UNTUK INDONESIA
Tips Menjaga Imun Saat Puasa di Tengah Pandemi Corona
Menjaga imun tubuh selama puasa di tengah pandemi Corona sangat penting supaya tidak mudah diserang berbagai penyakit.
Ilustrasi Jam Berpuasa. (Foto: healthblog.uofmhealth.org)

Jakarta - Ibadah puasa sekarang ini sangat berbeda dangan tahun sebelumnya karena bersamaan dengan pandemi virus Corona atau Covid-19 yang hingga kini masih mewabah di sejumlah negara. 

Dalam kondisi ini, khususnya umat Islam yang menjalankan ibadah puasa diingatkan untuk menjaga imun tubuh agar terhindar dengan berbagai penyakit berbahaya seperti Covid-19.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai tips menjaga imun tubuh selama berpuasa di tengah pandemi virus Corona. 

1. Tidur cukup

Ketika berpuasa, menjaga pola tidur menjadi hal yang penting terlebih di tengah pandemi virus Corona. Sebab, jika kekurangan waktu tidur bisa membuat seseorang lebih rentan terpapar penyakit.

Dalam sebuah riset, para responden yang kurang tidur terbukti lebih rentan terserang penyakit seperti pilek dibandingkan dengan yang cukup tidur. Sehingga, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk begadang sepanjang malam agar bisa tidur di siang hari. 

Ketika berpuasa, Anda dianjurkan untuk tidur dengan waktu yang cukup. Orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7-9 jam di malam hari.

2. Konsumsi Lemak Baik

Lemak baik yang bisa ditemukan dalam ikan salmon atau minyak zaitun bisa meningkatkan sistem imun dengan mengurangi peradangan dalam tubuh. Apabila terjadi peradangan tentu dapat menghambat kinerja sistem imun.

Disarankan untuk mengonsumsi lemak baik seperti ikan salmon atau minyak zaitun saat sahur maupun berbuka puasa. Dengan begitu, bisa membantu sistem imun tubuh dalam mencegah penyakit selama seharian.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Nabati

Tak sedikit orang yang jarang memperhatikan pola makan selama bulan puasa. Padahal, hal tersebut bisa berbahaya bagi sistem imun tubuh. 

Menghindari gangguan kesehatan itu, perbanyaklah konsumsi makanan nabati seperti sayur, buah, hingga kacang-kacangan saat sahur atau berbuka puasa. Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam makanan tersebut bisa membantu sistem imun tubuh melawan virus dan bakteri membandel.

4. Minum Air Putih Teratur

Ketika berbuka puasa, kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi minuman manis dan melupakan air putih. Padahal, tubuh sangat membutuhkan air putih untuk menjaga sistem imun tubuh. 

Mengonsumsi minuman manis dan dingin guna melepaskan dahaga memang tidak dilarang. Namun, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu.

5. Kurangi Gula

Mengonsumsi gula secara berlebihan di bulan puasa bisa menyebabkan kegendutan atau obesitas. Hal ini bisa meningkatkan risiko terserang penyakit lantaran berat badan yang berlebih.

Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan risiko terpapar berbagai penyakit seperti, diabetes tipe 2, jantung, dan obesitas. 

Semua masalah kesehatan tersebut bisa melemahkan sistem imun tubuh, sehingga sebaiknya Anda mulai mencoba mengurangi asupan gula di bulan puasa guna menjaga kesehatan tubuh.

6. Konsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen imunomodulator bisa membantu kinerja sistem imun tubuh selama berpuasa di tengah pandemi virus Corona. Jika perlu, datanglah ke dokter untuk berkonsultasi tentang pemakaian suplemen dalam menjaga sistem imun tubuh. 

Biasanya vitamin C, D, dan Zinc bisa membantu daya tahan tubuh dan nutrisi ini sangat baik dikonsumsi selama berpuasa. 

7. Olahraga

Olahraga secara teratur bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Mungkin beberapa orang akan khawatir saat mendengar kata olahraga karena takut akan menganggu puasa. 

Selama puasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan saja dan pilihlah waktu yang tepat, seperti sebelum berbuka atau beberapa jam setelah berbuka puasa. Hal ini tentu berguna agar tubuh tetap aktif dan bugar, sehingga dapat mencegah infeksi virus Corona.

8. Jauhi Stres

Stres bisa menghancurkan kinerja sistem imun tubuh, sehingga dapat mengancam kesehatan tubuh. Menghindari hal itu, Anda disarankan untuk menjauhi stres selama berpuasa dengan cara melakukan meditasi, yoga, hingga olahraga. 

Dengan menghindari stres, imunitas tubuh bisa tetap terjaga dan puasa tetap dapat berjalan dengan baik. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Memilih Menu Diet Sehat Bagi yang Berpuasa
Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini untuk menjalankan diet sehat.
Tips Memilih Camilan Sehat Selama Puasa
Bulan Ramadan dipastikan banyak penjual musiman menjajakan camilan berbuka puasa. Berikut tips memilih camilan sehat selama puasa.
Tips Cegah Tubuh Lemas Ketika Berpuasa
Umat Islam dalam beberapa hari mendatang akan menjalani puasa Ramadan 2020. Berikut tips cegah tubuh lemas ketika berpuasa.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.