Brazil Lolos Ke Final Olimpiade 2020 Usai Taklukkan Mexico

Sang juara bertahan Brazil mengalahkan Meksiko dengan skor 4-1 lewat adu penalti dalam ajang Olimpiade 2020 dan melaju ke babak final.
Brazil Olimpiade 2020. (Foto: Tagar/cbf.com)

Jakarta - Sang juara bertahan Brazil mengalahkan Meksiko dengan skor 4-1 lewat adu penalti dalam ajang Olimpiade 2020 dan melaju ke babak final setelah bermain imbang 0-0 pada babak tambahan.

Brazil, sang juara bertahan Olimpiade cabang sepak bola pria, memiliki beberapa kesempatan emas di babak pertama. Namun, di babak kedua gagal untuk mengakhiri pertandingan dengan waktu normal.

Peluang emas didapatkan oleh penyerang tim ‘samba’ Richardlison di waktu normal pada saat ia melakukan sundulan ke gawang lawan. Namun, sundulan yang sebelumnya dikirim oleh Dani Alves tersebut hanya membentur tiang gawang dari Mexico.

Pertandingan berlanjut sampai ke babak tambahan. Brazil berusaha mencoba keluar dari kebuntuan permainan, dan akhirnya pertandingan berakhir dengan skor kacamata setelah bermain 120 menit.

Brazil mendapat kesempatan pertama dalam adu penalti. Dani Alves yang dipercaya sebagai algojo mampu menyelesaikan tugasnya usai tendangannya tidak dapat dijangkau oleh Ochoa, kiper Mexico. Eduardo Aguirre dari Mexico gagal menyamakan kedudukan setelah tendangannya mampu diantisipasi oleh kiper Brazil.

Penyerang klub Arsenal asal Brazil sukses menggandakan kedudukan dengan tendangan penalti yang sangat baik. Sedangkan Mexico belum juga dapat memperkecil kedudukan karena tendangan dari Johan Vasquez yang terkena mistar.

Penendang ketiga Brazil Bruno Guimares sukses menyematkan gol ke gawang Mexico. 

Disusul dengan tendangan dari Carlos Rodriguez yang dapat memberikan sedikit harapan untuk Mexico, skor sementara 3-1 untuk keunggulan Brazil.

Penentu kemenangan berada di pundak Reiner dari tim Brazil, karena jika ia mencetak gol maka Brazil akan lolos ke babak final Olimpiade 2020.

Jika tidak, maka adu penalti akan tetap berlanjut dengan skenario yang mungkin dapat membahayakan Brazil. Reiner pun mengambil tendangan penalti dengan sangat percaya diri dan tidak membuat kesalahan. 

Reiner mencetak gol keempat untuk Brazil dan sekaligus mengantarkan negaranya ke partai final Olimpiade 2020.

Brazil akan menghadapi pemenang dari laga semifinal lainnya antara Jepang atau Spanyol yang akan memperebutkan medali emas. Sedangkan Mexico akan menemui tim yang kalah pada laga semifinal tersebut untuk memperebutkan posisi ke-3. []


Baca Juga: Jerman dan Inggris Dua Musuh Bebuyutan di Dunia Sepak Bola


(Bariq Yonanda)

Berita terkait
Brasil Hadapi Spanyol di Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020
Brasil menang lewat adu pinalti setelah perpanjangan waktu lawan Meksiko, di final Brasil ketemu Spanyol yang kalahkan Jepang
Siapa Favorit Rebut Medali Emas Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020
Empat kesebelasan lolos ke semifinal Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020 yaitu Spanyol, Brasil, Jepang atau Meksiko
Italia Bangkit dari Titik Terendah Sepak Bola Dunia
Roberto Mancini telah membawa timnas Italia dari titik terendah di dunia sepak bola dunia menjadi juara Eropa dalam tiga tahun
0
BET Apresiasi DPRD Bogor Siapkan Nama Sapi Belgian Blue
Dalam kunjungannya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor diberi kehormatan oleg BET untuk memberikan nama kepada anak sapi Belgian Blue betina baru lahir.