UNTUK INDONESIA
Tips Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat
Kulit sehat tentu menjadi suatu impian setiap orang. Berikut cara menjaga kulit agar tetap sehat dan berseri.
Ilustrasi Kulit Sehat. (Foto: beautifulhameshablog.com)

Jakarta - Memiliki kulit sehat tentu menjadi suatu impian setiap orang. Jika kulit dalam kondisi sehat, pastinya akan menambah rasa percaya diri dan terhindar dari resiko penyakit. 

Sinar matahari, polusi udara, hingga pertambahan usia bisa merusak kesehatan kulit. Faktor tersebut harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan. 

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara menjaga kulit agar tetap sehat.

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Sinar matahari yang paling kuat berada di antara pukul 10.00 sampai 16.00. 

Paparan sinar tersebut mampu menyebabkan beragam masalah kulit, seperti bintik-bintik penuaan dan meningkatkan risiko kanker kulit jika dibiarkan dalam jangka panjang.

Menjaga kulit dari paparan sinar matahari, dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 15 saat beraktivitas di luar ruangan.

Caranya cukup dengan mengoleskannya 20 menit sebelum melakukan aktivitas ke luar rumah atau ruangan. Apabila sering berkeringat atau berenang disarankan menggunakannya setiap dua jam.

2. Membersihkan Kulit dengan Benar

Mandi menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan kulit, namun suhu air juga perlu diperhatikan. Disarankan, jangan mandi berlama-lama dan hindari air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit dan akan membuatnya menjadi kering.

Untuk mencegah hal tersebut, batasi waktu mandi dan gunakan air hangat. Pemilihan sabun juga harus diperhatikan, usahakan pakai yang ringan agar kadar minyak alami pada kulit tetap terjaga. 

Tepuk-tepuk kulit dengan lembut setelah mandi juga bisa dilakukan agar kulit menjadi lembap. Namun, bila memiliki kulit kering, Anda bisa menggunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit. 

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup mampu membantu menghilangkan lingkaran hitam di area mata, serta meningkatkan warna kulit agar tampak lebih bercahaya.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya. Sebab, selama tidur tubuh akan meregenerasi kulit dan sel darah. Tubuh juga akan memproduksi kolagen baru yang membantu proses pengenduran kulit.

4. Mengendalikan Stres

Mengendalikan stres dengan pikiran yang tenang juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak cara untuk menghilangkan stres, seperti menonton film komedi, melakukan apa yang disukai, bercerita dengan sahabat atau teman, meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

Stres yang tak terkendali mampu membuat kulit lebih sensitif. Bahkan, jerawat atau masalah kulit lainnya juga sangat rentan terjadi bila kondisi tersebut tidak bisa teratasi.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah, biji-bijian, serta protein tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. 

Sejumlah penelitian juga menunjukkan diet kaya akan minyak ikan dan rendah lemak, serta karbohidrat mampu meningkatkan kesehatan kulit.

6. Cukupi Cairan Tubuh

Mengonsumsi air dengan kadar yang cukup per harinya menjadi salah satu langkah tepat dalam menjaga kesehatan kulit. Para pakar menganjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan belas gelas atau dua liter per hari, sehingga terhindar dari dehidrasi.

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan  kulit akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik.

7. Berhenti Merokok

Merokok akan membuat kulit tampak lebih tua serta mempercepat terbentuknya kerutan di wajah. Selain itu, merokok juga mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar, sehingga mengurangi aliran darah yang membuat kulit terlihat lebih pucat. 

Aktivitas ini juga mampu menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Efek samping lainnya juga bisa timbul, seperti menunjukkan risiko kanker kulit sel skuamosa.

8. Hindari Alkohol

Mengonsumsi alkohol mampu memperbesar pembuluh darah, sehingga kulit tampak menjadi merah sementara waktu. Jika mengonsumsi alkohol berlebihan, tentu dapat memperbesar pori-pori kulit dan meningkatkan risiko terjangkit kanker kulit, serta penyakit hati. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Alami Lidah Buaya untuk Mempercantik Kulit
Lidah buaya memiliki beberapa manfaat alami untuk kecantikan kulit, berikut Tagar ulas khasiatnya.
Tujuh Rahasia Khasiat Daun Kelor untuk Kulit
Daun kelor memiliki beragam khasiat untuk kulit, berikut Tagar rangkumkan.
Lima Manfaat Kecantikan Bunga Saffron untuk Kulit
Bunga Saffron selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata memiliki khasiat untuk merawat kulit agar selalu cantik.
0
Ada Warga Positif Corona, Banjar di Bali Diisolasi
Sekitar 1200 warga Desa Abuan Bangli, Bali menjalani rapid test, menyusul ada sejumlah warga tertular virus corona Covid-19.