Suka Traveling? Tips Wisata dengan Kendaraan Pribadi

Berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi umum dilakukan oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. Ini tips berkendaraan pribadi.
Ilustrasi - Wisata dengan kendaraan pribadi. (Foto: Tagar/Unsplash/Kurt Von)

Jakarta – Berwisata bisa meringankan beban pikiran anda ditengah penatnya kegiatan sehari-hari. Namun, pernahkah kalian berfikir ingin pergi berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi?.

Berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi umum dilakukan oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. Banyak alasan yang mendasari penggunaan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi menuju ke destinasi wisata yang dituju.

Meskipun destinasi wisata yang ingin kalian datangi berjarak tidak terlalu jauh, kalian tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum pergi ke sana. 

Persiapan yang dilakukan merupakan salah satu pencegahan terjadinya hal yang tidak kalian inginkan baik saat perjalanan maupun dilokasi wisata. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kalian perhatikan sebelum pergi berwisata menggunakan kendaraan pribadi.


1. Cek kondsi tubuh

hal yang paling utama kalian lakukan sebelum bepergian adalah mengecek kondisi kesehatan tubuh kalian maupun orang lain yang ikut bersama kalian. Sebab jika kalian memaksakan pergi dengan kondisi tubuh kurang fit maka niat berlibur anda mungkin akan terganggu dan tidak bisa melakukan aktifitas.

Terlebih jika kalian akan mengemudikan kendaraan sebaiknya pastikan kondisi tubuh sedang benar-benar fit karena keselamatan penumpang lainnya berada pada diri anda. Menjaga pola makan dan istirahat yang cukup bisa membantu menjaga tubuh kalian sebelum bepergian.


2. Cek kondisi kendaraan

Jika anda akan berlibur dengan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, sebaiknya melakukan cek keadaan kendaraan kalian supaya meminimalisir kerusakan kendaraan dijalan. 

Cek kondisi cairan-cairan dan barang-barang fast moving pada kendaraan anda sebaiknya dilakukan terlebih jika anda akan berpergian ke tempat yang jauh.

Selain pada sektor mesin, kalian harus memeriksa kondisi bagian kendaraan lainnya seperti pada ban, wiper, hingga lampu-lampu. Membawa oli tambahan ataupun barang bawaan lain yang dibutuhkan juga dianjurkan untuk persiapan jika terjadi masalah ringan diperjalanan.


3. Periksa barang bawaan

Meskipun kalian menggunakan kendaraan pribadi, kalian tidak bisa semena-mena membawa barang di kendaraan anda. Barang yang berlebih akan menambah bobot dan bisa membahayakan keselamatan perjalanan kalian.

Bagi pengendara motor terlalu banyak membawa barang akan menyulitkan perjalanan kalian dan bisa menggaanggu pengendara lain jika melebihi batas (oversize). Sesuaikanlah barang bawaan kalian supaya tidak mubazir dan merepotkan perjalanan kalian karena bawaan yang banyak.


4. Penataan barang

Hal ini terlihat sepele namun masih banyak masyarakat yang sering melupakannya karena menganggap tidak akan berpengaruh. Sebaiknya kalian memperhatikan lokasi peletakan barang bawaan anda karena hal ini bisa mempengaruhi titik beban pada kendaraan.

Barang yang berat sebaiknya diletakan dibagian bawah dan yang ringan bisa diletakan diatasnya supaya bobot yang diterima lebih rendah. Meletakan barang yang akan sering diambil ditempat yang mudah dijangkau juga harus kalian lakukan untuk memudahkan perjalanan anda.


5. Menyetir bergantian

Mengajak orang lain untuk bergantiaan menyetir harus kalian pertimbang terlebih jika rute yang akan kalian lewati cukup jauh. Menyetir memang hal yang terlihat mudah dan tidak menguras tenaga, namun menyetir dalam waktu lama akan membuat anda lelah karena harus selalu fokus pada jalanan.

Dengan membawa orang lain yang bisa menyetir kalian akan terbantu karena kalian bisa beristirahat tanpa membuang waktu berhenti ditengah perjalanan. Meskipun demikian sebaiknya kalian tetap mengunjungi tempat peristirahatan walau hanya sekedar ke toilet.


6. Cek keadaan bahan bakar

Jika kalian sering menggunakan kendaraan dalam kondisi bensin yang hampir habis di dalam kota sebaiknya dihindari jika bepergian jauh. Selain membuat hati tenang, kondisi bahan bakar yang banyak akan membuat pompa bahan bakar akan bekerja lebih ringan karena pasokan bakan bakar bisa ikut mendorong kedalam pompa tersebut.

Sebaiknya jika jarum penunjuk bahan bakar telah menyentuh setengah atau hampir seperempat mulailah mencari SPBU di depan anda. Hal ini juga supaya anda tidak kehabisan bahan bakar ditempat yang tidak anda ketahui.

Semoga tips yang diberikan bisa membantu perjalanan wisata dengan kendaraan pribadi kalian lancar dan menyenangkan.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Level PPKM Diturunkan! Ini Destinasi Wisata yang Menanti Mu
Tempat wisata adalah salah satu tempat yang menarik untuk dijadikan saat berlibur akhir pekan. 5 rekomendasi destinasi wisata yang menanti mu.
5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Lampung
Bandar Lampung kini menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan sebagai tempat wisata atau melepas rasa penat. Berikut rekomendasi wisatanya.
Libur Akhir Pekan? Berikut 4 Destinasi Wisata Bogor
Kota Bogor Jawa Barat memang selalu menghadiri tempat – tempat wisata yang menarik serta seru. Berikut rekomendasi liburan di Bogor.
0
Suka Traveling? Tips Wisata dengan Kendaraan Pribadi
Berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi umum dilakukan oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. Ini tips berkendaraan pribadi.