UNTUK INDONESIA
Trainer CrossFit Bicara Pola Latihan Ashraf Sinclair
Pelatih olahraga, Oka Tripambudi, bicara tentang pola latihan crossfit yang digeluti mediang aktor Ashraf Sinclair sebelum meninggal dunia.
Oka tripambudi saat ditemui Tagar di tempat latihannya di Kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Februari 2020. (Foto: Tagar/ Gusen Mulachela)

Jakarta - Pelatih olahraga, Oka Tripambudi, bicara tentang pola latihan mediang aktor Ashraf Sinclair. Pria yang dikenalnya sejak 2012 itu diketahui rutin melakukan program latihan crossfit .

"Mulai dari belajar bareng, kemudian ambil sertifikasi bersama, sampai sekarang. Jadi cukup lama. Bukan hal yang baru beliau untuk latihan ini. Beliau cukup rutin untuk latihan," ujar Oka saat ditemui Tagar di tempat latihannya di Kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Februari 2020.

Oka menjelaskan, latihan yang dilakukan dalam olahraga crossfit adalah gerakan-gerakan dasar yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari seperti, squat, melompat, mendorong, menarik, dan mengangkat beban.

Durasi olahraga crossfit sekitar 1 jam. Namun, 30-40 menit awal dimanfaatkan untuk mempelajari setiap gerakan dengan tepat. Selanjutnya, 10-15 digunakan untuk workout.

"Nanti workoutnya itu baru ada di akhir. Misalnya yang tersebar di media nih 'wah workoutnya seperti ini', itu paling 10-15 menit. Untuk sampai ke sana, 30 menit inilah yang digunakan untuk mempersiapkan mereka sampai ke sana," katanya.

Setiap peserta crossfit harus melewati tingkat dasar terlebih dahulu dengan mempelajari gerakan-gerakan bodyweight. Setelah peserta dianggap cukup menguasai gerakan yang diajarkan di tingkat dasar, latihan akan ditingkatkan ke tingkat strength training dengan menggunakan beban.

"Basic ini bisa panjang ya, bisa jadi setahun dua tahun juga masih di basic belum berkembang," ujar Oka.

"Nanti setelah bodyweight sudah bagus gerakannya, baru masuk ke strength training," lanjutnya.

Sehubungan dengan tingkat latihan, Oka mejelaskan, almarhum Ashraf sudah memulai latihan crossfit cukup lama. Selain itu, Oka juga menilai suami Bunga Citra Lestar (BCL) itu sudah mengerti kondisi badannya, menguasi berbagai gerakan crossfit, mampu mengataur nafas, kapan harus beristirahat, dan sebagainya.

"Kalau mas Ashraf sudah cukup panjang ya beliau, karena sudah lama. Almarhum itu cukup mengerti kondisi badan, form gerakan seperti apa, bagaimana harus mengatur nafasnya, workout ini seperti ini, di sini harus stop...," ujar Oka.

Pelatih crossfit itu juga mengaku Ashraf cukup terbuka terhadap kondisi fisiknya. Ashraf beberapa kali berkonsultasi kepada Oka terkait kondisi badan dan gerakan yang cocok untuk dilakukan.

"Beliau sudah cukup aware dan cukup mengerti tentang itu. Ketika almarhum melakukan kegiatan apapun setiap dia datang ke sini, tek-tokan sama saya," ucapnya.

Baca juga: Ashraf Sinclair Dikenal Kerap Santuni Anak Yatim

Oka mengenal Ashraf sebagai sosok yang mudah dicintai, ramah, dan sering menebar energi positif kepada orang-orang di sekitarnya.

"Energi positif yang dibawa oleh almarhum itu yang akhirnya kita merasa sangat kehilangan dengan almarhum," kata Oka. 

Berita terkait
Ikut Tahlilan Ashraf Sinclair, Syahrini Peluk BCL
Syahrini mengaku mepat memeluk Bunga Citra Lestari saat hadir dalam acara tahlilan yang digelar untuk mendoakan mendiang Ashraf Sinclair.
Manfaat Crossfit, Olahraga Kegemaran Ashraf Sinclair
Aktor asal Malaysia Ashraf Sinclair menggemari olahraga crossfit, berikut ulasan manfaat dari olahraga tersebut.
Ussy Sulistiawaty: Ashraf Sinclair Baik dan Friendly
Artis Ussy Sulistiawaty mengenang suami Bunga Citra Lestari (BCL) Ashraf Sinclair sebagai orang yang baik dan bersahabat atau friendly.
0
Membuat Film Menggunakan Ponsel Terkendala Memori
Pembuatan film saat ini sudah bisa menggunakan smartphone. Hanya saja terkendala pada penyimpanan ponsel atau memori.