5 Manfaat Tawas untuk Ketiak Agar Tak Bau Badan

Bau badan yang tak sedap dapat menghambat aktivitas Anda sehati-hari. Nah berikut cara dan manfaat tawas yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.
Ilustrasi - Manfaat tawas untuk ketiak. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Bau badan yang tak sedap dapat menghambat aktivitas Anda sehati-hari, selain mengganggu, bau badan yang beraroma menyengat juga membuat orang-orang di sekitar merasa tidak nyaman. 

Untuk mengatasi bau badan tidak cukup menggunakan deodoran , Anda juga bisa menggunakan alum atau tawas untuk mengurangi bau badan. Bahan alami ini memiliki kandungan antiseptik dan anti bakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. 


1. Menyerap aroma tak sedap pada ketiak

Aroma tak sedap biasanya berpusat pada ketiak. Selain rutin mandi atau menggunakan deodoran, bau tak sedap juga bisa berkurang dengan tawas. 

Bahan alami ini bekerja dengan menyerap aroma. Untuk menghilangkan aroma tak sedap, larutkan tawas dalam air dan diamkan seharian, lalu gunakan larutan tersebut pada bagian ketiak.


2. Mencerahkan kulit ketiak

Untuk mencerahkan kulit ketiak Anda bisa menggunakan larutan tawas untuk mencerahkan kulit. Caranya siapkan satu butir tawas, lalu celupkan di dalam mangkuk yang berisi air hangat selama 10 detik. Setelah itu aplikasikan ke ketiak.


3. Mencegah keringat berlebih

Keringat umumnya mengeluarkan aroma yang tak sedap dan membuat Anda tidak percaya diri. Sementara tawas mampu mengurangi proses keringat, sehingga bau tak sedap bisa diredam.


4. Membuat kulit ketiak jadi lembut

Untuk mengembalikan kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan tawas. Bahan alami ini mampu membuat kulit menjadi lembut hanya dalam waktu yang singkat. Caranya juga masih sama, Anda cukup rutin menggunakan larutan air tawas.


5. Menstimulasi aroma alami tubuh

Kelenjar apokrin yang paling besar ada pada bagian ketiak, nah, kelenjar ini rentan mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk itu Anda bisa menstimulasi aroma alami tubuh menggunakan larutan tawas. 

Nah, itulah manfaat tawas untuk mencegah agar ketiak tidak bau dan mengembalikan kecerahan serta kelembutan ketiak. []

Berita terkait
5 Manfaat Eksfoliasi Tubuh untuk Mencerahkan Kulit
Anda perlu melakukan perawatan yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, yaitu dengan eksfoliasi kulit tubuh. Berikut manfaatnya.
7 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah
5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan
Buah manggis merupakan buah yang dapat dimanfaatkan bagi dunia kesehatan maupun dunia kecantikan, mulai dari daging hingga kulitnya bermanfaat.
0
5 Manfaat Tawas untuk Ketiak Agar Tak Bau Badan
Bau badan yang tak sedap dapat menghambat aktivitas Anda sehati-hari. Nah berikut cara dan manfaat tawas yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.