5 Destinasi Wisata Alam di Papua

Inilah lima destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat meluangkan waktu setelah menonton PON XX Papua
Pintu masuk Bukit Teletubbies (Sumber: Google Earth)

Jakarta - Papua dan kekayaan wisata alam yang melimpah tentu menarik perhatian banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, ditambah dengan berlangsungnya pesta olahraga empat tahunan yang di selenggarakan di Papua yaitu Pekan Olahraga Nasional XX atau PON XX Papua dari tanggal 2-15 Oktober 2021.

Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON XX Papua dan tersebar dalam empat klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Mearuke. Stadion Lukas Enembe menjadi pusat penyelenggaraan PON XX Papua, stadion ini didesain berdasarkan budaya rumah Honai Papua dan sudah berstandar internasional. Tempat ini menjadi lokasi diselenggarakannya upacara pembukaan dan juga penutupan.

Bagi yang berencana menyaksikan PON XX Papua secara langsung untuk mendukung para atlet bisa juga menyempatkan waktu mengunjungi destinasi wisata alam favorit di Papua. Berikut referensi lima wisata alam terfavorit yang bisa dikunjungi.

Bukit TeletubbiesPintu masuk Bukit Teletubbies (Sumber: Google Earth)

1. Bukit Teletubbies Jayapura. Bukit Teletubbies atau Bukit Tungku Wiri merupakan favorit wisatawan yang berkunjung. Disebut bukit Teletubbies oleh para wisatawan karena dari jauh tampak seperti perbukitan yang ada di seri anak Teletubbies.

Setelah sampai di puncak bukit kita bisa melihat pemndangan dari Danau Sentani yang indah dan juga memesona. Disarankan untuk datang pada sore hari menjelang senja, agar dapat melihat sunset cantik nan romantis yang dinantikan banyak wisatawan.

pantai tablanusuPemandangan Pantai Tablanusu dengan batu koral hitamnya (Sumber: Google Earth)

2. Pantai Tablanusu. Tempat wisata yang selanjutnya adalah Pantai Tablanusu, pantai eksotis dengan batu koral hitam di garis pantainya terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. Pantai ini memiliki air laut yang bersih dan pemandangan indah menyegarkan mata karena dikeliling bukit-bukit. Sepanjang pesisir pantai tidak terdapat pasir hanya ada batu batu koral hitam yang terlihat dan menjadi keunikan tersendiri Pantai Tablanusu.

teluk cenderawasihPulak Nutabari yang temasuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (Sumber: instagram.com/bbtn_telukcenderawasih)

3. Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Destinasi berikutnya adalah Teluk Nasional Cenderawasih, merupakan Taman Nasipnalasional perairan laut terluas di Indonesia. Taman ini terletak di Teluk Cenderawasih, Papua Barat. Merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove, dan juga hutan.

Pemandangan terumbu karang dan aneka ragaman ikan tentu menjadi daya tarik dari taman nasional ini. Pemandangan yang memesona dan sangat memanjakan mata, taman ini dikatan sebagai tempat menyelam terbaik di Nusantara.

pantai harlemKeindahan matahari terbenam di Pulau Harlem (Sumber: indonesiakaya.com)

4. Pantai Harlem. Selanjutnya ada destinasi andalan dari Papua yaitu Pantai Harlem. Pantai pasir putih ini menyuguhkan pemandangan alam yang membuat decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Jangan lupakan keindahan alam bawah lautnya, sungguh tidak salah jika pantai ini dikenal sebagai yang paling cantik di Papua.

Destinasi ini terletak di Tablanusu, Jayapura. Perjalanan menuju Pantai Harlem ini tidaklah mudah karena letaknya terpencil sehingga akses jalan yang dilewati juga tergolong sulit. Namun, setelah melihat keindahan bahari Pantai Harlem ini semua rasa lelah pasti terbayarkan.

danau paniaiPemandangan Danau Paniai (Sumber: diction.id)

5. Danau Paniai. Destinasi terakhir adalah Danau Paniai. Terletak di Kabupate Paniai, danau ini dinobatkan sebagai danau terindah di dunia dalam Konferensi Danau Se-Dunia pada tahun 2007. Walaupun berada di pegunungan dan perbukitan setinggi 1.700 meter di atas permukaan air laut (dpl) danau ini masih terjaga dengan baik keindahan dan juga keasriannya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke danau terindah sedunia ini bisa menyewa bus yang dapat melewati akses jalan yang terjal dan juga berkelok-kelok atau juga dapat menggunakan pesawat AMA dan AMAF dan mendarat di wilayah dataran tinggi dengan landasan tanah (dari berbagari sumber). []

- Joevita Aurora

Wisatawan Jangan Takut ke Obyek Wisata di Papua

Lembah Baliem dan Empay Wisata Eksotis di Papua

Awas Nyesal!! 3 Wisata Alam Tanah Papua Ini Wajib Dikunjungi

Lima Lokasi Wisata Mempesona di Bumi Papua

Berita terkait
Presiden Jokowi Resmikan PON XX Papua Tahun 2021
Presiden Jokowi sebut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 ini merupakan PON pertama di Tanah Papua
0
5 Destinasi Wisata Alam di Papua
Inilah lima destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat meluangkan waktu setelah menonton PON XX Papua