5 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya buahnya, dari ujung akar hingga daun pohon kelapa hampir semua bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi kelapa (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Kawasan Asia merupakan produsen kelapa paling banyak di dunia, diantaranya adalah Indonesia, Filipina dan India.

Buah kelapa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, tidak hanya buahnya, dari ujung akar hingga daun pohon kelapa hampir semua bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Buah kelapa sangat mudah dijumpai di Indonesia dan harganya pun sangat terjangkau.

Indonesia merupakan negara yang paling banyak ekspor buah kelapa ke seluruh dunia. Es kelapa merupakan minuman khas buka puasa di Indonesia, selain dapat menyegarkan ternyata masih banyak manfaat dari buah berkulit keras satu ini. Berikut adalah 5 manfaat kelapa untuk kehidupan sehari-hari.


1. Baik untuk kesehatan gigi

Minyak kelapa memiliki asam lemak yang baik untuk kesehatan gigi Anda. Senyawa tersebut dapat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri jahat di mulut. Minyak dari ekstrak buah kelapa juga dapat menjaga rongga mulut dan melindungi gusi Anda.


2. Bagus untuk menurunkan berat badan

Kelapa memiliki senyawa kolesterol baik yang dapat membantu menurunkan berat badan, selain karena rasanya yang enak buah ini juga mudah dijumpai di sekitar rumah Anda. Buah kelapa adalah pilihan yang sehat bagi Anda yang ingin diet rendah karbohidrat. Buah kelapa juga aman dikonsumsi secara rutin setiap harinya.


3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Karena buah kelapa memiliki senyawa kolesterol baik, maka dari itu kelapa adalah salah satu pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi minyak kelapa murni dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan diabetes.


4. Baik untuk hidrasi

Air kelapa dapat dikonsumsi setiap hari, memiliki banyak gizi, salah satunya adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh Anda. Elektrolit yang ada dalam air kelapa sangat penting untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dan energik. Mengonsumsi air kelapa setelah berolahraga adalah piihan tepat untuk mengembalikan tenaga dan menghidrasi tubuh.


5. Mengontrol kadar gula

Kelapa memiliki kandungan rendah karbohidrat dan tinggi asam amino. Hal ini membuat kelapa memiliki kemampuan untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh Anda, selain itu kelapa juga merupakan makanan dengan kandungan serat tinggi, kelapa dapat membantu pencernaan dan meningkatkan resistensi insulin. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:





Berita terkait
Wajib Tahu! Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh
Air kelapa sudah dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh salah satunya dapat menambah elektrolit dan mineral. Berikut manfaatnya bagi tubuh.
Kelapa Muda, Jeruk Nipis, Garam, Covid-19, Pakar UGM: Bohong
Menurut Profesor dari Fakultas Farmasi UGM, Zullies Ikawati, campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam, tidak spesifik sembuhkan Covid-19.
Segar, Coba Bikin Es Jeruk Nipis Sprite Kelapa Muda
Es Jeruk Nipis Sprite Kelapa Muda sangat segar dinikmati saat terik matahari menyengat tubuh.