan Ear Plug dan Risikonya
Ear plug dapat mengurangi jumlah suara yang masuk ke telinga, yang dapat membantu kita tidur nyenyak di lingkungan berisik.
10 Essential Oil Terbaik untuk Tingkatkan Kualitas Tidur
Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa campuran minyak esensial efektif mengurangi dengkuran.
Seputar Fakta Tentang Lucid Dream, Sadar Mimpi Saat Tidur
Lucid dream adalah fase tidur yang disebut mimpi sadar karena Anda sepenuhnya mengetahui bahwa sedang berada di alam mimpi.
0
Efek Lampu Menyala Saat tidur, Baik Atau Buruk?
Ya, tidur dalam kondisi gelap dapat membuat Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.