UNTUK INDONESIA

Delapan Manfaat Mandi di Malam Hari

Terdapat beberapa manfaat dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini.
Ilustrasi Mandi. (Foto: freepik)

Jakarta - Beberapa orang mengatakan bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan berbagai penyakit dan hal-hal negatif lainnya. Padahal, mandi di malam hari justru memiliki banyak manfaat jika Anda melakukannya.

Dengan mandi di malam hari terutama jika menggunakan air hangat, Anda bisa dengan mudah tertidur dan rileks setelah seharian beraktivitas. Selain itu, mandi di malam hari juga cukup penting bagi orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Mengutip informasi dari laman Boldsky, mandi sebelum tidur sebenarnya dapat membuat badan menjadi terasa lebih segar karena hal ini bisa menjernihkan pikiran.

Jika badan sudah terasa lebih segar dan pikiran sudah bersih dari kekhawatiran, Anda pun bisa tertidur lebih cepat dan nyenyak.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini:

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi. (Foto: hip2save)

1. Suhu

Beraktivitas seharian terutama bekerja dapat meningkatkan suhu tubuh. Dengan mandi di malam hari, Anda dapat menurunkan suhu tubuh dan menjadikan badan terasa lebih rileks. Hal ini pun dapat membuat Anda tertidur dengan cepat.

2. Sirkulasi Darah

Mandi dapat melemaskan otot dan membuat badan terasa rileks. Dengan mandi air hangat, sirkulasi darah pun bisa meningkat dan menjadi lebih lancar.

3. Kegelisahan

Seharian bekerja dapat membuat Anda mengalami rasa gelisah dan stress yang berakibat nyeri di beberapa bagian tubuh juga leher menjadi kaku. Hal ini dapat berkurang setelah Anda mandi.

4. Menjernihkan Pikiran

Semua kekhawatiran, beban, dan ketegangan Anda dapat berkurang setelah mandi. Hal ini dikarenakan mandi dapat menjernihkan pikiran dan membantu Anda untuk menjadi lebih rileks.

5. Membersihkan paru-paru

Mandi dengan air hangat juga dapat membantu Anda membersihkan iritasi di paru-paru. Anda bisa membersihkan lendir dan bernapas lega setelah mandi.

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi. (Foto: freepik)

6. Membersihkan Alergen

Alergen (pemicu alergi) di udara yang Anda hirup sepanjang hari dapat menyebabkantidur menjadi tidak nyaman. Saat mandi dan membersihkan diri dengan baik, Anda bisa merasa segar dan mudah tertidur.

7. Tungau Debu

Saat kulit kotor atau kering sampai bersisik dan mengelupas, Anda dapat dengan mudah terkena tungau debu atau kutu busuk saat tidur.

Jika mandi terlebih dahulu sebelum tidur, Anda dapat tidur dengan nyenyak dan meminimalisir kemungkinan serangan tungau debu atau kutu busuk.

8. Sakit Kepala

Sakit kepala saat tengah malam bisa disebabkan oleh beragam hal. Namun, dengan mandi air hangat di malam hari bisa meredakan sakit kepala ringan akibat stress.

Jadi, masih takut mencoba mandi di malam hari? []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
5 Aktivitas di Rumah Hilangkan Bosan Saat Hujan
Berikut ini beberapa aktivitas di rumah yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa bosan.
5 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan yang Tidak Kamu Ketahui
Untuk mengatasi masalah muka sampai kaki, berikut manfaat buah alpukat untuk kecantikanmu.
7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit
Berikut manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulitmu.
0
Single Kedua, Rose Blackpink Luncurkan Video Klip Lagu Gone
Rose Blackpink dipastikan bakal kembali merilis video klip untuk single terbarunya yang berjudul Gone, pada Senin, 5 April 2021.