Suka Pedas? Berikut Sambal Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Bagi pecinta makanan pedas, tidak lengkap rasanya mencicipi hidangan tanpa sambal. Berikut rekomendasi sambal khas Indonesia yang wajib dicoba.
Potret D.O. EXO dengan kostum astronaut yang tengah menatap layar di genggamannya saat proses syuting film The Moon. (Foto: Tagar/Instagram/@cjenmmovie)

Jakarta – Bagi pecinta makanan pedas, tidak lengkap rasanya mencicipi hidangan tanpa sambal. Sambal merupakan kondimen berbahan dasar cabai yang menghadirkan cita rasa pedas yang mampu menggoyang lidah dan membuat ketagihan. Oleh karena itu, tidak jarang hidangan pendamping ini tersedia di rumah-rumah makan, rumah warga, bahkan supermarket.

Kepopuleran sambal di Indonesia, sudah tidak bisa diragukan lagi. Setiap daerah memiliki jenis sambal unik yang dikreasikan dan dikembangkan sendiri oleh masyarakat-masyarakat setempat. Bagi kalian yang ingin tahu, berikut rekomendasi sambal khas Indonesia yang wajib dicoba.


1. Sambal terasi

Sambal terasiIlustrasi – Sambal terasi. (Foto: Tagar/Instagram/@resepcumi)


Sambal terasi merupakan salah satu sambal yang populer di Indonesia. Seperti namanya, sambal ini mengadung terasi sebagai salah satu bahan utamanya. Untuk membuat sambal ini, Anda hanya membutuhkan terasi, cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, garam, dan gula jawa untuk kemudian diolah.

Meski sambal terasi mudah ditemukan di rumah-rumah makan, ternyata tidak semua orang menyukai jenis sambal ini. Hal ini dikarenakan karena aroma terasi yang bagi sebagian orang agak mengganggu dan tidak terlalu sedap.


2. Sambal matah

Sambal matahIlustrasi – Sambal matah. (Foto: Tagar/Instagram/@seendy0209)


Berasal dari bali, sambal matah merupakan sambal yang disajikan secara mentah tanpa perlu diuleg atau ditumis. Karena disajikan mentah, sambal ini memberikan kesegaran tersendiri bagi para penikmatnya.

Cara membuat sambal ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengiris bawang merah, cabai merah, cabai hijau, bawang putih, daun jeruk limau, serai, dan garam, lalu dicampurkan dengan minyak kelapa atau minyak goreng yang dipanaskan.


3. Sambal hijau

Sambal hijauIlustrasi – Sambal hijau. (Foto: Tagar/Instagram/@susie.agung)


Seperti namanya, sambal hijau menampilkan warna yang berbeda dari sambal pada umumnya. Kondimen ini sering dijumpai di tempat-tempat makan khas Padang karena sambal ini memang berasal dari daerah tersebut.

Terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang putih, bawang merah, dan garam yang diulek kemudian ditumis, sambal ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas sehingga cocok disajikan sebagai pelengkap bersama lauk masakan Padang.


4. Sambal roa

Sambal roaIlustrasi – Sambal roa. (Foto: Tagar/Instagram/@maya_zikri)


Sambal roa adalah salah satu sambal khas Manado yang terbuat dari campuran cabai dan ikan roa asap. Sambal ini juga cukup populer, bahkan kini telah banyak dipasarkan dalam bentuk botolan di e-commerce. Untuk membuat sambal gurih ini, Anda perlu menyedikan ikan roa asap yang kemudian di haluskan dengan campuran cabai rawit, tomat, bawang merah, garam, dan gula.


5. Sambal rica-rica

Sambal rica-ricaIlustrasi – Sambal rica-rica. (Foto: Tagar/Instagram/@mr.crispyindonesia)


Sama-sama berasal dari Manado, sambal rica-rica dan roa memiliki rasa yang dominan pedas. Sambal ini memiliki aroma harum yang menggugah selera karena terbuat dari campuran cabai merah, daun jeruk, jahe, serai, dan air jeruk nipis.


6. Sambal gandaria

Sambal gandariaIlustrasi – Sambal gandaria. (Foto: Tagar/Instagram/@sugianto.yoesman)


Seperti namanya, sambal yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari buah gandaria yang kini semakin langka dan sulit ditemukan. Namun disamping itu, sambal ini ternyata mudah untuk dibuat. 

Anda hanya perlu menyiapkan buah gandaria, cabai merah, cabai rawit, gula, garam, dan terasi yang kemudian diulek dengan cobek dan disiram  sedikit minyak panas.


7. Sambal krecek

Sambal krecekIlustrasi – Sambal krecek. (Foto: Tagar/Instagram/@numpangsaveresep)


Sambal krecek sering ditemukan dalam jamuan rumah makan khas Jawa. Sambel ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, santan, gula, dan garam yang kemudian direbus bersama dengan kerupuk kulit sapi.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
5 Makanan untuk Redakan Kolesterol Tinggi
Mengubah pola makanan dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan lemak yang mengambang melalui aliran darah Anda.
Sarapan Pagi, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini
Banyak makanan untuk sarapan yang tidak memenuhi kriteria, sehingga membuat Anda merasa lapar setelah makan atau merasa tidak nyaman saat kenyang.
Daftar Makanan yang Tak Perlu Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui
Melansir Overlakeobgyn, berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk busui dan perlu dibatasi selama Bunda menyusui.
0
Suka Pedas? Berikut Sambal Khas Indonesia yang Wajib Dicoba
Bagi pecinta makanan pedas, tidak lengkap rasanya mencicipi hidangan tanpa sambal. Berikut rekomendasi sambal khas Indonesia yang wajib dicoba.