UNTUK INDONESIA
10 Tips Cegah Bibir Kering Selama Puasa
Saat menjalankan ibadah puasa, pasti bibir akan kering. Berikut tips yang harus dilakukan untuk mencegah persoalan tersebut.
Ilustrasi lip balm atau pelembab bibir. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jakarta - Saat menjalankan ibadah puasa, pasti bibir akan kering. Hal itu disebabkan karena kelenjar minyak di area bibir berkurang, sehingga tak jarang persoalan ini selalu dialami oleh umat Islam ketika sedang berpuasa di bulan Ramadan. 

Bibir kering tentu akan mengganggu kenyamanan Anda selama puasa. Namun, jangan khawatir karena banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah persoalan tersebut. 

Berikut tips mencegah bibir kering saat puasa yang telah dirangkum Tagar dari berbagai sumber. 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat penting selama bulan puasa. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, hal ini juga dapat mencegah bibir menjadi kering.

Sebaiknya, konsumsi minimal 8 gelas air putih per hari dengan pola 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, kemudian 2 gelas saat sahur.

Hal demikian membantu menghindari bibir kering saat berpuasa di siang hari karena dehidrasi merupakan salah satu penyebab bibir kering. 

2. Kurangi Minuman Berkafein

Kebanyakan orang Indonesia gemar mengonsumsi minuman kopi dan teh. Tetapi, hal ini justru membuat bibir menjadi kering.

Kafein bahkan menimbulkan rasa haus setelah meminumnya. Efek dehidrasi inilah yang membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, selama berpuasa sebaiknya kurangi mengonsumsi minuman berkafein.

3. Hindari Makanan Pedas dan Asin

Selain dapat mencegah maag dan sakit perut saat berpuasa, menghindari makan pedas dan asin saat berbuka atau sahur juga bisa menjadi cara mengatasi bibir kering.

Hal itu lantaran makanan pedas dan asin cenderung lebih cepat membuat mulut dan bibir menjadi kering. Maka, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas dan asin selama bulan Ramadhan.

4. Oleskan Bibir dengan Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Bahkan, sayuran ini juga kaya akan nutrisi lainnya seperti, vitamin C dan E. 

Vitamin C dan E dapat digunakan untuk mencegah bibir kering saat puasa. Caranya, oleskan hasil parutan mentimun secara merata di permukaan bibir, lalu diamkan selama 10 menit. Hal ini bisa dilakukan sebelum tidur atau saat sahur.

5. Gunakan Madu

Madu adalah salah satu cara yang paling mujarab dan efektif mengatasi bibir kering saat berpuasa. Madu dapat dikonsumsi langsung atau diolesi ke bibir.

Namun, sebaiknya mengolesi madu ke bagian bibir di malam hari atau sebelum makan sahur. Sehingga, saat berpuasa di siang hari bibir bisa lebih terhindar dari rasa kering dan pecah-pecah.

6. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur-sayuran yang baik untuk kesehatan perlu dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Terlebih, buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, stroberi, jambu air, dan jeruk. Buah-buahan ini dapat membantu mencegah bibir kering untuk meningkatkan kelembapan.

7. Pakai Pelembap Bibir

Asupan cairan yang kurang ditambah sengatan sinar matahari mampu memperparah bibir kering hingga mengelupas.

Maka, tak ada salahnya menggunakan lip balm atau lip moisturizer yang memiliki kandungan minimal SPF 15 sebagai pelindung bibir dari paparan sinar matahari.

8. Eksfoliasi Bibir dengan Gula

Kulit bibir perlu melakukan eksfoliasi supaya sel-sel kulit mati dapat terangkat dan bibir kembali lembut. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengembalikan kelembutan bibir adalah gula.

Caranya, campurkan dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu, lalu oleskan ke seluruh permukaan bibir dengan menggunakan jari tangan. Kemudian, diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bersihkan bibir dengan air hangat. Lakukan eksfoliasi bibir minimal seminggu dua kali di malam hari sebelum tidur.

9. Kurangi Menjilat Bibir

Bibir yang kering terkadang mengganggu kenyamanan, sehingga ingin terus menjilatnya. Namun, usahakan kebiasaan buruk ini dihindari agar tidak memperparah kondisi bibir. 

Kebiasaan menjilat bibir justru dapat merusak pelindung bibir. Akibatnya bibir akan menjadi kering. 

10. Hindari Menggigit Bibir

Kebiasaan buruk ini menjadi salah satu penyakit yang paling sulit dihindari saat memiliki bibir kering dan pecah-pecah. Namun, hal ini harus dihindari karena ketika menggigit atau mengelopeki bibir kering, justru akan melukai bibir hingga berdarah. Jadi, lebih baik dibiarkan terkelupas sendiri untuk menghindari luka di bibir. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Agar Tubuh Kuat Puasa di Cuaca Panas
Suhu udara di awal Ramadhan sekarang ini terasa sangat panas. Berikut tips agar tubuh kuat dan fit menjalankan puasa, meski cuaca panas.
Tips Mempersiapkan Tubuh untuk Berpuasa
Sebelum berpuasa, umat Islam dari sekarang mulai mempersiapkan tubuh untuk berpuasa. Berikut tips yang harus diperhatikan.
Tips Mudah Mengajarkan Anak Berpuasa Selama Ramadan
Mendekati Ramadan, para orang tua pasti akan kebingungan mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa. Berikut Tips yang harus diperhatikan.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.