Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat buah strawberry bagi kecantikan.
Ilustrasi Stroberi. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jakarta - Berbagai jenis buah-buahan memang punya banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya buah strawberry. Buah yang cukup populer ini biasa digunakan untuk mempercantik tampilan sebuah hidangan makanan atau minuman.

Tak hanya baik untuk kesehatan dan sebagai hiasan, buah kecil berwarna merah ini ternyata mempunyai manfaat bagi kecantikan lho. Salah satu dari sekian manfaat buah strawberry, yakni dikenal ampuh untuk mengobati iritasi di kulit.

Mau tau apa saja manfaat buah strawberry untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat buah strawberry bagi kecantikan:

BibirIlustrasi merawat bibir. (Foto: Freepik)

1. Melembutkan Bibir

Strawberry memiliki kandungan vitamin C dan asam salisilat yang tinggi dapat mengangkat lapisan sel kulit mati. Selain itu, buah ini juga berfungsi sebagai eksfoliator alami dan sangat efektif dipakai di bibir.

Caranya mudah yaitu dengan menghaluskan buah strawberry lalu oleskan pada bibir dan tunggu selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air, hal ini bertujuan agar bibir tidak kering, pecah – pecah, dan mengurangi warna hitam pada bibir.

Perawatan KulitIlustrasi perawatan kulit wajah. (Foto: Frepik)

2. Mencerahkan Wajah

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, strawberry sangat ampuh untuk membuat kulit lebih cerah, dan sehat. Selain itu, buah ini mengandung asam ellagic yang mampu mencerahkan wajah kusam serta menghilangkan flek hitam pada kulit.

Buah strawberry bisa digunakan sebagai masker dengan cara peras atau ambil sarinya. Lalu, oleskan pada wajah dan tunggu sampai mengering. Setelah itu cuci bersih dengan air hangat.

Bisa juga kombinasikan yogurt dan strawberry, karena yogurt mempunyai banyak manfaat dan mengandung asam hidroksi alami yang dapat melembabkan, mencerahkan kulit.

Ilustrasi kerutan halus di bawah mataIlustrasi kerutan halus di bawah mata. (Foto: Tagar/Mybotoxla.com)

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ketiga buah strawberry yakni mencegah penuaan dini. Faktanya dalam buah strawberry terdapat zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini, menunda datangnya keriput, dan menyamarkan garis halus.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut caranya ialah menyiapkan ½ cangkir strawberry segar yang telah dihaluskan, dan campurkan dengan 1 sdm madu. Setelah dicampurkan, aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Ilustrasi StroberiIlustrasi Stroberi. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

4. Mencegah Kanker dan Diabetes

Dengan kandungan antioksidan dalam buah strawberry dapat melawan radikal bebas. Oleh sebab itu buah ini dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa strawberry memiliki senyawa yang bersifat antikanker.

Hal ini dikarenakan adanya asam ellagic dan ellagitannins yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, strawberry juga dianjurkan bagi pengidap diabetes atau orang yang mempunyai tenakan gula darah.

Untuk mencegah penyakit tersebut, bisa dengan mengonsumsi buah strawberry langsung tanpa diolah dengan tambahan gula, atau dibuat jus strawberry tanpa gula. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Enam Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan
Berikut Tagar rangkumkan sederet manfaat mengonsumsi bawang bombai bagi kesehatan.
Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Lemon untuk Kecantikan
Lemon tidak hanya menjadi sumber manfaat, tetapi menggunakan lemon di wajah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit daripada kebaikan.
0
Aksi Perlawanan Pegawai KPK Tak Lolos TWK Berlanjut ke MK
Aksi perlawanan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos TWK terus berlanjut hingga ke Mahkamah Konstitusi soal uji materi.