UNTUK INDONESIA

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Ilustrasi buah naga. (Fotoa: Pixabay)

Jakarta - Kulitnya yang bersisik, rasanya manis, dan bentuknya yang aneh membuat buah naga menjadi buah yang cukup digemari di Tanah Air. Tidak hanya rasanya yang enak, tetapi buah ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan lho.

Buah yang memiliki empat jenis ini mengandung serat yang tinggi yang bermanfaat untuk diabetes. Selain untuk kesehatan buah naga juga mempunyai manfaat bagi kecantikan.

Mereka yang mengonsumsi buah naga secara rutin dapat memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih cantik serta awet muda. Buah naga juga dapat dijadikan sebagai masker di wajah.

Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah:

Kulit WajahKenali jenis kulit Anda. (Foto: Tagar/Unsplash)

1. Melembabkan

Kulit buah naga memiliki manfaat untuk melembabkan wajah secara alami. Kelembapan kulit tentunya harus dijaga agar kulit tidak kering dan rusak. Terlebih lagi bila anda mempunyai aktivitas yang padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari.

Mengandung nutrisi, vitamin C, E, dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan. Dengan rutin mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh atau dijadikan masker wajah akan membuat kulit lembap sepanjang hari.

2. Mengobati Jerawat

Kandungan vitamin C dalam buah naga baik untuk memulihkan kulit dari masalah kulit seperti jerawat. Buah naga yang telah dijadikan krim dapat diaplikasikan ke wajah untuk mengurangi jerawat.

Antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah wajah dari breakout. Kedua kandungan tersebut mampu memberantas berbagai masalah jerawat yang membandel di wajah. Caranya dengan menghaluskan buah naga lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat.

3. Mencerahkan Wajah

Menariknya lagi selain mengobati jerawat vitamin C yang banyak terdapat di buah naga juga bisa mencerahkan wajah. Selain vitamin C, kandungan vitamin B3 juga dapat mencerahkan kulit wajah. Dengan mengonsumsi atau menggunakannya sebagai masker dan lulur secara rutin agar wajah lebih cerah.

4. Menghaluskan Kulit Wajah

Buah naga juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat menumpuknya sel-sel kulit mati.

Vitamin C, asam folat, dan protein dalam buah naga dipercaya ampuh serta efektif menghilangkan sel-sel kulit mati. Caranya mudah yaitu menjadikan buah naga sebagai scrub dan masker.

5. Mencegah Penuaan Dini dan Meredakan Kulit Terbakar

Vitamin E dalam buah naga dapat membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Buah naga merah bisa membantu kulit dalam menangkal radikal bebas yang menimbulkan tanda penuaan dini berupa garis halus dan keriput.

Kombinasi vitamin E dan C yang terkandung mampu meredakan inflamasi. Cara menggunakannya dengan mencampurkan buah naga dengan suplemen vitamin E untuk diolah menjadi krim.

Kemudian, oleskan krim tersebut pada kulit yang terbakar dan diamkan selama 30 menit lalu dibilas hingga bersih. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
13 Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan
Mengutip informasi dari laman healthline, berikut Tagar rangkumkan manfaat minyak argan untuk kecantikan.
Bahaya Mengoleskan Minyak Kelapa di Area Wajah
Ada satu area yang tidak boleh dioleskan minyak kelapa di atasnya. Area tersebut adalah wajah.
Delapan Tips Cara Merawat Kulit dengan Tipe Kombinasi
Berikut Tagar rangkumkan delapan cara merawat kulit dengan tipe kombinasi.
0
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.