Bolehkah Buah Dicampur Susu? Ini Penjelasannya

Konsumsi buah dan susu bersamaan dianggap bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.
Buah dan susu (Foto: Tagar.Freepik)

Jakarta - Salah satu kunci terhindar dari berbagai penyakit adalah pola makan sehat. Anda perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi, agar seluruh fungsi tubuh tetap terjaga dengan baik.

Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah buah dan susu. Keduanya memiliki banyak sekali manfaat, dan tak jarang dikonsumsi bersamaan.

Konsumsi buah dan susu bersamaan dianggap bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Ada pula yang beranggapan, makan buah dan susu bersamaan dapat mengurangi daya cerna dari buah sehingga mengurangi kandungan gizi yang didapat oleh tubuh.

Tetapi hanya ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi secara bersamaan, berikut adalah buat yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.


1. Pisang

Susu dan pisang sangat lezat dan kaya akan nutrisi. Beberapa orang bahkan suka mengkombinasikan kedua jenis pangan ini, dengan harapan dapat memaksimalkan manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi, kombinasi antara susu dan pisang sangat tidak dianjurkan.

Hal ini dikarenakan susu dan pisang merupakan dua jenis pangan yang saling berlawanan. Susu diketahui sebagai minuman yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, susu juga kaya akan vitamin dan mineral yang akan menghasilkan efek pendinginan pada pencernaan.

Sementara pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6, vitamin C, serat, dan mineral yang memiliki efek panas apabila dikombinasikan dengan protein dan kandungan lain di dalam susu.

Efek ini diperparah dengan rasa asam yang terdapat di dalam buah sehingga menyebabkan alergi dan berkurangnya penyerapan nutrisi di dalam usus. Selain mengganggu pencernaan, kombinasi susu dan pisang juga akan menyebabkan bakteri usus semakin banyak dan bisa menyebabkan sinusitis.


2. Jeruk

Susu dan jeruk sebenarnya memberikan sensasi segar ketika disatukan. Namun ternyata kedua makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Hal ini dikarenakan jeruk menghasilkan panas saat dicerna sementara susu memberikan efek pendinginan saat masuk ke dalam tubuh. 

Sifat ini akan menghasilkan asam sekaligus menghambat proses pencernaan yang tengah berlangsung di dalam tubuh. Kombinasi ini akan memicu reaksi tubuh seperti flu, batuk, hingga alergi.


3. Nangka

Buah nangka yang sudah matang biasanya terasa manis saat dikonsumsi secara langsung. Rasa manis ini akan lengkap dengan segelas kesegaran susu. Tetapi memakan buah nangka dengan dibarengi susu bukanlah solusi baik untuk menikmati dua jenis makanan ini. 

Pada dasarnya nangka mengandung bromelain yaitu enzim yang mampu memecah protein sehingga akan meningkatkan kadar protein di dalam tubuh.


4. Nanas

Sama seperti nangka, nanas juga mengandung zat bromelain yang tinggi. Bagian dari buah nanas yang mengandung paling banyak bromelain berada pada bagian batang dari buah nanas. 

Apabila mengkonsumsi nanas bersama dengan susu akan menyebabkan pusing, mual, sakit perut, hingga volume darah menstruasi yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan protein di dalam susu bersifat anti (berlawanan) terhadap enzim bromelain.

Sifat nanas dan susu yang berlawanan mengakibatkan nanas akan memecah kasein di dalam susu menggunakan bromelain yang berdampak tidak baik bagi kesehatan. 

Kasein secara kimiawi dikunyah oleh bromelain yang akan menghasilkan peptida atau potongan protein yang lebih kecil. Ini juga menjadi alasan ketika mencampurkan nanas dan susu bersamaan akan menimbulkan rasa pahit di dalam lidah.

Itulah penjelasan mengapa susu dan buah tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
6 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan
Buah tropis ini menjadi primadona karena memiliki daging buah bertekstur lembut, ditambah cita rasa manis, dengan sedikit sentuhan pahit.
5 Buah-Buahan yang dapat menyamarkan Stretch Mark
Stretch mark dialami oleh orang yang sedang hamil atau orang yang sedang mengalami peningkatan berat badan.
5 Macam Buah yang Bisa Perbaiki Kualitas Tidur
Kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi aktifitas Anda sehari-hari.
0
Bolehkah Buah Dicampur Susu? Ini Penjelasannya
Konsumsi buah dan susu bersamaan dianggap bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.