Tips Diet Sehat dengan Hipnoterapi

Anda akan diarahkan oleh hypnotherapist untuk mengingat memori-memori lama untuk mencari tau akar penyebab berat badan Anda bertambah.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Bagi sebagian orang, berat badan berlebih dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, menganggu penampilan, membuat badan cepat lelah, dan menurunkan rasa percaya diri. Maka tidak jarang dari mereka berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan diet.

Menurut Halodoc, diet adalah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang cara dan sumber makanannya diatur. Sebutan lain dari diet adalah mengubah pola makan yang tadinya tidak menghiraukan jumlah porsi, komposisi makanan, gizi di dalamnya, dan waktu mengonsumsinya, menjadi lebih teratur dan selektif.

Perubahan ini jika terlalu ekstrem, dapat membahayakan diri sendiri. Alhasil bukan sehat yang didapat, melainkan timbulnya penyakit maag dan GERD.

Solusinya adalah dengan mencari tips diet yang sehat, tidak berdampak bagi kesehatan, dan bisa menurunkan beberapa kilogram dalam waktu cepat. Padahal hasil yang maksimal tidak didapat dengan instan dan dalam jangka waktu singkat.

Kunci sukses dari menurunkan berat badan bukan hanya pada pola makan, olahraga, dan tidur tepat waktu, melainkan pikiran yang sehat dan positif sangat mempengaruhi psikologis dan fisik seseorang.

Dewi Hughes, seorang hypnotherapist, telah berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 40 kg dalam 8 bulan. Melalui kanal Youtube-nya, dia membagikan tips menurunkan berat badan menurut pengalamannya, sebagai berikut.


1. Setiap orang memiliki diet masing-masing

Seperti yang dikatakan sebelumnya, diet adalah perubahan pola makan guna mencegah kenaikan berat badan. Saat hendak melakukan diet pasti seseorang mencari rekomendasi cara diet yang telah berhasil dilakukan orang lain.

Namun, perlu diingat, belum tentu yang mereka lakukan dapat berpengaruh pada diri Anda. Mengikuti tidak apa-apa, tetapi sesuaikan juga dengan kemampuan diri, jangan terlalu memaksakan diri.


2. Mengelola pikiran

Pola pikir yang sehat adalah kunci keberhasilan diet Anda karena untuk dapat konsisten menjalani sesuatu perlu memiliki motivasi yang kuat. Dengan begitu tidak ada alasan melakukan diet karena mengikuti tren.

Dewi menyarankan pula untuk mengikuti hipnoterapi yaitu mengatur pikiran alam bawah sadar. Dengan cara ini, Anda akan diarahkan oleh hypnotherapist untuk mengingat memori-memori lama. Gunanya untuk mencari tau akar penyebab berat badan Anda bertambah. Misalnya mengapa jika sedang bersedih sering mangonsumsi makanan manis.

Setelah mengetahui akar penyebabnya, Anda akan dibantu untuk merubah reaksi terhadap memori tersebut. Dari yang gemar makan manis berganti memilih untuk meredakan emosinya dengan mendengarkan lagu sembari berjalan-jalan.

Jika Anda ingin mempraktikkan sendiri hipnoterapi dapat dengan cara berikut ini:

  1. Memposisikan badan untuk duduk dengan nyaman.
  2. Tutup kedua mata dan biarkan tubuh rileks.
  3. Tersenyumlah. Dengan tersenyum tubuh menghasilkan zat kimia bernama endorfin yang membuat perasaan senang dan lebih baik setelah otak menerima sinyalnya.
  4. Tarik napas perlahan kemudian hembuskan melalui mulut seperti meniup lilin. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga:

Berita terkait
Diet Vegan Tak Selalu Baik? Kenali Dampaknya
Ada banyak hal berbeda yang bisa dirasakan oleh orang yang menjalani diet vegan, jika dibandingkan dengan para pemakan daging dan vegetarian.
5 Tips Diet Sukses Ala Yulia Baltschun yang Wajib Diketahui
Kurangnya rasa kepercayaan diri membuat mereka berlomba-lomba untuk mencoba berbagai jenis diet dan olahraga demi mencapai target. Ini tipsnya.
3 Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Diet
Indeks glikemik yang tinggi membuat nasi putih mudah dan cepat untuk terpecah menjadi gula yang akan terserap oleh tubuh.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.