5 Fakta Unik Koala, Hewan Menggemaskan yang Hobi Tidur

Koala juga pandai berenang, hewan ini dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 18 mil per jam.
Ilustrasi hewan Koala. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Koala adalah hewan Australia yang ikonik. Mamalia satu ini menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon, Mereka bisa tidur hingga 18 jam sehari.

Koala adalah hewan berkantung dan termasuk dalam kelas mamalia. Mereka kebanyakan ditemukan hidup di hutan kayu putih dan memakan daun pohon eucalyptus. Koala adalah hewan nokturnal dan dikenal tetap terjaga dan makan di malam hari.

Hewan dengan nama latin Phascolarctos cinereus ini memiliki dua ibu jari yang berlawanan di tangan mereka, dan kedua kaki dan tangan mereka memiliki cakar untuk meraih cabang. Tak hanya itu, koala juga pandai berenang, mereka dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 18 mil per jam.

Dilansir dari queensland.com, berikut adalah beberapa fakta menarik lainnya tentang koala yang mungkin belum kamu ketahui.


1. Koala tidur lebih dari 18 jam sehari

Koala hidup di hutan kayu putih di tenggara dan timur Australia. Mereka mengandalkan pohon eucalyptus baik untuk tempat tinggal maupun makanan. Koala bisa makan lebih dari satu kilogram daun eucalyptus dalam sehari. Eucalyptus bersifat racun, sehingga sistem pencernaan koala harus bekerja keras untuk mencernanya, memecah racun dan mengekstrak nutrisi yang terbatas.

Hal ini menjadi alasan mengapa koala sangat banyak tidur, mereka mendapatkan sangat sedikit energi dari makanannya. Koala bisa tidur selama 18 hingga 22 jam.


2. Koala tidak banyak minum air

Koala biasanya tidak minum banyak air, kata koala sendiri berasal dari suku Aborigin yang artinya "tidak minum" karena mereka mendapatkan sebagian besar air dalam makanan mereka dari daun pohon eucalyptus. Namun, pada hari-hari musim panas yang sangat panas, daun eucalyptus mengering dan koala mungkin perlu melengkapi makanan mereka dengan air.


3. Koala mempunyai sidik jari

Sama seperti manusia, koala ternyata juga memiliki sidik jari. Faktanya, sidik jari mereka sangat mirip dengan sidik jari manusia. Koala juga mempunyai ibu jari, Mereka memiliki dua ibu jari yang berlawanan di setiap kaki depan untuk memanjat, berpegangan pada pohon dan mencengkeram makanan, sedangkan jari kedua dan ketiga pada kaki belakang mereka menyatu membentuk cakar.


4. Pemilih dalam urusan makanan

Makanan koala adalah daun pohon eucalyptus, tetapi herbivora ini sangat pilih-pilih jenisnya. Dari 700+ spesies pohon eucalyptus di Australia, koala hanya memakan sekitar 50 spesies. Seringkali, mereka akan memanjat sampai ke puncak pohon tertinggi untuk makanan berikutnya, karena di sanalah daun paling berair dan kaya nutrisi ditemukan.


5. Bayi koala memiliki nama khusus

Sama seperti kanguru, bayi koala disebut joey. Terlahir buta dan tanpa bulu, marsupial ini seukuran buah stroberi ketika mereka baru lahir dan tetap berada di kantong ibu koala selama enam bulan sampai mereka tumbuh dan berkembang. Kantung koala betina terbuka dari bawah untuk memungkinkan koala betina naik ke cabang-cabang pohon tanpa tersangkutnya kantong dan untuk mencegah kantong tersebut terisi kulit kayu dan dedaunan.


(Fauzi Maulana Rizqi)


Berita terkait
Fakta Menarik Tentang Ikan Piranha, Predator Sungai Amazon
Rumor yang beredar tentang kebuasan ikan piranha terlalu berlebihan
5 Fakta Menarik Sloth, Mamalia Paling Lambat di Dunia
Hewan ini dapat dijumpai di hutan hujan tropis
Fakta-fakta Tentang Masturbasi
Untuk tindakan masturbasi ini, sebenarnya tergantung dari individu masing – masing mempercayainya atau tidak.
0
6 Hal Misterius dari Dunia Game yang Belum Terpecahkan
Fenomena serta konspirasi yang merebak dunia game, bahkan di antaranya tidak terpecahkan hingga saat ini.