UNTUK INDONESIA
Tips Konsultasi Online dengan Dokter Selama Corona
Masyarakat yang mengalami kondisi kurang sehat saat Pandemi Corona, sebaiknya konsultasikan penyakit tersebut dengan Dokter secara online.
Ilustrasi konsultasi online dengan dokter. (Foto: keckmedicine.org)

Jakarta - Merebaknya virus Corona membuat banyak orang khawatir untuk keluar dari rumah. Bahkan, sebagian besar orang yang kurang sehat cemas jika harus memeriksakan diri ke rumah sakit.

Sebaiknya bagi mereka yang kurang sehat dan membutuhkan konsultasi dokter, Anda bisa melakukannya secara online atau telemedicine. Dalam proses ini, pasien bisa memeriksakan diri dengan dokter secara virtual.

Dilansir dari laman Times of India dan Hot Doc, berikut Tagar berikan ulasan mengenai hal yang harus diperhatikan saat konsultasi online dengan dokter.

1. Siapkan Dokumen dan Arsip Seputar Riwayat Kesehatan

Sebelum memulai konsultasi online, sebaiknya mempersiapkan dokumen riwayat kesehatan terlebih dahulu agar membantu para dokter untuk mendiagnosa penyakitnya. 

Dengan cara ini juga akan membantu dokter untuk mengambil tindakan pengobatan dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan pasien agar masalah kesehatan itu tidak terjadi kembali. 

2. Jelaskan Keluhan yang Dirasakan

Sama seperti berkunjung ke dokter di rumah sakit, saat konsultasi online juga harus menjelaskan secara detail keluhan yang dialami. Jika memungkinkan, jangan hanya menyebut kepala pusing, tetapi juga menjelaskan dan deskripsikan pusing yang berputar atau bagaimana agar tidak salah diagnosa dan penanganannya.

3. Menunjukkan Bagian yang Bermasalah

Jika memiliki masalah pada anggota tubuh yang kasat mata seperti kulit dan daerah wajah, ada baiknya Anda menunjukkan bagian yang bermasalah tersebut secara dekat. 

Jika terjadi jamur pada bagian lengan, cobalah untuk mendekatkan area yang bermasalah itu ke arah kamera agar memudahkan dokter untuk mengamati penyakit apa yang dialami serta tingkat bahayanya.

4. Tidak Semua Penyakit Bisa Ditangani

Konsultasi online dengan dokter atau telemedicine memang membantu orang-orang yang merasa takut ke rumah sakit akibat pandemi virus Corona. 

Namun perlu diketahui, tidak semua jenis penyakit bisa ditangani dalam proses tersebut. Jika dalam kondisi darurat seperti patah tulang atau kecelakaan, tentu akan lebih tepat untuk segera ke rumah sakit dibandingkan secara online. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Mengatasi Kangen Keluarga di Kampung
Dilarang mudik karena wabah Corona, pasti masyarakat akan merasakan rindu pada keluarga. Berikut tips mengatasi kangen keluarga di Kampung halaman.
Tips Alami Merawat Kuku Tangan Selama Pandemi Corona
Pandemi Corona yang semakin mewabah di sejumlah negara, bukan menjadi alasan untuk tidak merawat wajah hingga kuku tangan.
Tips Konsumsi Makanan Kalengan Selama Pandemi Corona
Dokter spesialis gizi dari RSPI-Puri Indah, Raissa E Djuanda tak melarang orang-orang mengonsumsi makanan kalengan saat pandemi virus Corona.
0
Gawat, 2 Juta Anak Indonesia Derita Berat Badan Rendah
Sekitar dua juta anak Indonesia menderita wasting parah atau berat badan rendah untuk tinggi badan, ciri-cirinya memiliki kekebalan yang lemah.