6 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Buah tropis ini menjadi primadona karena memiliki daging buah bertekstur lembut, ditambah cita rasa manis, dengan sedikit sentuhan pahit.
Ilustrasi buah durian. (Foto; Tagar/Pixabay)

Jakarta - Siapa sangka ada begitu banyak manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh. Buah yang banyak dinikmati di kawasan Asia ini memiliki daging buah bertekstur krim. Meski banyak penikmatnya, namun banyak dari orang-orang yang menghindari buah durian. Alasannya tak lain karena bau buah durian yang begitu menyengat.

Buah tropis ini menjadi primadona karena memiliki daging buah bertekstur lembut, ditambah cita rasa manis, dengan sedikit sentuhan pahit.

Namun buah yang dijuluki raja buah ini mempunyai sejumlah nutrisi. Bahkan, di dalamnya diketahui mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting. Tak heran, ada begitu banyak manfaat buah durian khususnya bagi kesehatan tubuh.


1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah durian yang kedua yakni membantu menmencegah penyakit jantung. Hal ini karena buah durian memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan inilah yang akan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah.

Serat nantinya akan membuang kolesterol LDL atau kolesterol jahat dari tubuh. Selain itu, adanya organosulfur dapat membantu mengatur kadar enzim inflamasi. Karenanya, buah durian dipercaya berpotensi mampu menjauhkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

Khususnya penyakit jantung. Sejumlah senyawa dalam buah ini juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol serta risiko aterosklerosis.


2. Mencegah Penyakit Anemia

Tak hanya itu saja, manfaat buah durian yang bisa dirasakan yaitu menmencegah terjadinya anemia. Buah durian memiliki sejumlah kandungan mineral yang berbeda. Bahkan, buah ini juga mengandung asam folat tingkat tinggi.

Di mana kandungan tersebut merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah dalam tubuh. Jika seseorang kekurangan folat, maka dapat menurunkan kadar sel darah merah yang dihasilkan oleh tubuh.

Siapa sangka, durian merupakan salah satu buah yang kaya akan sumber folat. buah ini juga kaya akan kandungan zat besi dan tembaga di dalamnya. Karenanya, penderita anemia bisa mengambil manfaat buah durian ini untuk mengatasi kondisinya. Tentu saja harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.


3. Sumber Energi Baik

Manfaat buah durian yang pertama adalah mampu menjadi sumber energi yang baik. Tahukah kalian, 100 gram buah durian mampu memberikan sekitar 21 persen dari kebutuhan karbohidrat harian. Buah durian adalah salah datu sumber karbohidrat yang kaya. Buah ini juga sangat membantu dalam mengisi kembali kadar atau tingkat energi dalam tubuh.

Seperti yang diketahui karbohidrat berfungsi untuk menyediakan energi. Nantinya energi tersebut bisa digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari ataupun olahraga.

Rupanya, durian bisa dikonsumsi sebelum berolahraga sebab buah ini tinggi akan karbohidrat. Di mana mampu memberikan pelepasan energi yang cepat dan membuat kalian menjadi kuat selama olahraga.


4. Anti Depresan Alami

Manfaat buah durian selanjutnya adalah mampu bertindak sebagai anti-depresan alami. Buah yang mendapat julukan raja buah ini secara alami kaya akan vitamin B6. Vitamin ini begitu penting untuk memproduksi serotonin.

Tahukah kalian, rendahnya kadar serotonin dalam tubuh mampu memicu seseorang depresi. Untuk itu, meningkatkan kadar serotonin sangat dianjurkan untuk mengatasi depresi. Salah satu caranya adalah dengan mengambil manfaat buah durian ini.

Buah durian mengandung triptofan. Saat triptofan memasuki otak, maka akan dikonversi menjadi serotonin. Di mana mampu menginduksi perasaan bahagia dan relaksasi bagi seseorang. Dengan kelebihan serotonin lantas akan melepaskan melatonin ke aliran darah. Nantinya akan menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks.


5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah durian berikutnya yaitu mampu membantu menmencegah penuaan dini. Dijelaskan sebelumnya, buah ini kaya akan vitamin C. Vitamin ini juga mengandung antioksidan yang kuat di dalamnya.

Kandungan antioksidan ini lah yang membantu menjaga stres oksidatif akibat dari radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif maka kian lambat pula proses penuaan diri. Kalian bisa mengonsumsi dua biji buah durian untuk memperoleh manfaatnya.


6. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah durian lainnya yakni mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah durian diketahui sangat tinggi. Kandungan ini juga lah yang sangat membantu sistem kekebalan tubuh pada seseorang yang mengonsumsinya.

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas bekerja melindungi tubuh dari pengaruh buruk dari lingkungan. Baik itu dari virus, bakteri, kuman hingga parasit.

Vitamin C juga dikenal sangat bagus untuk melawan sejumlah penyakit. Seperti misalnya flu, merangsang penyembuhan luka hingga mampu meningkatkan aliran darah. Tak hanya itu saja, kulit buah durian juga memiliki kandungan senyawa yang tak terduga. Kulit buah durian mempunyai sifat anti-ragi dan anti-bakteri.

Sebagai informasi, buah ini mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan kebanyakan buah tropis lainnya. Namun perlu diingat, hindari mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Sebab, apapun yang berlebihan justru tidak akan membuat tubuh kita sehat. []

(Raffly Azmi)


Baca Juga :




Berita terkait
4 Mitos Tentang Buah Durian dan Jawabannya
Tidak semua informasi tentang durian itu benar. Sebagian di antaranya hanya mitos yang tak perlu dipercaya.
Di Bandung Santap Durian Tanpa Harus Keluar Rumah
Berbeda dengan toko penjual durian lain yang ada di Bandung, Rumah Durian Semar hanya menerima order secara daring atau online saja
Varietas Durian Unggul Asal Jepara Semakin Bervariasi
Tahun ini, ada 48 varietas durian unggul asal Jepara, Jawa Tengah ikut perlombaan. Varietas durian unggul dari Kota Ukir ini kian bervariasi.
0
Spanyol 2-1 di Final, Prancis Juara UEFA Nations League 2021
Prancis berhasil bekuk Spanyol dengan melakukan come back dengan skor 2-1 dalam final UEFA Nations League 2021. Berikut jalannya pertandingan.