Pemerintah Kota Makassar

Aroma Bau Badan yang Harus Diwaspadai

Mungkin ini pertanda Anda mengalami infeksi bakteri.
Ilustrasi bau mulut. (Foto: bowenfamilydds.com)

Jakarta - Bau badan tak sedap ­jika mandi tidak dapat menghilangkan bau yang keluar dari lubang Anda, itu bisa menjadi tanda kekurangan magnesium.

"Mineral magnesium membantu dalam 'menghilangkan bau' organ internal kita dan juga membantu bau badan kita," kata ahli jantung Robert Segal, MD, salah satu pendiri LabFinder. Ketika kita mengonsumsi terlalu banyak kafein dan gula serta makanan olahan, itu bisa menguras kadar magnesium.

Jika Anda tidak berbau begitu segar dan memiliki gejala lain seperti kram otot, kedutan atau mati rasa, dan kesemutan, tanyakan kepada dokter Anda tentang tes darah sederhana untuk memeriksa kadar magnesium Anda. 

Dr. Segal memperingatkan, jika benang, sikat, atau permen karet mint tidak dapat menghilangkan baunya, Anda mungkin mengalami infeksi bakteri.

Bakteri umum yang disebut H. pylori yang dapat menempati sistem pencernaan Anda bisa menjadi penyebabnya. Bagi sebagian orang, bakteri tidak menyebabkan gejala yang nyata bagi orang lain, dapat menyebabkan GERD, penyakit celiac, sakit maag, dan bahkan kanker lambung.

Dokter Anda dapat menguji Anda untuk bug tersebut; antibiotik dapat menghilangkannya. Pelajari tentang alasan lebih licik yang mungkin membuat Anda berbau lebih buruk dari biasanya.


Nafas apel busuk

“Ketika kita tidak memiliki cukup insulin dalam tubuh kita, hati kita kemudian menciptakan keton kimia, yang merupakan cara tubuh kita untuk mengkompensasi kekurangan insulin,” kata Dr. Segal.

Napas apel busuk terkait dengan diabetes yang bergantung pada insulin yang tidak seimbang, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Preventative and Community Dentistry.

Dilansir dari The Healthy, ini adalah tanda yang jelas bahwa Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter Anda tentang cara untuk mengontrol gula darah Anda dengan lebih baik. Periksa apa yang bisa dikatakan keringat Anda tentang kesehatan Anda.


Hidung yang bau

Karena sudah beberapa tahun sejak Anda memasukkan kacang polong atau LEGO ke hidung Anda, mungkin ada alasan lain mengapa hidung Anda berbau busuk.


Kotoran telinga tajam

Kotoran telinga Anda bisa berubah menjadi busuk. Jika kotoran telinga Anda benar-benar bau dan tidak enak, kemungkinan besar Anda menderita sejenis infeksi, dan itulah yang menyebabkan aroma menyengat.


Kaki yang bau

Mungkin bukan salah sepatu Anda bau kaki: Menurut American Podiatric Medical Association, keringat berlebihan pada kaki sepanjang hari, setiap hari, musim panas dan musim dingin bisa menjadi kondisi langka yang disebut hiperhidrosis. Bagi sebagian orang, keringatnya begitu kuat sehingga kaki mereka benar-benar meluncur di dalam sepatu mereka. []


Baca Juga


Berita terkait
5 Manfaat Tawas untuk Ketiak Agar Tak Bau Badan
Bau badan yang tak sedap dapat menghambat aktivitas Anda sehati-hari. Nah berikut cara dan manfaat tawas yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.
Mengenal Penyebab Serta Cara Mengatasi Bau Badan dan Ketiak
Dalam dunia medis, bau badan disebut sebagai bromhidrosis dan kamu tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini.
Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Diketahui
Bau badan bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Untuk itu hindari makanan penyebab bau badan tersebut. Berikut ulasannya.
0
Aroma Bau Badan yang Harus Diwaspadai
Mungkin ini pertanda Anda mengalami infeksi bakteri.