UNTUK INDONESIA
Manfaat Alami Lidah Buaya untuk Mempercantik Kulit
Lidah buaya memiliki beberapa manfaat alami untuk kecantikan kulit, berikut Tagar ulas khasiatnya.
Wisata Ciamik Azerbaijan Tuan Rumah Piala Eropa 2020. (Foto: hgtv/Shutterstock/Thanakorn Hongphan)

Jakarta - Lidah buaya mengandung sodium palmate, carbonate, palm kemelate, sorbitol, dan glycerin yang memiliki manfaat untuk mempercantik kulit.

Tumbuhan bernama latin aloe vera ini, bisa menjadi pilihan untuk menjaga kecantikan kulit khususnya untuk wanita. Berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit.

1. Melembabkan Kulit

Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami untuk melembabkan kulit. Tumbuhan ini mampu meningkatkan kadar air kulit sehingga membuat kulit terhidrasi dan terkesan bebas minyak.

Cara pemakaiannya, kupas lapisan lidah buaya dan ambil jelnya, lalu simpan di dalam wadah. Aplikasikan bahan tersebut di wajah, sambil melakukan pijatan lembut.

2. Mencegah Penuaan dini

Sejumlah penelitian membuktikan lidah buaya bisa meningkatkan elastisitas kulit, sehingga mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Cara pemakaiannya, campurkan satu sendok teh gel lidah buaya, minyak zaitun, dan oatmeal instan. Kemudian aduk hingga terbentuk seperti pasta, setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.

3. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

 Aloe vera banyak digunakan untuk menenangkan serta mengurangi peradangan kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungan yang dimiliki tumbuhan bergerigi ini bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV).

Antioksidan dalam lidah buaya juga menjaga kelembapan alami kulit, penyembuhan kulit yang terbakar bisa diatasi dengan cepat.

4. Mengurangi Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Gel lidah buaya berkhasiat untuk mengurangi jerawat serta membersihkan noda bekas jerawat di wajah. Kandungan seperti auksin, giberelin, dan polisakarida dalam lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

5. Mengurangi Stretch Marks

Stretch marks timbul akibat elastisitas kulit yang rusak. Momen tersebut biasanya timbul saat masa hamil atau naiknya berat badan.

Semua masalah kulit tbisa disembuhkan dengan penggunaan sabun lidah buaya secara rutin. Bisa menjadi pilihan khususnya untuk kaum hama pasca melahirkan.

6. Sembuhkan Luka dan Gigitan Serangga

Kandungan yang dimiliki lidah buaya bersifat anti-inflamasi, mampu menyembuhkan luka dan gigitan serangga secara efektif. Gel dari tumbuhan ini bisa digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka kecil, memar, dan gigitan serangga. []

Berita terkait
Tujuh Rahasia Khasiat Daun Kelor untuk Kulit
Daun kelor memiliki beragam khasiat untuk kulit, berikut Tagar rangkumkan.
Tips Merawat Tas Kulit agar Awet dan Terlihat Elegan
Tas kulit salah satu aksesoris yang membuat penampilan menjadi lebih elegan untuk perempuan dan laki-laki.
Lima Manfaat Kecantikan Bunga Saffron untuk Kulit
Bunga Saffron selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata memiliki khasiat untuk merawat kulit agar selalu cantik.
0
Pujian Juri Pop Akademy untuk Chelsea asal Ruteng NTT
Keysilia Dwisulandi Ndagung tampil memukau nyanyikan lagu "Hanya Rindu" saat tampil di grup delapan top 40 pop Akademy Indosiar.