Bahaya Mengintai, Inilah Efek Samping Diet Ekstrim

Berbagai macam gejala maupun penyakit dapat menyerang tubuh kita apabila melakukan diet yang ekstrim.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Diet memang sudah banyak terbukti sebagai penurun berat badan yang ampuh. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya disetujui oleh para ahli. Hal itu karena efek samping dapat ditemukan apabila melakukan diet diluar batas sewajarnya.

Berbagai macam gejala maupun penyakit dapat menyerang tubuh kita apabila melakukan diet yang ekstrim. Berikut efek samping yang diakibatkan oleh diet yang berlebihan.


1. Lebih mudah lelah

Banyak metode yang dapat dipilih untuk melakukan diet. Salah satunya adalah mengurangi porsi makan menjadi sangat sedikit. Tetapi, menurut para peneliti, hal tersebut dapat berdampak pada stamina dan tubuh.

Apabila secara berlebihan mengurangi porsi makan menjadi sangat sedikit, maka karbohidrat yang masuk kedalam tubuh juga akan lebih sedikit. Oleh sebab itu, sumber energi yang berasal dari karbohidrat tersebut membuat badan lebih mudah cepat.


2. Sembelit

Untuk menjalani diet, seseorang harus merubah pola makannya. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan menjadi alternatif dalam menambah serat dan kandungan lainnya yang baik bagi tubuh. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan mamfaat serat bagi tubuh. Padahal, efek yang diakibatkan jika kekurangan serat akan menganggu masalah buang air besar atau sembelit.


3. Malnutrisi

Dilansir dari Livestrong, pola diet yang dapat mengakibatkan malnutrisi adalah yang tidak memperhatikan gizi dan nutrisi pada tubuh. Apabila kekurangan vitamin, mineral, kalsium pada tubuh, dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada tulang. Selain itu, efek samping tersebut juga imbas kepada kinerja otak yang sering tidak fokus dan kehilangan massa otot dan jaringan pada tubuh.


4. Gangguan mental

Salah satu kondisi kesehatan mental serius pada saat menjalani diet adalah anoreksia. Kondisi tersebut membuat persepsi pikiran menjadi terganggu karena terobsesi kurus. Anoreksia dapat membuat orang merasa bersalah jika makan. Padahal, diet yang benar bukanlah tidak mendapatkan kalori, melainkan mengurangi kalori dan lemak dengan melatih tubuh untuk membakar kalori dan lemak tersebut.

Dengan pola makan yang benar dan disertai olahraga yang cukup, dapat menjadikan bentuk tubuh yang ideal. Jika diet itu dilakukan dengan teratur tanpa memaksakan kekurangan gizi, maka bisa menghilangkan efek samping yang merusak metabolisme pada tubuh. []

(Hosea Leonard Hutabarat)


Baca Juga

5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 Mau Langsing, Diet Metode Air Putih Saja 

 Enam Cara Jitu Lakukan Diet Hemat 

 Ingin Diet Karbo? Cobalah 10 Makanan Pengganti Nasi Ini 






Berita terkait
Diet dan Suplemen Terbaik untuk Jerawat Hormonal
Beberapa penelitian selama dekade terakhir telah mengarahkan ahli kulit untuk hubungan potensial antara diet dan jerawat.
Sangat Bervariatif, Ini 5 Menu Diet ala Jessica Jung
Menu diet jangka pendek dari Jessica dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai program diet.
6 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet
Mengonsumsi protein dianjurkan selama diet karena dapat meningkatkan hormon leptin, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.