UNTUK INDONESIA
Khasiat dan Cara Penggunaan Pohon Pule
Pohon Pule saat ini tengah populer saat Pemprov DKI menjadikannya sebagai pohon Mahoni yang telah ditebang di Monas.
Bentuk pohon Pule yang ditanam di Monas (Foto: Instagram/nuansahijau)

Jakarta - Pohon Pule yang ditanam di kawasan Monumen Nasional (Monas) ternyata memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menempatkannya sebagai pengganti pohon Mahoni.

Kandungan tonik yang dimiliki pohon Pule bisa digunakan untuk pengobatan herbal. Selain itu, tanaman bernama latin alstonia scholaris ini memiliki beragam manfaat yang berasal dari akar, kulit, batang, daun, bunga, hingga getahnya.

Penyakit seperti demam, penyakit kulit, dan gangguan pencernaan bisa diatasi oleh tonik yang dikandung pohon Pule. Air rebusan dari kulitnya bisa digunakan meredakan diare dan nyeri menstruasi bagi kaum hawa.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber beberapa khasiat dan cara mengolahnya.

1. Menurunkan demam

Kulit pohon pule memiliki manfaat untuk menurunkan demam. Caranya, rebus kulit batang pule sebesar tiga gram yang telah dicuci selama 15 menit. Setelah selesai, saring air rebusan dan campurkan satu sendok makan madu, diaduk hingga rata kemudian baru diminum.

2. Mengobati Malaria

Kulit batang pule yang sudah digiling sampai menjadi serbuk bisa mengobati malaria. Caranya, rebus serbuk tersebut dengan takaran dua gelas air. Ketika air mulai mengurang menjadi satu gelas, saring air rebusan tersebut dan minum sekaligus.

Perlu diperhatikan, saat rutin mengonsumsi ari rebusan kulit Pule harus menghindari kuliner dengan cita rasa asam dan pedas.

3. Mengobati Diare

Kulit batang pohon Pule yang telah direbus selama 15 sampai 20 menit juga ampuh mengobati diare. Caranya, minum air rebusan kulit batang pohon yang telah disaring dan ditambahkan madu.

4. Meredakan Bengkak Pada Tubuh

Getah pohon pule juga berkhasiat untuk proses penyembuhan bengkak pada tubuh. Caranya, dengan mengoleskan getah pada bagian yang bengkak.

5. Mengobati Luka Bernanah

Daun pohon pule yang digiling menjadi serbuk bisa membantu proses pengobatan luka bernanah. Caranya, taburkan serbuk pada area luka yang bernanah, sebelum itu jangan lupa untuk dibersihkan terlebih dahulu. Lakukan metode ini setidaknya dua kali sehari sampai sembuh.

6. Mengobati Diabetes

Kulit batang pohon Pule yang direbus bersama daun kumis kucing, daun poncosudo, daun pegagan, daun meniran, buah ketapang, dan gula mampu mengobati diabetes.

Air dari rebusan semua komponen tersebut sangat cocok diminum setidaknya dua kali sehari bagi para pengidap diabetes.

7. Membersihkan Organ Dalam Wanita

Daun pohon pule yang direbus bersama rimpang jahe bisa membantu membersihkan organ dalam wanita. Caranya, keduanya dibuat menjadi jus atau ditumbuk sampai halus, saring atau peras, lalu airnya diminum.

Kulit pohon pule juga bisa menjadi pilihan ketika ingin membersihkan organ dalam perempuan. Campurkan kulit pule dengan tambahan sedikit jahe, sepotong kunyit, separuh buah pala. Setelah itu, rebus dengan cuka encer pada wadah yang tertutup rapat, setelah mendidih angkat dan minum selagi hangat.

Kedua bagian pohon pule ini sangat bermanfaat bagi kaum hawa. Apalagi untuk wanita setelah melahirkan. []

Berita terkait
Tujuh Manfaat Menakjubkan Tanaman Porang
tanaman porang selalu dianggap sepele keberadaanya.Tetapi siapa sangka kandungan nutrisi di dalamnya sangat berguna untuk kesehatan tubuh.
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Lima Obat Alami untuk Sembuhkan Wasir
Wasir atau ambience salah satu penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, Tagar bagikan beberapa obat alami mengatasinya.
0
Liga 1 Tak Kunjung Digulirkan, Persiraja Bubarkan Tim
Manajemen Persiraja Banda Aceh membubarkan tim karena tidak ada kepastian Liga 1. Persiraja juga katakan tidak ikut liga bia digelar Desember.