10 Tips untuk Mempunyai Kulit Berkilau

Untuk mempunyai kulit yang berkilau memang membutuhkan banyak usaha, baik secara fisik dan mental.
Ilustrasi kulit sehat (Foto: Tagar/Pexels/Ron Lach)

Jakarta - Setiap orang pasti bermimpi untuk mempunyai kulit yang berkilau atau dewy skin. Istilah dewy skin merujuk pada kulit yang sehat, segar, dan berkilau. Sementara banyak orang bingung antara dewy skin dan kulit berminyak. 

Para ahli dermatologis menjelaskan bahwa dewy skin adalah kulit yang kenyal dan tekstur yang halus. Dewy skin berarti kulit terhidrasi dengan baik.

Ada beberapa penyebab kulit tidak bisa berkilau. Di antaranya, dehidrasi, kurangnya pelembab, penumpukan sel kulit mati, penumpukan sebum, pola makan yang buruk, penggunaan bahan kimia yang keras, paparan sinar matahari yang ekstrem, produk skincare yang salah, stres, dan hobi merokok.

Ada dua cara untuk mempunyai dewy skin, salah satunya dengan perawatan kulit yang rutin. Yang lainnya, misalnya make-up hanya bersifat sementara. Di sini, ada beberapa langkah yang mungkin bisa kamu masukan ke rangkaian rutinitas skincare:


Cleanser

Membersihkan wajah menjadi langkah awal untuk mempunyai kulit yang sehat. Setelah hampir seharian beraktivitas, debu, kotoran, kuman, dan polusi menempel pada kulit. Pembersih wajah membantu menghilangkan kotoran dan debu yang tidak diinginkan di kulitmu.

Gunakan pembersih wajah yang menghidrasi untuk membersihkan sekaligus menjaga kelembaban kulit. Carilah produk dengan kandungan yang bisa menenangkan kulit.


Exfoliasi

Lakukan exfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Kulitmu mengeluarkan sel-sel kulit mati setiap hari dan semakin lama membuat kuli menjadi kusam dan kering. Eksfoliasi akan membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebih. Kulit menjadi lebih halus, bebas minyak, dan berkilau.


Toner

Toner dapat melembabkan kulitmu. Toner yang mengandung antioksidan dapat memberikan kulit lebih segar. Toner yang mengandung esensial fatty acids, vitamin, dan mineral bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi. Sementara toner yang mengandung aloevera sangat bagus untuk hidrasi kulit.


Pelembab

Pelembab berbeda dengan produk melembabkan lainnya. Produk-produk hydrating mengisi partikel-partikel air pada sel kulit, sedangkan pelembab mengunci kelembaban di lapisan atas kulit. Carilah produk yang mengandung glycerin atau hyaluronic acids agar memaksimalkan hidrasi di kulit.


Gunakan Serum Vitamin C

Vitamin C adalah bahan yang paling bermanfaat untuk kamu yang ingin mempunyai dewy skin. Vitamin C dapat menghilangkan flek-flek hitam dan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus juga kerutan. Menggunakan serum vitamin c dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, bisa menenangkan kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas.


Pilih Masker Wajah yang Bernutrisi

Masker wajah terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti sheet mask, clay mask, cream mask, peel-off mask, dan lain-lain. Selain sesuaikan dengan referensi dan jenis kulit, carilah masker untuk melembabkan kulit. Sheet mask dan clay mask terbaik untuk hidrasi kulit, sedangkan peel-off mask berrfungsi untuk eksfoliasi.

Dewy skin membutuhkan banyak nutrisi. Oleh karena itu, gunakan masker wajah sekali atau dua kali dalam seminggu secara rutin untuk kulit segar dan berkilau.


Gunakan Facial Mist

Karena kulit cenderung berkeringat dan kusam sepanjang hari, gunakan facial mist untuk kembali terlihat segar. Gunakan beberapa kali saat kondisi wajah terasa kering dan kasar. Memakai face mist bisa menjaga kulit tetap segar sepanjang hari.


Memakai Sunscreen

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusaka pada kulit. Hal ini dapat memunculkan tanda-tanda penuaan dan mengubah warna kulit. Kemudian kulit mulai terlihat hiperpigmentasi. Kerusakan kulit karena paparan sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, memakai sunscreen adalah pilihan terbaik untuk melindungi kulit dari kerusakan.Banyak ahli skincare juga menyarankan memakai sunscreen ketika di rumah.


Kebiasaan Diet yang Sehat

Tidak peduli seberapa banyak skincare yang kamu pakai, diet yang tidak sehat mempengaruhi kesehatan kulit. Mengonsumsi air putih secara teratur dan cukup bisa membantu menghidrasi kulit. Sebuah studi pada 2017 membuktikan bahwa meminum 2,25 liter setiap hari bisa membantu meningkatkan kulit.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan dalam menu makan, seperti brokoli, bayam, kacang-kacangan, papaya, dan lain-lain. Selain itu, buah-buahan yang mengandung vitamin c, seperti lemon, jeruk, nanas, dan semangka bagus untuk kulit. Kemudian kurangi kadar gula dari menu harian.


Faktor Lain

Pola tidur sangat penting dan mempengaruhi kesehatan tubuh dan kulit. Jika tidak cukup tidur setiap hari, bisa terlihat di kulitmu. Mata akan mulai membengkak, kantung dan lingkaran hitam akan muncul.

Pada tahun 2017, sebuah penelitian dilakukan untuk memahami efek daya tarik pada wajah karena kurang tidur. Hasil penelitian menunjukkan hanya dua hari tanpa tidur bisa membuat seseorang terlihat kurang menarik.

Untuk mempunyai kulit yang berkilau memang membutuhkan banyak usaha, baik secara fisik dan mental. Rutinitas skincare, diet, dan tingkat stress berdampak pada kulit dalam banyak cara. Selain itu, gaya hidup seperti merokok dan pola tidur juga penting. Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulitmu.[]


(Retno Ayuningrum)


Baca Juga:

Berita terkait
Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Wajah
Untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu tahu cara mencegah jerawat yang benar gar tidak timbul kembali di tempat yang sama.
6 Manfaat Niacinamide bagi Kulit Wajah
Produk skincare yang menggunakan niacinamide ramai dicari karena dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit wajah.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Pada Pria
Sama halnya seperti kebanyakan perempuan, pria pun memiliki masalah pada kulit terutama wajah. Simak cara mengatasinya di bawah ini.
0
10 Tips untuk Mempunyai Kulit Berkilau
Untuk mempunyai kulit yang berkilau memang membutuhkan banyak usaha, baik secara fisik dan mental.