UNTUK INDONESIA
Sambal Diulek Lebih Enak Daripada Diblender, Kenapa?
Sambal menjadi menu pendamping favorit masyarakat Indonesia. Namun, kenapa sambal yang diulek lebih enak daripada diblender ya?
Ilustrasi pembuatan sambal diulek menggunakan cobek berbahan batu. (Foto: Youtube/Dapur Dina)

Jakarta - Sambal menjadi menu pendamping favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang pedas bisa menambah nafsu makan seseorang. Namun, kenapa sambal yang diulek lebih enak daripada diblender ya?

Tak sedikit orang beranggapan sambal yang dibuat dengan cara diulek lebih lezat dibandingkan dengan hasil metode diblender. Padahal sambal yang diolah menggunakan blender memiliki tekstur lebih halus daripada menggunakan cobek.

Di samping itu, pembuatan sambal menggunakan blender lebih praktis, cepat, dan simpel tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Pembuatan menggunakan blender juga dapat menghasilkan banyak sambal lebih cepat dibandingkan dengan diulek.

Namun, sambal yang diulek ternyata bisa mengeluarkan aroma dan rasa yang lebih lezat.

Sambal TerasiIlustrasi sambal terasi. (Foto: endeus.tv)

Baca juga:

Mengulek merupakan metode menghaluskan sambal menggunakan cobek, berbahan dasar dari batu ataupun kayu. Ketika sambal diulek, sejumlah bumbu ikut mengiringi seperti garam, bawang, atau penambahan terasi dan minyak.

Karena proses mengulek lama, hal itu akan membuat minyak alami pada bumbu akan keluar. Sedangkan jika menggunakan blender, itu hanya membuat bumbu hanya halus saja.

Sambal yang diulek dengan cobek bisa terasa lebih nikmat juga karena bumbu tidak terpapar panas seperti menggunakan belender.

Namun, sambal diolah dengan cara modern seperti diblender juga bisa mengeluarkan minyak mirip seperti diulek. Caranya adalah dengan menumis semua bumbu terlebih dahulu dalam beberapa menit sebelum diblender.

Bila bumbu yang biasanya tidak ditumis akan menjadi berbusa, sedangkan kalau di tumis terlebih dahulu busanya akan menghilang dan menghasilkan minyak. Sehingga sambal juga bisa terasa sedap. (Niswatul Mahmudah)

Berita terkait
Ini Cara Bikin Telur Dadar Taiwan, Sarapan Lezat Sedang Hits
Checkered egg omelette rice atau telur dadar Taiwan sedang hits di negara Asia Timur. Begini cara bikinnya.
3 Jenis Kopi Cocok untuk Diet, Bikin Badan Makin Singset
Sedikitnya 3 jenis kopi ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Tubuh jadi makin singset.
Praktis 4 Lauk Lezat Ini Dimasak Pakai Rice Cooker
Tidak hanya untuk membuat nasi, rice cooker juga bisa dipakai untuk memasak makanan yang lezat.
0
Tangkal Hoaks, Fadjroel: Presiden Jokowi Minta Kami Blusukan
Juru bicara presiden, Fadjroel Rachman menyatakan bahwasannya Presiden Jokowi ingin jajarannya blusukan komunikasi ke warga guna menangkal hoaks.