5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan zinc.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Mangga merupakan buah yang lezat untuk dinikmati dan kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan zinc. Buah ini berasal dari India dan telah dibudidayakan selama lebih dari 4.000 tahun.

Berdasarkan penelitian, nutrisi pada buah mangga bermanfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, penglihatan, serta risiko kanker. Dilansir dari healthline, berikut 5 manfaat mangga untuk kesehatan.


1. Kaya akan antioksidan

Mangga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko kanker. Hal itu disebabkan buah mangga mengandung senyawa polifenol dan mangiferin, yaitu sumber antioksidan yang kuat. Tidak hanya itu, buah tropis ini juga memiliki jenis antioksidan lain seperti katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, asam benzoat dan lain sebagainya.


2. Meningkatkan imunitas tubuh

Mangga merupakan sumber nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada satu buah mangga dengan berat 165 gram, menyediakan 10 persen dari vitamin A harian. Vitamin tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh karena dapat membantu melawan infeksi.

Selain itu, mangga juga menyediakan tiga perempat kebutuhan vitamin C harian yang dapat memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit dan juga meningkatkan pertahanan kulit.

Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan vitamin B, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan magnesium dan kalium pada buah mangga dapat membantu menjaga denyut nadi yang sehat, memberi efek rileks pada pembuluh darah, dan meningkatkan tingkat tekanan darah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukkan bahwa senyawa mangiferin pada mangga dapat melindungi sel dari peradangan jantung, stres oksidatif dan apoptosis.


4. Meningkatkan kesehatan mata

Pada buah mangga terkandung senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berguna untuk kesehatan mata. Di dalam retina, kedua kandungan tersebut bertindak sebagai tabir surya yang menyerap cahaya berlebih. Kandungan tersebut juga melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

Selain itu, mangga kaya akan vitamin A, yakni vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat membuat mata kering dan kebutaan di malam hari.


5. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Buah mangga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Vitamin ini penting untuk membuat kolagen, yaitu protein yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Kolagen juga mampu membuat kulit lebih kenyal dan mencegah keriput. Selain itu, kandungan vitamin A pada mangga dapat membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga






Berita terkait
7 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Mengejutkan
Tak hanya menyegarkan, dengan berbagai kandungan nutrisinya, buah mangga bisa memberikan sejumlah manfaat. Berikut ulasannya.
Mango Lessi, Campuran Mangga dan Yogurt yang Menyejukkan
Tidak hanya mengandung mineral, mango lessi memberikanmu manfaat dari buah mangga dan yogurt. Ini resep mango lessi.
Cara Membuat Salad Mangga Jelly yang Lezat
Mangga merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang sehingga banyak olahan mangga yang mengunggah selera salah satunya salad mangga jelly.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.