UNTUK INDONESIA
Wiranto Ungkap Isi Pertemuan dengan WHO Soal Corona
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengungkapkan isi pertemuan dengan WHO yang membahas virus corona.
Ketua Wantimpres Wiranto usai bertemu Presiden Joko Widodo di halaman Istana Negara, Jakarta pada Rabu 22 Januari 2020. (foto: Antara/Bayu Prasetyo/aa).

Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menegaskan pemerintah cepat tanggap dalam menghadapi ancaman penyebaran virus corona di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Wiranto usai menggelar rapat bersama World Health Organization (WHO) dan pihak Kementerian Kesehatan RI setelah dilakukannya observasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China.

Wiranto: Kesangsian itu dapat dihapus bahwa pemerintah dengan cepat dan tepat bisa tangani ini dengan baik

Baca juga: Cerita Mahasiswa Asal Pamekasan Soal Virus Corona

"Tentu ini bukan asal bicara, namun hasil usaha maksimal, penelitian maksimal dari pihak-pihak yang terkait dengan bagaimana kita memitigasi virus corona. Memang banyak pihak sangsikan bahwa kita zero. Tadi sudah dijawab, bahwa kesangsian itu dapat dihapus bahwa pemerintah dengan cepat dan tepat bisa tangani ini dengan baik," kata Wiranto di Kantor Wantimpres di Jakarta, Senin, 17 Februari 2020.

Wiranto menyebut pihak WHO juga melihat dan memuji kesigapan pemerintah Indonesia dalam mengantisipasi penyebaran corona.

"Tadi kami tanyakan, ternyata WHO pun sejak awal sudah sampaikan apa yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah tepat dan cepat sehingga berhasil tangani penyebaran corona di Indonesia," ucap mantan Menkopolhukam itu.

Dalam pertemuan yang membahas virus corona, turut hadir juga Senior Advisor WHO South East Asia Regional Office Tjandra Yoga Aditama, WHO Representative Indonesia N. Paeanietharan, serta Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono.

Baca juga: Mencemaskan, Indonesia Siaga Darurat Virus Corona

Pertemuan di kantor Wantimpres juga membahas cara untuk menghindari penyebaran virus mematikan tersebut. 

Wiranto menuturkan, bersama WHO dan Kementerian Kesehatan, nantinya masukan dan tanggapan bakal dia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Tentunya masih banyak hal yang bisa kita lakukan ke depan. Tadi secara panjang lebar disampaikan bagaimana kita sampaikan ke masyarakat untuk secara individu atau kelompok hindari infeksi virus, apakah dengan menata kehidupan yang sehat, menata alat-alat untuk mencegah virus tersebut," ujar Wiranto. []

Berita terkait
Wiranto Minta Masukan Dampak Corona di Indonesia
Ketua Wantimpres Wiranto meminta masukan kepada sejumlah menteri dan stakeholder terkait guna menanggulangi dampak virus corona di Indonesia.
Kaisar Jepang Batal Ulang Tahun Gegara Virus Corona
Perayaan ulang tahun Kaisar Jepang Naruhito sampai batal gara-gara virus corona dari kota Wuhan, China tersebut.
Alasan Perang Dagang Lebih Bahaya dari Virus Corona
Rektor UI, Profesor Ari Kuncoro lebih mengkhawatirkan dampak perang dagang ketimbang wabah virus corona.
0
Warga Bantaeng Derita Luka Bakar di Sekujur Tubuh
Remaja berusia 20 tahun di Bantaeng menderita luka bakar hampir 80 persen akibat kebakaran menimpa kamar tidurnya.