UNTUK INDONESIA
Tips Agar Tidak Terpapar Virus Corona Saat Bepergian
Selama masa pandemi Corona, masyarakat masih terlihat bepergian ke luar rumah. Berikut tips aman bepergian agar tidak mudah terpapar Corona.
Ilustrasi bepergian di tengah pandemi Corona. (Foto: consumerreports.org)

Jakarta - Selama masa pandemi Corona atau Covid-19, masyarakat masih saja terlihat bepergian atau melakukan perjalanan karena suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. 

Bagi mereka yang harus terpaksa bepergian di tengah pandemi virus Corona diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, menjaga daya tahan tubuh juga penting agar terhindar dari paparan virus berbahaya tersebut. 

Dilansir dari laman smartravel, berikut Tagar berikan ulasan mengenai tips aman saat berada dalam perjalanan di tengah pandemi virus Corona.

1. Pakai Masker atau Penutup Wajah

Meski tidak menunjukkan gejala Covid-19, sebaiknya tetap menggunakan masker atau penutup wajah. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona saat berada di luar rumah.

2. Sering Mencuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer

Cucilah tangan sesering mungkin minimal selama 20 detik, ketika saat berada  di bandara, turun dari pesawat, dan toilet. Selain itu, bawalah tisu basah sebagai alternatif lain jika sulit mendapatkan air mengalir untuk mencuci tangan.

3. Hindari Transportasi Umum

Sebaiknya tidak menggunakan transportasi umum untuk menghindari bersentuhan dengan orang banyak. Disarankan naik mobil pribadi saat ingin menuju bandara, minta diantar atau menggunakan layanan taksi.

Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, pakailah masker selalu agar tidak terinfeksi virus Corona. Sebisa mungkin Anda tidak menyentuh permukaan di dalam transportasi umum.

4. Bawa Peralatan Makan dan Minum Sendiri

Ketika pergi keluar rumah, dianjurkan selalu membawa peralatan makan dan botol minum sendiri. Selain lebih hemat dan ramah lingkungan, cara ini meminimalisir untuk bersinggungan dengan orang lain.

5. Check-In Online, Unduh Mobile Boarding Pass, dan Bawa Sendiri Barang Bawaan

Periksalah penerbangan secara online dan mengunduh boarding pass ke ponsel. Cara tersebut bisa meminimalisir interaksi dengan orang dan tak perlu menyerahkan tiket, walaupun harus menunjukkan identitas kepada petugas.

Menggunakan tas jinjing juga sangat disarankan ketika Anda harus bepergian karena ini bisa menghindari barang tersentuh oleh orang lain. Ketika berada di bandara dan akan naik pesawat, jangan lupa tetap menjaga jarak setidaknya enam kaki dari orang lain.

6. Duduk Dekat Jendela dan Tetap Tenang

Virus sulit menyebar di kabin pesawat lantaran sudah dibersihkan dan dilengkapi teknologi High-Efficiency Particle Filters atau HEPA. Namun, harus tetap terapkan batas jarak aman dengan orang lain agar terhindar dari percikan, renik, dan droplet dari orang yang mungkin terpapar virus Corona.

Selain itu, agar lebih aman pilihlah tempat duduk dekat jendela dan tetap tenang sepanjang penerbangan. Cara ini bisa menghindari untuk bersinggungan dengan orang lain dan permukaan benda yang kemungkinan sering disentuh. []

Baca juga:

Berita terkait
3 Latihan Pernapasan Ampuh Cegah Corona
Latihan pernapasan dipercaya dapat mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.
Tips Menjaga Imun Saat Puasa di Tengah Pandemi Corona
Menjaga imun tubuh selama puasa di tengah pandemi Corona sangat penting supaya tidak mudah diserang berbagai penyakit.
Tips Alami Merawat Kuku Tangan Selama Pandemi Corona
Pandemi Corona yang semakin mewabah di sejumlah negara, bukan menjadi alasan untuk tidak merawat wajah hingga kuku tangan.
0
Klaim Asuransi Covid-19 Mencapai Rp 64,16 Triliun
Perusahaan asuransi, Lloyds of London menyebutkan pihaknya memperkirakan klaim terkai virus corona Covid-19 menelan biaya hingga US$ 4,3 miliar.