UNTUK INDONESIA
Tips Cegah Tubuh Lemas Ketika Berpuasa
Umat Islam dalam beberapa hari mendatang akan menjalani puasa Ramadan 2020. Berikut tips cegah tubuh lemas ketika berpuasa.
Ilustrasi Makanan Sehat. (Foto: Pixabay/FotoshopTofs)

Jakarta - Umat Islam dalam beberapa hari mendatang akan menjalani puasa Ramadan 2020. Pastikan tubuh tidak akan lemas dan asupan gizi makanan Anda cukup hingga berbuka puasa dan kembali berpuasa keesokan harinya.

Dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda mengatakan khusus untuk asupan energi, sebaiknya pilih makanan mengandung karbohidrat kompleks ketimbang yang sederhana.

"Tetap makanan bergizi seimbang, lalu makanan bertahan lama (agar) menimbulkan rasa lapar, karbohidrat pilih yang kompleks dibanding nasi putih bisa nasi merah, kentang, roti gandum," kata dia dalam sebuah diskusi via daring belum lama ini, seperti diberitakan Antara.

Penuhi kebutuhan protein harian, karena bisa meningkatkan sistem imun dan jaga massa otot.

Selain karbohidrat, jangan abaikan asupan lauk pauk yang beragam dengan tidak melupakan sayuran, buah dan mikronutrien, seperti asam lemak omega tiga yang bisa didapatkan dari teri basah, ikan salmon, tuna, ikan sarden, dan lele.

Raissa mengingatkan tidak melupakan asupan protein harian demi meningkatkan massa otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama di pandemi Covid-19 seperti belakangan ini.

"Penuhi kebutuhan protein harian, karena bisa meningkatkan sistem imun dan jaga massa otot. Paling gampang makan telur dan minum susu," tutur Raissa.

Hal lainnya yang juga tidak boleh diabaikan, yaitu memenuhi asupan cairan saat berbuka dan sahur agar tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa. Dari sekarang Anda bisa mulai membiasakan diri memberi asupan air yang cukup agar terhidrasi optimal, seperti dilansir Arab News.

Tambahkan satu atau dua gelas dari anjuran umum sehari untuk mencoba dan menurunkan tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama puasa.

Ketimbang tergoda makan banyak, Anda harus mulai menahan diri. Kebanyakan makan akan membuat tubuh terbiasa makan dan menginginkan lebih. Kurangi asupan kalori Anda sekarang dengan cara menukar makanan tinggi lemak dengan makanan berprotein tinggi.

Sementara Dr. Razeen Mahroof dari Universitas Oxford di Inggris mengatakan berpuasa memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, salah satunya membantu penurunan berat badan.

Seperti dilansir Medical News Today, dia menjelaskan penggunaan lemak untuk energi dapat membantu menjaga otot dan mengurangi kadar kolesterol

Ketika tubuh telah menggunakan cadangan glukosa selama puasa, maka lemak untuk energi terbakar, sehingga menghasilkan penurunan berat badan. Di sisi lain, puasa juga efektif untuk regenerasi sel-sel kekebalan tubuh.  

"Proses detoksifikasi juga terjadi, karena setiap racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dilarutkan dan dikeluarkan dari tubuh. Setelah beberapa hari berpuasa, kadar endorfin yang lebih tinggi - hormon 'rasa-enak' - diproduksi dalam darah, yang berdampak positif pada kesejahteraan mental," ujar Dr. Razeen Mahroof. []

Baca juga:

Berita terkait
Menteri Agama Jelaskan Panduan Ibadah Puasa Ramadan
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menerbitkan edaran mengenai panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah wabah Covid-19.
Cara Bayar Utang Puasa Ramadan dan Niatnya
Kalau tidak meleset bulan puasa jatuh pada hari Kamis, 23 April 2020 atau 1 Ramadan 1441 H.
Tata Cara Puasa Ramadan di Tengah Wabah Corona
MUI mengungkapkan tata cara puasa Ramadan di tengah wabah corona di Indonesia.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.