UNTUK INDONESIA
Tips Mengatasi Stres Kena PHK Akibat Pandemi Corona
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang diakibatkan pandemi Corona membuat mereka berada dalam kondisi stres atau depresi.
Ilustrasi Stres. (Foto: Pixabay/geralt)

Jakarta - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang diakibatkan pandemi  Corona membuat mereka berada dalam kondisi stres atau depresi. Sebab, mereka kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya. 

Bagaimana mereka tidak stres, perusahaan yang ada di Tanah Air belum menerima lapangan pekerjaan. Sementara dampak Corona membuat perusahaan harus mengurangi karyawannya. Kehilangan pekerjaan juga bisa menurunkan rasa percaya diri, rasa aman, dan khawatir hingga berdampak pada stres atau depresi berkepanjangan. 

Meski harus kehilangan pekerjaan, kesehatan tubuh tetap selalu dijaga termasuk mengendalikan stres/depresi. Kondisi ini bisa memperburuk stamina tubuh dan berdampak besar pada timbulnya penyakit. 

Berikut Tagar memberikan tips mengatasi stres saat di PHK akibat pandemi Corona. 

1. Berkomunikasi Secara Terbuka dengan Keluarga atau Teman Dekat

Dengan menjalin komunikasi intens dengan pasangan, keluarga, orang tua hingga teman dekat, beban pikiran akan menjadi ringan. Ini penting dilakukan agar Anda tidak mudah stres atau depresi. 

Mereka yang berada di sekeliling Anda bisa membantu memberikan solusi atas situasi krisis ekonomi sekarang ini. Bahkan, dalam komunikasi yang terjalin itu akan muncul ide cemerlang tentang bagaimana keluar dari masa sulit sekarang ini. 

2. Hindari Pikiran Negatif

Dalam kondisi sulit sekarang ini, sebaiknya Anda harus menghindari pikiran negatif. Sebab, pikiran negatif hanya merusak kesehatan mental yang bisa mengarah pada kondisi stres, ketakutan, kecemasan hingga depresi. 

Habiskanlah waktu bersama orang-orang terdekat yang mengerti akan kondisi Anda saat ini. Mintalah ide dan saran mereka untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. 

3. Memotivasi Diri Sendiri

Dengan kondisi di PHK, jangan biarkan Anda terlalu lama menyendiri dan sibuk dengan pikiran sendiri. Sebab, hal tersebut bisa mendorong Anda melakukan hal buruk, seperti minum alkohol berlebihan hingga mengonsumsi narkoba

Mengatasi stres akibat PHK juga perlu motivasi dari diri sendiri agar Anda bisa tetap maju dan tidak terpuruk terus-menerus. Namun, orang-orang terdekat Anda juga bisa membuat diri jadi lebih mudah untuk bangkit dan semangat menjalani hidup. 

Hindari berkomunikasi dengan seseorang yang membuat Anda tidak nyaman dan tenang untuk sementara waktu juga sangat dianjurkan. Selain itu, mengatasi stres juga bisa dengan melakukan kegiatan positif. Ini bisa menjadi jalan terbaik agar tidak larut dalam keterpurukan oleh keadaan. 

4. Mengendalikan Emosi

Beri waktu sendiri untuk memahami mengapa PHK harus terjadi dan bagaimana Anda bisa keluar dari masalah tersebut. Bicara dan jalinlah komunikasi dengan keluarga dan teman dekat karena mereka bisa membantu menenangkan pikiran Anda. Dengan menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat, tentu Anda bisa mengendalikan emosi dan tidak stres. 

5. Hadapi Rasa Takut dan Jaga Kesehatan

Dalam kondisi yang berat saat ini, sebaiknya hindari rasa cemas dan takut. Jika Anda terlalu khawatir akan kehilangan pekerjaan, kondisi ini justru akan membuat keadaan semakin terpuruk. 

Bicaralah dengan orang tua atau keluarga hingga teman dekat dan ceritakan semua yang menjadi ketakutan Anda akibat di PHK saat ini. Dengan cara ini, pasti Anda bisa keluar dari masalah tersebut. 

Meski dalam kondisi terpuruk, Anda juga harus tetap menjaga makanan bergizi agar tubuh selalu sehat. Hindari konsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya karena akan berdampak pada penurunan kesehatan dan stamina. Menghilangkan stres juga bisa dengan berolahraga seperti berenang, berjalan, latihan beban, berlari, dan sebagainya. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Konsultasi Online dengan Dokter Selama Corona
Masyarakat yang mengalami kondisi kurang sehat saat Pandemi Corona, sebaiknya konsultasikan penyakit tersebut dengan Dokter secara online.
Tips Mudah Belanja Sayur Online Selama Pandemi Corona
Belanja melalui layanan online menjadi aktivitas yang sering dilakukan masyarakat selama pandemi virus Corona.
Tips Menyimpan Daging Agar Awet Saat Pandemi Corona
Pandemi Corona sekarang ini, masyarakat harus memperhatikan penyimpanan bahan makanan, termasuk stok daging agar tetap awet.
0
Tips Mengatasi Stres Kena PHK Akibat Pandemi Corona
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang diakibatkan pandemi Corona membuat mereka berada dalam kondisi stres atau depresi.