UNTUK INDONESIA
Mencemaskan, Indonesia Siaga Darurat Virus Corona
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menyatakan Indonesia saat ini siaga darurat virus corona dari Wuhan, China.
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto menjelaskan Indonesia siaga darurat virus corona pada Senin, 17 Februari 2020. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menyatakan Indonesia saat ini dihadapkan pada situasi siaga darurat virus corona. Hal itu dia sampaikan bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers di kantor Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Jakarta.

"Menteri Kesehatan juga sudah menyampaikan ya, lewat perwakilannya tadi, kita saat ini menghadapi virus corona memang pada tahap siaga darurat ya," kata Wiranto di kantor Wantimpres, Senin, 17 Februari 2020.

Menurut Wiranto, situasi ini berlaku untuk setiap masyarakat. Maka itu dia mengimbau kepada semua pihak agar berhati-hati terhadap penyebaran virus mematikan yang berasal dari Wuhan, China.

"Siaga darurat artinya kita meminta kebersamaan seluruh masyarakat untuk sama-sama siaga. Jangan sampai virus itu kemudian bisa masuk dan menyebar sampai kita tanggap darurat. Kita hindari tanggap darurat ya," ucap Wiranto.

Baca juga: Terawan Diminta Buka Mata Virus Corona di Indonesia

Menteri Kesehatan juga sudah menyampaikan ya, lewat perwakilannya tadi, kita saat ini menghadapi virus corona memang pada tahap siaga darurat ya

Dalam pertemuan tersebut, Wiranto merasa perlu mendengarkan beberapa masukan dari pihak lainnya, seperti Senior Advisor WHO South East Asia Regional Office Tjandra Yoga Aditama, WHO Representative Indonesia N. Paeanietharan, serta Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono.

Baca juga: Malaysia Sudah Deteksi 22 Kasus Virus Corona

Wiranto mengatakan, soal siaga darurat virus corona ini nantinya akan dia sampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo.

"Jadi kembali tadi, hasil rapat sebenarnya mengimbau seluruh masyarakat berpartisipasi untuk menjaga agar Indonesia bisa terbebas dari virus corona dalam kondisi siaga darurat, tidak meningkat kepada tanggap darurat," ujar Wiranto. []

Berita terkait
Wiranto Minta Masukan Dampak Corona di Indonesia
Ketua Wantimpres Wiranto meminta masukan kepada sejumlah menteri dan stakeholder terkait guna menanggulangi dampak virus corona di Indonesia.
Pakar: Ancaman Virus Corona Akan Pudar Seiring Waktu
Wabah infeksi virus corona atau COVID-19 yang telah menyebar hampir ke 30 negara akan memudar seiring perjalanan waktu.
Virus Corona Sudah Masuk Arab Saudi?
Sebuah unggahan di akun Twitter yang menyebut virus corona sudah masuk ke Arab Saudi. Menteri Kesehatan Arab Saudi mengumumkan hal tersebut.
0
Paus Fransiskus Tentang Keluarga Gay Pendapat Pribadi
Pernyataan Paus Fransiskus terkait hak sipil bagi pasangan homoseksual (gay) untuk berkeluarga disebut pengkritik sebagai pendapat pribadi