Inilah Khasiat Jahe Untuk Pengidap Asam Lambung

Namun, selain dengan obat medis, bahan alami seperti jahe juga berkhasiat dalam mengatasi asam lambung yang naik.
Jahe (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta - Penyakit asam lambung atau yang dikenal juga dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn). 

Kondisi ini tentu membuat pengidapnya merasa tidak nyaman, bahkan sampai menghambat aktivitas. Gejala asam lambung tersebut sebenarnya bisa diredakan dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan.

Namun, selain dengan obat medis, bahan alami seperti jahe juga berkhasiat dalam mengatasi asam lambung yang naik.

Ada cukup banyak varian obat herbal yang efektif meredakan asam lambung, salah satunya adalah jahe merah.

Sifat jahe merah tersebut yang bermanfaat meredakan asam lambung tinggi. Tidak hanya itu, jahe merah memiliki sifat gastroprotektif yang bisa melawan bakteri jahat penyebab asam lambung.

Rempah-rempah yang satu ini kaya akan antioksidan dan bahan kimia yang dapat memberikan sejumlah masalah kesehatan. Senyawa fenolatnya juga dikatakan dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. 

Dengan kata lain, jahe dapat mengurangi kemungkinan asam lambung mengalir dari perut kamu kembali ke kerongkongan.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat asam lambung alami, kamu bisa mengolah jahe dengan berbagai cara, seperti dikupas, lalu diparut, diiris, dipotong dadu yang kemudian dimasak. 

Jahe juga bisa dimakan mentah, direndam dalam air panas untuk membuat teh jahe, atau ditambahkan ke dalam sup, tumis, salad atau makanan lainnya. Jahe sekarang ini juga sudah bisa ditemukan di pasaran dalam bentuk bubuk, kapsul, minyak, atau teh.

Hal paling penting yang perlu kamu ingat adalah konsumsi jahe secukupnya saja. Empat gram atau sekitar kurang dari seperdelapan cangkir saja

Ketika dikonsumsi dalam dosis kecil, jahe kemungkinan hanya akan menimbulkan efek samping yang tergolong ringan, seperti gas atau perut kembung. Namun, bila kamu memiliki penyakit asam lambung dan mengonsumsi lebih dari empat gram jahe dalam waktu satu hari, maka dapat menyebabkan efek samping tambahan berupa sensasi heartburn.

Meskipun manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami telah dibuktikan, para ahli masih membutuhkan analisa dan penelitian lebih lanjut. Mereka masih belum tahu pasti seberapa lama efek jahe dalam mencegah refluks asam lambung.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan
Namun siapa sangka dibalik itu semua, nyatanya jahe dapat menjadi obat tradisional yang sangat bagus bagi banyak orang.
Mencegah dan Mengobati Diabetes dengan Jahe
Jahe adalah salah satu tanaman obat terbaik dan efektif yang digunakan dalam pencegahan dan pengobatan diabetes tipe 2.
Resep Membuat Wedang Jahe untuk Menghangatkan Tubuh
Wedang jahe merupakan minuman herbal yang hingga hari ini masih dikonsumsi masyarakat karena memiliki khasiat untuk kesembuhan penyakit.
0
Inilah Khasiat Jahe Untuk Pengidap Asam Lambung
Namun, selain dengan obat medis, bahan alami seperti jahe juga berkhasiat dalam mengatasi asam lambung yang naik.