Tips Menghindari Sulit Tidur di Malam Hari

Berikut Tagar rangkumkan trik dan teknik yang dapat dicoba ketika tidak bisa tidur di malam hari
Ilustrasi kesulitan tidur. (Foto: Pexels)

Jakarta - Beberapa orang sering merasakan sulit tidur di malam hari. Ada banyak hal yang mungkin membuat anda sulit tidur, seperti penggunaan alkohol maupun kafein, masalah perut atau sedang dilanda stress, dan kecemasan.

Apakah anda mengalami masalah di atas? Jika iya, berikut Tagar rangkumkan trik dan teknik yang dapat dicoba ketika tidak bisa tidur di malam hari, yang dikutip dari Healhtdigest:

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi. (Foto: freepik)

1. Mandi Air Hangat

Menurut analisis yang diterbitkan dalam Sleep Medicine Reviews, hasil menunjukkan bahwa mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur diketahui dapat membantu orang tertidur lebih cepat dan tertidur lebih lama.

2. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi memiliki fungsi sebagai penghilang stress, membuat pikiran tenang, dan memberikan rasa tenang pada tubuh. Selain itu, scented candle juga dapat membantu menciptakan suasana yang mendorong untuk tidur.

Anda dapat memilih aroma yang menenangkan, kemudian bisa juga dengan menyemprotkannya sedikit ke bantal atau selimut agar tubuh anda lebih rileks sehingga bisa dengan cepat tertidur. Bergamot, lavender, dan cedarwood merupakan beberapa aromaterapi yang diketahui memiliki efek sedatif.

3. Minum Teh Chamomile

Teh chamomile telah digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk insomnia sejak lama. Bahkan teh ini dianggap sebagai pemicu tidur dan bisa memberikan rasa tenang.

4. Konsumsi Suplemen

Suplemen melatonin bisa berguna untuk mengatur ulang pola tidur yang telah terganggu oleh kasus insomnia atau jet lag akut. Selain itu, L-Theanine merupakan suplemen yang bekerja secara aktif untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Ilustrasi tidurIlustrasi tidur. (Foto Freepik)

5. Tetapkan Jadwal Rutin

Dalam tubuh manusia, terdapat ritme sirkadian yang menentukan tingkat energi sepanjang hari dan malam, serta membuat seseorang terjaga di pagi hari dan lelah di malam hari.

Memiliki jadwal tidur yang tepat tentunya akan mempermudah ritme sikardian melakukan fungsinya. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan apapun selama 30 – 45 menit sebelum tidur agar badan rileks sehingga cepat tertidur.

6. Meditasi

Bermeditasi bisa menjadi kunci untuk menenangkan pikiran, menenangkan jiwa, dan menidurkan tubuh yang kelelahan.

Dengan latihan visualisasi sederhana dapat menempatkan anda pada posisi mental, emosi, dan fisik yang tepat agar mencapai tidur yang cepat.

Cara cepat tidur juga bisa dilakukan dengan mengelola stress dengan baik, dengan melakukan meditasi atau yoga akan membuat tubuh rileks. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat buah strawberry bagi kecantikan.
Delapan Manfaat Mandi di Malam Hari
Terdapat beberapa manfaat dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini.
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.