UNTUK INDONESIA
Tips Memilih Menu Diet Sehat Bagi yang Berpuasa
Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini untuk menjalankan diet sehat.
Ilustrasi makan sehat selama puasa. (Foto: www.mysalaam.com/NST)

Jakarta - Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini untuk menjalankan diet. Agar program diet sehat tercapai, terdapat makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi sebagai menu khusus saat berpuasa.

Selain itu, seseorang sebaiknya memastikan makanan yang dikonsumsi cukup menghasilkan energi untuk beraktivitas selama puasa. Salah satunya dengan memerhatikan jenis makanan dan porsinya saat sahur.

Hal ini penting lantaran tak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan selama puasa akibat mengonsumsi makanan berlebihan saat sahur dan berbuka.

Baca juga: Tips Hilangkan Bau Mulut Selama Puasa

Dilansir dari Indian Express, berikut Tagar berikan ulasan tips memilih menu diet sehat bagi yang berpuasa.

1. Menu Sahur

Makan Sahur

Ilustrasi makan sahur. (Foto: Antara/Shutterstock)

Ketika sahur, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti telur. Sebab, bahan makanan tersebut bisa membantu tetap kenyang selama berpuasa. Selain itu, mencari makanan yang mengandung serat tinggi seperti gandum juga diperlukan.

Gandum memiliki serat larut yang mampu memperlambat pencernaan dan menurunkan kolesterol serta glukosa darah, sehingga nantinya bisa membuat merasa kenyang dan berenergi.

Menu sahur dapat dilengkapi dengan makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin, seperti milkshake dengan madu atau yoghurt guna merasa kenyang dan tubuh tetap terhidrasi.

Namun, untuk menjaga kestabilan berat badan, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari selama sahur, yaitu dengan tidak memakan karbohidrat olahan, karena hanya bisa bertahan beberapa jam dan rendah akan nutrisi penting lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Camilan Sehat Selama Puasa

Dianjurkan juga untuk menghindari makanan asin, seperti keripik, kacang asin, acar, dan makanan yang mengandung saus kedelai.

Selain itu, sebaiknya menjauhi minuman berkafein, karena bisa membuat gelisah sepanjang hari, yang nantinya dapat menjadi kontraproduktif dan ingin terus minum air putih.

2. Menu Berbuka

Berbuka PuasaIlustrasi Berbuka Puasa. (Foto: religionnews.com/Sally Morrow)

Ketika berbuka puasa, sebaiknya memahami tubuh dengan memberi semua nutrisi penting. Caranya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti kurma, karena dapat menghidrasi dan memberikan energi secara instan. 

Selain itu, jangan lupa untuk minum air sebanyak mungkin sebelum tidur. Mengonsumsi kacang mentah juga bagus untuk yang menjalankan program diet selama puasa karena bisa memenuhi kebutuhan rasa lapar dan tidak membuat makan menjadi berlebihan.

Beragam jenis kacang yang bisa dimakan salah satunya almond, lantaran mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

Sayur-sayuran yang memiliki kandungan air tinggi juga sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena sayuran bisa mendinginkan tubuh dari dalam dan menjaga kulit tetap sehat.

Sedangkan, menu yang harus dihindari saat berbuka puasa yaitu minuman berkarbonasi. Disarankan untuk memilih air biasa atau air kelapa saat merasakan haus.

Tak hanya itu, makanan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti cokelat dan permen juga sebaiknya dihindari. Makanan tersebut bisa membuat puasa menjadi sia-sia. Mengonsumsi makanan sesuai dengan motode memasaknya juga perlu diperhatikan. Sebaiknya menghindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng dan berminyak, seperti samosa dan sejenis lainnya. []

Berita terkait
Cara Aman Pasien Corona Berpuasa Selama Ramadan
Berbeda dari tahun sebelumnya, bulan suci Ramadan kali ini masyarakat menjalani ibadah puasa di tengah pandemi virus Corona.
Hari Pertama Puasa, 2 Pasien di Aceh Positif Corona
Di hari pertama ramadan 1441 Hijriah, 2 pasien di Aceh terkonfirmasi positif terpapar virus corona (Covid-19) di Aceh.
5 Resep Kreasi Lontong Sayur untuk Berbuka Puasa
Orang cenderung mempersiapkan menu berbuka puasa dengan makanan yang tidak terlalu berat dikonsumsi, seperti lontong sayar. Berikut cara membuatnya
0
Sindir Politik Dinasti, PKS: Ini Bukan Perusahaan Keluarga
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR, Mulyanto mengaku prihatin dengan sikap abai Pemerintahan Presiden Jokowi atas perkembangan politik dinasti saat ini.