UNTUK INDONESIA
Teh Telur Nikmat Berkhasiat dari Ranah Minang
Teh telur merupakan minuman alami dari Ranah Minang yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan menambah stamina.
Minuman energi tradisional Ranah Minang, teh telur. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Selain rendang, Sumatera Barat (Sumbar) juga dikenal dengan minuman tradisional teh talua (teh telur). Minuman energi tanpa bahan kimia ini, bahkan juga sudah populer di nusantara.

Semua selera suka teh telur. Pejabat, buruh, tukang ojek, pokoknya semua.

Teh telur merupakan salah satu minuman favorit dan legendaris turun-temurun di Ranah Minang. Tidak hanya dipercaya baik bagi kesehatan, teh telur juga memiliki cita rasa nikmat. Selain di warung khusus, restoran dan rumah makan, kedai-kedai kecil pelosok kampung di Sumbar pun, menyediakan menu teh telur.

Proses pembuatan teh telur tidak sulit. Bahan pokoknya, telur ayam kampung atau telur bebek. Setelah itu, diambil kuningnya dan diaduk dengan gula pasir secukupnya. Lalu, dicampuri teh alami plus susu. Ada juga sebagian yang menambah resep agar tidak anyir saat diminum. Setelah itu, disiram dengan air mendidih hingga berbusa dan jadilah teh telur.

Ada juga yang membuat teh telur tiga lenggek (bertingkat tiga). Busa di tingkatan pertama, warna coklat teh di tingkatan kedua dan warna putih di tingkat ketiga.

"Mudah sekali bikinnya. Cuma rasanya tentu tergantung resep masing-masing. Kalau bahan dasarnya sama saja," kata Aan, 45 tahun, salah seorang pedagang di Jalan Pramuka Padang, Selasa 11 Februari 2020.

Hampir setiap hari, orang-orang yang berkunjung ke warung lontong dan soto Aan, memesan teh telur. Bahkan, pejabat-pejabat di KPU Sumbar kerap duduk lama hanya untuk menikmati teh telur. Almarhum Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, semasa hidupnya selalu memesan teh telur buatan Aan.

"Semua selera suka teh telur. Pejabat, buruh, tukang ojek, pokoknya semua," katanya.

Harga jua segelas teh telur juga beragam. Aan mematok harga sebesar Rp8 ribu. Ada juga yang menjual teh telur seharga Rp10 ribu per gelasnya. "Banyak yang minta telur bebek. Ada juga telur ayam kampung. Kalau bebek lebih agak banyak busanya," katanya.

Dihimpun dari berbagai sumber, teh telur memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, untuk kesehatan mata, karena teh telur mengandung zat karotenoid. Meminum teh telur juga dapat menurunkan risiko penyakit katarak mata.

Selain itu, teh telur juga kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin yang ada pada teh telur yakni, vitamin A, D, E. Meminum teh telur juga bisa memperbaiki kesehatan kulit, melancarkan peredaran darah, mengurangi kerontokan rambut, mengatasi diabetes, menambah tenaga hingga vitamin untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Khasiat lainnya adalah teh telur memiliki kandungan untuk menambah tenaga. Meminum teh telur secara rutin akan membantu mendapatkan stamina yang lebih besar, sehingga saat kamu bekerja, kamu bisa bekerja dengan lebih lama dan lebih semangat. []



Berita terkait
Audy Joinaldy Dilamar Mahyeldi untuk Pilgub Sumbar
Pengusaha berdarah Minang, Audy Joinaldi, mengaku dipinang menjadi bakal calon wakil gubernur Sumbar oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.
Andre Sebut Maksiat di Padang Merajalela, PKS Diam
Kader PKS di Sumatera Barat, enggan mengomentari pernyataan Andre Rosiade terkait maksiat merejalela sejak dipimpin Wali Kota Padang, Mahyeldi.
Padang Keliling Dunia dengan Rumah Makan
Rumah makan Padang terkenal di seluruh nusantara hingga ke negara di Eropa. Sajian kuliner khasnya nyaris diminati semua lidah.
0
Wanita asal Simalungun Tewas di Sungai Asahan
Seorang wanita asal Kabupaten Simalungun, ditemukan tak bernyawa di aliran Sungai Silau, Kabupaten Asahan.