5 Pilihan Destinasi Wisata di Bali Usai Pandemi

Beberapa destinasi pariwisata di Bali memenangkan penghargaan pariwisata berkelanjutan dari Kemenparekraf.
Ilustrasi pantai.(Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bagi kamu yang masih membuat daftar berlibur di Bali ketika pandemi Covid-19 berakhir, kamu bisa menemukan banyak destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang telah diberikan penghargaan dengan konsep pariwisata berkelanjutannya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebenarnya apa sih konsep pariwisata berkelanjutan? Pariwisata berkelanjutan adalah salah satu konsep pariwisata yang telah diadaptasi Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

Beberapa destinasi pariwisata di Bali memenangkan penghargaan pariwisata berkelanjutan Indonesia yang dikenal dengan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dari Kemenparekraf, berikut 5 destinasi wisata tersebut.


1. Nusa Dua

Ketika mengunjungi daerah Nusa Dua, kamu bisa menyempatkan untuk mampir ke Nusa Dua Lagoon. Lokasi ini merupakan bagian dari Nusa Dua yang merupakan kawasan pariwisata bertaraf internasional. Tak hanya itu, ketika mengunjunginya, wisatawan dapat mempelajari metode pengelolaan sampah yang ada dengan menggunakan mekanisme pemisahan sampah padat dan cair

Uniknya, metode pengolahan sampah di Nusa Dua Lagoon ini adalah pemanfaatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Selain itu, pengelolaan sampah ini bertujuan menjaga pantai agar tetap bersih dan melestarikan ekosistem hutan bakau yang ada di sekitarnya. Jadi, wisatawan tidak hanya berjalan-jalan menikmati daerah yang dikunjungi, tetapi juga ikut menambah ilmu sembari menikmati liburannya.


2. Ulun Danu Beratan

Butuh suasana yang jauh dari keramaian Bali? Ulun Danu Beratan jadi pilihan tepat bagi kamu. Selain memiliki suasana yang tenang, wisatawan dapat mempelajari bagaimana masyarakat setempat menjaga hubungannya dengan Tuhan.

Ketika berkunjung, wisatawan dapat menyaksikan upacara adat yang unik, seperti Upacara Melasti apabila kamu datang pada waktu-waktu tertentu. Namun, ketika datang saat upacara adat dilakukan, destinasi ini akan dipadati banyak wisatawan.


3. Desa Wisata Pemuteran

Desa Wisata Pemuteran terletak di pesisir barat Pulau Bali. Ketika mengunjunginya, wisatawan akan diberikan pengalaman wisata bahari dan berkontribusi langsung untuk menjaga keindahan ekosistem lautnya bersama warga sekitar.

Wisatawan dapat menyelam ke bawah Laut Pemuteran, dan mempelajari cara merevitalisasi terumbu karang melalui metode biorock yang telah terbukti sukses dalam menjaga keindahan panorama bawah laut.

Bahkan, kalau beruntung datang di saat yang tepat, wisatawan dapat mengikuti kegiatan pelepasan bayi-bayi penyu ke habitat aslinya. Jadi, bagi kamu yang menyukai wisata Bali yang tidak mainstream, destinasi ini cocok buat kamu.


4. Taman Nasional Bali Barat

Ketika kamu memiliki kesempatan untuk mampir ke Taman Nasional Bali Barat, kamu dapat menginap, belajar, dan bertukar pengalaman mengenai konservasi dan biodiversitas bersama para ahli di bidangnya melalui program Scientific, Education, and Research Centre (SERC) yang disediakan pengurus wisata di lingkungan ini.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat, mempelajari, dan ikut berkontribusi dalam upaya perlindungan satwa yang terancam punah, Burung Jalak Bali. Apabila memiliki anggaran yang lebih, kamu juga dapat menikmati wisata kapal pesiar yang tentu memiliki informasi tentang perlindungan dan pelestarian biota laut di sana.


5. Desa Wisata Penglipuran

Desa Wisata Penglipuran merupakan destinasi wisata favorit di Bali yang populer dengan kebersihannya yang terjaga. Sebagai salah satu destinasi yang menempati hati para wisatawan, desa adat ini memiliki luas 112 hektare yang terbagi atas tiga zona, Parahyangan (area suci), Pawongan (area penduduk), dan Palemahan (perkebunan, makam umum, dan lain-lain).

Di sini, wisatawan dapat mempelajari kebudayaan Bali, seperti tari-tarian, adat-istiadat, hingga tinggal bersama warga sekitar yang selalu menjaga hubungan antara Tuhan, manusia, dan lingkungannya. Namun, hal ini tentunya hanya bisa dilakukan ketika pandemi telah berlalu

Selain memenangkan penghargaan dari Kemenparekraf, Desa Wisata Penglipuran bahkan pernah memenangkan penghargaan sebagai desa terbersih di dunia. Jadi buat kamu pecinta lingkungan bersih, pastinya enggak perlu khawatir ketika mengunjungi desa adat satu ini

Kelima destinasi tersebut telah diberikan penghargaan oleh Kemenparekraf. Karenanya, wisatawan tidak perlu takut kecewa ketika menyempatkan pergi ke sana. Tentunya, perginya setelah pandemi berlalu dan jangan lupa untuk sudah melakukan vaksin 2 kali agar kita tetap aman dan bisa berlibur dengan nyaman pastinya. []

(Raffly Azmi)


Baca Juga :




Berita terkait
Wisata Bali Kembali Dibuka! Pengujung Harus Patuhi Prokes
Pemerintah Provinsi Bali terus melakukan sejumlah persiapan termasuk membidik sejumlah negara yang ditargetkan berkunjung ke Pulau Bali.
5 Rekomendasi Wisata Pantai di Sukabumi Serasa Bali
Daerah Sukabumi, Jawa barat merupakan surganya tempat wisata alam yang memang lengkap, salah satunya wisata pantai yang serasa Bali.
5 Destinasi Wisata Ikonik di Canggu Bali
Salah satu tujuan wisata yang di Indonesia adalah Bali yang menawarkan deretan pariwisata yang memanjakan mata. Berikut wisata ikonik di Canggu.
0
5 Pilihan Destinasi Wisata di Bali Usai Pandemi
Beberapa destinasi pariwisata di Bali memenangkan penghargaan pariwisata berkelanjutan dari Kemenparekraf.