UNTUK INDONESIA
Tips Mudah Belanja Sayur Online Selama Pandemi Corona
Belanja melalui layanan online menjadi aktivitas yang sering dilakukan masyarakat selama pandemi virus Corona.
Ilustrasi Belanja Sayuran. (Foto: Pixabay/Medienservice)

Jakarta - Belanja melalui layanan daring atau online menjadi aktivitas yang sering dilakukan masyarakat selama pandemi virus Corona dan pembatasan beraktivitas di luar rumah.

Dengan keadaan saat ini, masyarakat dapat melengkapi kebutuhan dapurnya dengan mudah, seperti membeli aneka sayuran secara online.

Jika sebelumnya masyarakat meluangkan waktu di pagi hari untuk berbelanja aneka sayuran dan bumbu dapur lainnya, kini hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi karena semuanya sudah tersedia di berbagai situs online.

Dikutip dari Antara, ada sejumlah tips yang harus diperhatikan sebelum membeli sayuran secara online agar terhindar dari penipuan dan mendapatkan barang yang segar.

1. Buat Daftar Belanja

Kemudahan yang ditawarkan dalam mencari sayur secara online tentu akan membuat aktivitas berbelanja lebih cepat dan praktis. Namun, bukan berarti bisa memilih sayuran secara asal-asalan hanya karena dapat menemukan berbagai macam jenis sayuran. 

Membeli sayuran dalam jumlah yang banyak tanpa pertimbangan matang, hanya akan membuat sayuran tersebut nantinya mubazir. Bila tak ingin hal itu terjadi, Pastikan Anda membuat daftar belanja terlebih dahulu. Hal ini juga akan membuat pencarian barang jauh lebih cepat.

2. Pilih Toko Terpercaya

Sebelum belanja sayuran, Anda harus memilih toko online terpercaya. Ini sebagai langkah yang bijak yang harus dilakukan agar proses berbelanja secara daring bisa sesuai dengan keinginan. 

Pastikan toko atau merchant penyedia sayur yang dipilih merupakan toko yang aman dan tepat. Anda haru memperhatikan reputasi toko tersebut. Bagus tidaknya reputasi sebuah toko atau merchant sayur online bisa dilihat dari komentar konsumen yang sebelumnya telah berbelanja di toko online tersebut.

Perhatikan juga komentar konsumen lainnya mengenai tingkat keamanan pengiriman, respon penjual, hingga tingkat kesegaran sayur yang dibeli. Apabila menemukan banyak komentar atau review yang kurang baik, dipastikan toko tersebut tidaklah terpercaya.

3. Pilih Ekspedisi yang Tepat

Berbelanja online tentu identik dengan layanan ekspedisi atau jasa pengiriman barang ke alamat pemesan. Memilih ekspedisi menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat akan memilih sebuah ekspedisi seperti jangkauan ekspedisi, paket pengiriman barang yang ditawarkan, serta lamanya waktu pengiriman barang.

Saat membeli sayuran secara online, sebaiknya pilih ekspedisi yang dapat menjangkau alamat rumah. Memilih ekspedisi yang kesulitan dalam menjangkau rumah, tentu mempengaruhi lamanya pengiriman barang ke tempat tujuan. 

Hal itu tentu merepotkan, terlebih apabila sayuran yang dibeli tidak tahan lama jika disimpan dalam suhu ruangan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan dengan seksama setiap jenis paket pengantaran yang berlaku. Beberapa toko online menyediakan layanan pengiriman sayuran dengan paket same day.

4. Cari Tahu Tingkat Ketahanan Sayuran

Hal terpenting lainnya yang perlu diketahui sebelum berbelanja sayuran secara online yaitu mengenai tingkat ketahanan sayuran yang akan dibeli. Apakah sayuran tersebut memiliki ketahanan yang baik atau tidak.

Setiap jenis sayuran tentu memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda, ada yang tahan lama hingga bulanan dan ada juga bertahan dalam hitungan hari saja.

Mengetahui tingkat ketahanan sayuran ini juga ada sangkut pautnya dengan lamanya pengiriman barang ke alamat rumah. Apabila sayuran tersebut memiliki tingkat ketahanan yang kurang baik pada suhu ruangan, sebaiknya hanya membelinya jika dilengkapi dengan paket pengantaran same day.

5. Simpan Sayur Saat Tiba

Saat sayuran yang dipesan secara online tiba di rumah, segeralah langsung menyimpan sayuran tersebut dengan baik. Simpanlah sayuran di tempat yang tepat agar tetap awet dan tahan lama.

Membiarkan setiap sayuran menumpuk di dalam kantong belanjaan tanpa disimpan hanya akan membuatnya mudah busuk. Selain itu, saat menyimpan sayuran, sebaiknya tidak dalam satu tempat yang sama. Sebab, setiap jenis sayuran memiliki cara penyimpanan yang berbeda.

Ada sayuran yang awet jika disimpan di dalam kulkas, ada juga sayuran hanya bisa disimpan di dalam suhu ruangan saja.

6. Perhatikan promo

Berbelanja online tentu identik dengan adanya berbagai macam promo menarik yang ditawarkan kepada pembeli. Aneka promo tersebut tentu membuat Anda tertarik berbelanja aneka sayuran dengan harga yang lebih murah.

Sebaiknya sebisa mungkin Anda mencari tahu terlebih dahulu aneka promo yang ditawarkan oleh toko online. Akan sangat disayangkan apabila melewatkan adanya promo.

Biasanya promo ditawarkan bervariasi, mulai dari promo cashback, potongan harga, hingga gratis ongkos kirim.  Adanya promo tentu akan membuat aktivitas belanja sayur secara online lebih praktis, cepat, dan menguntungkan. Jangan lupa juga untuk mengingat tanggal dan masa berlaku promo tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Menggunakan AC yang Benar Selama Pandemi Corona
Selama pandemi Corona masyarakat sudah harus memperhatikan panduan penggunaan AC dengan benar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.
Tips Alami Merawat Kuku Tangan Selama Pandemi Corona
Pandemi Corona yang semakin mewabah di sejumlah negara, bukan menjadi alasan untuk tidak merawat wajah hingga kuku tangan.
Tips Menyimpan Daging Agar Awet Saat Pandemi Corona
Pandemi Corona sekarang ini, masyarakat harus memperhatikan penyimpanan bahan makanan, termasuk stok daging agar tetap awet.
0
Terawan Lantik Prof. Abdul Kadir Sebagai Dirjen Yankes
Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto lantik Prof. Abdul Kadir sebagai Dirjen Pelayanan Kesehatan.