UNTUK INDONESIA
Manfaat Crossfit, Olahraga Kegemaran Ashraf Sinclair
Aktor asal Malaysia Ashraf Sinclair menggemari olahraga crossfit, berikut ulasan manfaat dari olahraga tersebut.
Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram/@ashrafsinclair)

Jakarta - Aktor asal Malaysia Ashraf Sinclair yang meninggal dunia pada Selasa, 18 Februari 2020 pagi, ternyata semasa hidupnya menggemari olahraga crossfit. Olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mampu membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat. 

Menurut studi dari American Council on Exercise, wanita bisa membakar hingga 12,3 kalori per menit ketika melakukan latihan crossfit. Namun, sangat berbeda saat mereka menjalankan latihan seperti jogging di treadmill yang hanya bisa membakar 8-10 kalori per menit saja. 

Selain dapat membakar kalori, olahraga favorit Suami Bunga Citra Lestari ini ternyata memberikan segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut Tagar rangkumkan manfaat crossfit yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Melatih Kekuatan Otot dan Stamina

Ketika menjalankan gerakan variasi latihan crossfit, tentu akan memacu kontraksi semua bagian otot. Sehingga, dapat meningkatkan kekuatan dan membentuk otot semakin jelas terlihat. 

Crossfit memang dikenal sebagai program latihan yang menggabungkan dua unsur, yaitu sistem aerobic dan anaerobic. Bahkan, olahraga tersebut menekankan pada perpaduan latihan interval intensitas tinggi, senam, angkat beban, dan lain sebagainya. 

Gerakan dalam crossfit bersifat fungsional yang bertujuan meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung, dan fleksibilitas tubuh. 

2. Meningkatkan Mobilitas Sendi dan Metabolisme

Dengan berbagai macam gerakan yang dilakukan dalam latihan crossfit, ternyata mampu meningkatkan mobilitas sendi. Olahraga ini bukan hanya melatih otot saja, tetapi saat menggerakkan kaki ke segala arah yang berbeda, tentu dapat mamacu mobilitas sendi.

Latihan crossfit juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik dan dapat menurunkan berat badan. Sebab, olahraga yang digemari Ashraf Sinclair bisa membakar kalori, mencerna makanan, memperbaiki sel, dan lain sebagainya. 

3. Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan 

Olahraga favorit aktor asal Malaysia ini memang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Pasalnya, crossfit ada untuk membangun stamina, daya tahan, kelincahan, kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan.

Namun, manfaat tersebut bisa dirasakan dengan membangun adaptasi neurologis dan hormonal di seluruh jalur metabolisme tubuh. 

Perlu diketahui, crossfit melibatkan seluruh tubuh, seperti berjongkok, mendorong, berjalan, mendayung, dan menarik. Namun, ada banyak latihan crossfit yang bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin melakukannya. Berikut beberapa jenisnya.

  1. Burpees, dikenal sebagai latihan berat badan dengan mengharuskan melakukan posisi  awal seperti berdiri, lalu jatuh dengan cepat ke lantai, dan push up. Kemudian, kembali berdiri menuju posisi squat dan melompat lurus ke atas secara eksplosif. 
  2. Power Clean, yaitu salah satu gerakan menarik barbel dari lantai dan membawanya ke depan bahu. Latihan ini tentu mengandalkan kecepatan dan kekuatan
  3. Snatch, yaitu gerakan mengangkat barbel dengan cepat dari lantai langsung ke atas kepala, lalu lengan menggenggam lurus. 
  4. Thruster, Gerakan yang dimulai dengan berdiri tegak sambil menahan barbel di depan bahu. Lalu, berjongkok ke titik paha yang sejajar dengan lantai. Kemudian dilanjutkan dengan berdiri kembali sambil mengangkat barbel ke atas kepala. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kepergian Ashraf Sinclair Mengagetkan Bagi BCL
Kepergian Ashraf Sinclair, kejutkan sejumlah pihak, khususnya sang istri, Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf dikenal tidak memiliki riwayat penyakit
Pengalaman Serangan Jantung Denny Siregar Seperti Ashraf Sinclair
"Jantungmu kena." Begitu kata temanku seorang dokter spesialis jantung. Kaget? Pasti. Pengalaman Denny Siregar seperti dialami Ashraf Sinclair.
Detik-detik Ashraf Sinclair Meninggal Dunia
Pada detik-detik sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Ahraf Sinclair disebut masih sempat berbincang dengan sang istri, Bunga Citra Lestari.
0
Pelatihan Teknisi AC Cirebon Power
Teknisi AC mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan penghasilan sehingga menarik minat banyak remaja