6 Manfaat Menggunakan Masker Tidur untuk Kesehatan

Penutup mata atau masker tidur bisa meningkatkan kualitas tidur, ini adalah solusi sederhana untuk tidur tanpa gangguan.
Ilustrasi penggunaan masker tidur

Jakarta - Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Karena itulah para ahli kesehatan merekomendasikan orang dewasa harus tidur selama 6 hingga 9 jam setiap malam, untuk menghindari timbulnya berbagai masalah kesehatan,

Kualitas tidur yang baik juga mempengaruhi kesehatan fisik, termasuk produktivitas, keseimbangan emosional, kesehatan jantung, berat badan, dan masih banyak lagi. Penggunaan gadget, tingkat stress yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab gangguan tidur.

Ada berbagai pilihan untuk meningkatkan kualitias tidur, mulai dari selimut, pose yoga, hingga teh pemicu tidur. Tapi, sebenarnya penutup mata atau masker tidur bisa meningkatkan kualitas tidur, iini adalah solusi sederhana untuk tidur tanpa gangguan.

Dilansir dari Boldsky, inilah manfaat menggunakan masker tidur untuk kesehatan menurut dokter dan ahli tidur (somnolog).


1. Meningkatkan kualitas tidur

Studi menunjukkan bahwa masker tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Karena manusia terjaga di siang hari dan tidur di malam hari, otak kita secara alami mengumpulkan kegelapan dengan tidur dan otak kita cenderung memproduksi lebih banyak melatonin (hormon yang mengontrol tidur dan siklus bangun saat merasakan tidak adanya cahaya). Untuk yang sulit tidur di malam hari, disarankan mengenakan masker tidur untuk memancing hormon melatonin.


2. Membuat Anda tertidur lebih cepat

Mengenakan masker tidur mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berbaring di tempat tidur karena kegelapan total meningkatkan tingkat melatonin tubuh Anda yang akan membuat Anda tidur lebih cepat daripada tidak memakai masker tidur. Selain itu, masker tidur mendorong Anda untuk kembali tidur dengan memblokir rangsangan lain (meminimalkan gangguan).


3. Meningkatkan kesehatan kulit

Beberapa masker tidur yang terbuat dari sutra atau serat ekstra lembut lainnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Artinya, saat Anda tidur tanpa masker, bersentuhan dengan bantal bisa meregangkan kulit di sekitar mata Anda. Selain itu bengkak, atau kantong di sekitar mata Anda di pagi hari dapat dengan mudah dihindari karena tidur Anda tidak terganggu.


4. Dapat membantu mengatasi migrain

Sensitivitas cahaya adalah gejala yang umum dan tidak menyenangkan yang terkait dengan migrain kronis. Masker tidur dapat membantu memberikan kegelapan total, yang dapat membantu meredakan nyeri yang berdenyut-denyut. Beberapa masker tidur bahkan dapat memberikan fitur pendinginan atau pemanas yang dirancang khusus untuk meredakan nyeri migrain. Anda juga bisa membekukan atau mendinginkan masker tidur dan menggunakannya saat migrain menyerang.


5. Dapat mengelola depresi

Meskipun klaim ini membutuhkan penelitian lebih lanjut, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur dalam kegelapan total dapat membantu mengurangi depresi. Para partisipan menunjukkan gejala depresi yang berkurang.


6. Merilekskan pikiran dan tubuh Anda

Menurut penelitian, stimulasi tekanan sentuhan dalam mendorong pelepasan serotonin, zat kimia yang mengatur tidur. Stimulasi tekanan dalam (Deep Pressure Stimulation - DPS) adalah tekanan yang kuat tetapi lembut, pelukan, atau pegangan yang merilekskan sistem saraf, jadi saat Anda mengenakan masker mata, tekanan lembut tersebut dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan mengurangi perasaan cemas.


7. Dapat membantu mengobati mata kering

Dalam semalam, mata Anda dapat terpapar udara kering, debu, dan bahan iritan lainnya yang dapat menyebabkan mata kering di pagi hari, terutama bagi individu dengan lagophthalmos nokturnal, suatu kondisi yang membuat seseorang tidak dapat menutup mata sepenuhnya. Hal tersebut bisa dihindari dengan memakai masker tidur saat tidur. Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat menggunakan masker tidur, izinkan kami memandu Anda dalam membeli masker tidur yang tepat untuk Anda.


Cara memilih masker tidur yang tepat

Masker tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, tetapi penting bagi Anda untuk memilih yang tepat. Saat memilih masker tidur, perhatikan bentuk, ukuran, bahan, dan bahkan beratnya. Masker tidur harus nyaman, tidak terlalu ketat, atau gatal, jika tidak maka akan menggagalkan tujuannya.

Ukuran: Anda ingin memastikan masker terpasang dengan nyaman di wajah Anda, tetapi tetap kencang untuk menghalangi cahaya. Beli masker tidur dengan tali yang bisa disesuaikan untuk kenyamanan yang lebih baik.

Bahan: Masker tidur berbahan katun memberikan rasa lembut, masker sutra juga sangat nyaman (tapi agak mahal), atau Anda bisa kombinasi masker yang memiliki eksterior sutra dan isian poliester. Anda juga bisa mencoba foam sleep mask.

Berat: Sebagian besar masker mata memiliki bobot yang ringan; Anda juga bisa mencoba masker mata berbobot yang bisa memberikan tekanan ringan sehingga mengurangi stres.

Warna: Beberapa topeng terbuat dari kain berwarna terang yang tidak akan menghalangi cahaya sepenuhnya, jadi jika Anda ingin tidur yang benar-benar tidak terganggu, belilah yang memiliki efek gelap sehingga tidak ada cahaya sama sekali.

Cobalah masker yang terbuat dari 100 persen bahan alami yang dapat bernapas seperti katun atau sutra dan cucilah secara teratur dengan deterjen bebas pewangi dan jangan gunakan pelembut kain apa pun. []

Berita terkait
Kenali 11 Jenis Gangguan Tidur dan Cara Mengatasinya
Gangguan tidur muncul ketika fase NREM dan REM terganggu karena masalah mental, sosial, lingkungan, atau emosional.
7 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur
Tidur dalam posisi miring atau suka berubah-ubah memudahkan mulut untuk terbuka, sehingga air liur bisa mengalir keluar lebih mudah.
9 Tips Agar Produktif dengan Jam Tidur yang Cukup
Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah rahasia untuk meningkatkan produktivitas.
0
6 Manfaat Menggunakan Masker Tidur untuk Kesehatan
Penutup mata atau masker tidur bisa meningkatkan kualitas tidur, ini adalah solusi sederhana untuk tidur tanpa gangguan.