UNTUK INDONESIA
Enoki Berbahaya, Ini Jamur Sehat dan Aman Dikonsumsi
Jamur enoki ramai dibicarakan karena berbahaya untuk dikonsumsi. Tak perlu cemas, karena masih ada jenis jamur sehat lainnya yang aman dikonsumsi.
ilustrasi jamur kancing. (Foto: Pixabay/kwol)

Jakarta - Belum lama ini jamur enoki ramai diperbincangkan karena berbahaya untuk dikonsumsi akibat mengandung bakteri listeria monocytogenes. Tak perlu khawatir, karena masih banyak jenis jamur lain yang aman untuk dikonsumsi.

Jamur menjadi salah satu makanan sumber protein nabati yang populer di seluruh dunia. Sehingga, mengonsumsi jamur secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah jenis jamur yang aman dikonsumsi.

1. Jamur Tiram

Jamur TiramIlustrasi Jamur Tiram. (Foto: Pixabay/hynekschmidt0)

Jamur tiram menjadi salah satu jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi, bahkan menyehatkan tubuh. Sebab, jenis jamur satu ini kaya akan nutrisi dan rendah gula.

Kandungan nutrisi tersebut mampu mengendalikan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, bahkan senyawanya berpotensi untuk melawan sel kanker. Selain itu, jamur tiram juga mengandung senyawa imunomodulator yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

2. Jamur Maitake

Jamur MaitakeIlustrasi Jamur Maitake. (Foto: Pixabay/localmilkrun.com)

Jamur maitake dipercaya bisa membuat orang yang mengonsumsinya menjadi bahagia lantaran sifatnya yang adaptogen. Zat tersebut dipercaya mampu melawan stres yang dialami tubuh.

Itulah sebabnya jamur ini diberikan nama "maitake" yang dalam bahasa Jepang berarti jamur menari. Selain meredakan stres, jamur ini juga bisa melawan sel kanker, mengendalikan kolesterol, menjaga kesehatan imun, bahkan mengontrol tekanan darah.

3. Jamur Shiitake

Jamur ShiitakeIlustrasi Jamur Shiitake. (Foto: Pixabay/Hans)

Jamur shiitake menjadi salah satu jenis jamur yang aman dikonsumsi karena kaya akan nutrisi dan berkhasiat untuk kesehatan. Sebab, jamur ini mampu membantu menjaga kesehatan jantung, imun, dan dipercaya dapat melawan sel kanker. Jamur shiitake juga ternyata bermanfaat menguatkan tulang, bahkan memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

4. Jamur Chaga

Jamur ChagaIlustrasi Jamur Chaga. (Foto: Pixabay/reijotelaranta)

Meski memiliki bentuk yang tidak cantik, jamur chaga ternyata memiliki nutrisi dan berkhasiat untuk kesehatan. Tak hanya bentuk utuh, jenis jamur ini juga seringkali dijual dalam bentuk bubuk.

Jamur chaga dipercaya juga ampuh melawan peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, melawan sel kanker, hingga mengendalikan gula darah. Jamur ini juga berpotensi mengontrol kadar kolesterol, dan penelitian terhadap jamur ini masih terus dilakukan.

5. Jamur Kancing dan Jamur Portobello

Jamur KancingIlustrasi Jamur Kancing. (Foto: Pixabay/kwol)

Ketika masih muda, jamur ini memiliki warna putih sehingga disebut sebagai white mushroom. Namun, jamur putih saat berusia matang akan berubah menjadi jamur portobello dan bentuknya juga lebih besar dan gelap.

Jamur kancing ini memiliki kandungan rendah kalori dan sifat antikanker, hingga bisa mengontrol kadar gula darah. Selain itu, kandungan polisakarida yang disimpan jamur tersebut mampu menjaga kesehatan pencernaan lantaran bisa menjadi makanan untuk bakteri baik.

Itulah beberapa jenis jamur yang aman dikonsumsi selain jamur enoki yang dikabarkan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya lezat, mengonsumsi jamur tentunya bisa bermanfaat agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. []

Baca Juga:

Berita terkait
Jamur Enoki dan Makanan Rentan Terkontaminasi Listeria
Peredaran jamur enoki di sejumlah negara tengah diperketat ototoritasnya karena dapat terkontaminasi Listeria monocytogenes. APa saja makanannya?
Cara Mudah Mengajarkan Anak Suka Makan Sayuran
Orang tua harus mengajarkan anak untuk terbiasa menyukai makanan sehat, seperti sayur-sayuran. Berikut cara mengajarkan Anak suka makan sayur.
7 Khasiat Batang Seledri untuk Kesehatan
Batang seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kaya akan kandungan serat, vitamin dan juga kalsium. Mau tau khasiatnya?
0
Resmi, Arthur Dijual Barcelona ke Juventus
Barcelona secara resmi mengumumkan transfer gelandang Arthur Melo ke Juventus. Selanjutnya, Barca membeli Miralem Pjanic dari Juve.