UNTUK INDONESIA
9 Strategi Supaya Diet Mencapai Sasaran
Banyak orang berencana diet tapi kemudian gagal. Ada sembilan strategi agar diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan berhasil.
Ilustrasi Timbangan Berat Badan. (Foto: sentralalkes.com)

Jakarta - Berat badan berlebihan bagi banyak orang menimbulkan masalah. Maka, sejumlah langkah dilakukan untuk mengurangi lemak di tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa badan yang memiliki bobot berlebih rawan dihinggapi penyakit.

Diet merupakan salah satu langkah untuk mengurangi atau menekan bobot tubuh agar tak bertambah. Tentu diet yang tidak sembarangan karena diet tanpa aturan berisiko tinggi, salah-salah tubuh bukan menjadi langsing, tapi, nyawa terancam. Karena itu disarankan berhati-hati untuk melakukan diet.

Dirangkum dari berbagai sumber dan penelitian, antara lain dari The Conversation, berikut sembilan langkah strategi diet yang bisa dilakukan agar tujuan tubuh tidak melar namun tetap sehat tercapai.

Pertama, bikin target berapa berat badan yang akan dikurangi. Sebaiknya tulis di kertas dan tempel di tempat yang bisa mengingatkan Anda. Misalnya di kamar.

Kedua, tetapkan batasan makanan Anda. Artinya berapa kalori yang dimakan setiap hari, setiap minggu. Camkan bahwa Anda mesti mematuhi hal ini.

Ketiga, bikin perencanaan makanan apa saja yang akan Anda makan. Bikin daftar menu selama sepekan. Perhatikan benar antara daftar menu dan kandungan kalori. Soal menu adalah masalah kreatifitas. Jadi, bikinlah menu yang tetap bisa menggugah selera. Jangan ragu untuk membuat berbagai variasi menu.

Keempat, singkirkan makanan yang bisa mengganggu diet Anda. Ini gangguan yang bisa membuyarkan rencana diet. Satu-satunya cara hilangkan dari pandangan mata. 

Godaan lain adalah jika ada seorang anggota keluarga yang makan makanan yang harus dihindari sementara Anda bukan tipe orang yang "tahan godaan," tak perlu malu minta ia jangan makan di depan Anda. Atau sebelumnya beritahu se-isi rumah, Anda sedang diet dan minta mereka membantu Anda dengan tidak makanan sesuatu yang bisa menggoda Anda, di depan Anda.

Kelima, alihkan keinginan Anda dengan berbagai cara. Ini strategi lain untuk tidak terpikat makanan di depan mata dengan cara mengalihkan perhatian. Misalnya, mengulum permen (tentu yang tidak membuat program diet buyar) atau melakukan hal lain yang bisa menekan keinginan Anda untuk menyantap makanan itu. Anda bisa menantang diri sendiri, "Ayo lima menit lagi saya tak akan berselera," misalnya.

Keenam, carilah motivasi dan tanamkan bahwa Anda bisa mencapai tujuan itu. Motivasi ini mesti ditanam kuat-kuat dalam pikiran dan yakin Anda bisa mencapainya.

Ketujuh, catat setiap perubahan atau hal-hal yang terjadi selama program diet. Dengan mencatat Anda bisa melihat seberapa kemajuan yang dicapai atau dimana kendalanya. Mencatat hal-hal berkaitan program diet juga bisa menjadi motivasi Anda untuk terus melakukan diet agar tercapai target yang ditetapkan.

Kedelapan, timbanglah badan secara teratur. Tak perlu kecewa jika jarum timbangan belum bergerak ke angka yang Anda inginkan. Semangati diri Anda, jarum itu pasti akan bergerak ke titik idaman.

Kesembilan, jangan dengar omongan orang jika ada yang menilai Anda kok mau-maunya diet dan meragukan kemampuan Anda. Percayalah ini tipe orang yang tak perlu ditanggapi omongannya. Tanamkan pada diri Anda, orang itu kelak akan melongo melihat hasil diet Anda. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Diet Melaney Ricardo, Turun 15 Kg Tanpa Siksa
Melaney Ricardo memberikan tips diet setelah ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 15 kilogram tanpa perlu merasa tersiksa.
Tips Memilih Menu Diet Sehat Bagi yang Berpuasa
Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini untuk menjalankan diet sehat.
Tips Penting Supaya Tetap Sehat Selama Ada Corona
Selama ada wabah virus corona atau Covid-19, memperhatikan makanan dan gaya hidup sehat tentu sangat penting dilakukan seseorang.
0
9 Strategi Supaya Diet Mencapai Sasaran
Banyak orang berencana diet tapi kemudian gagal. Ada sembilan strategi agar diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan berhasil.