UNTUK INDONESIA
Soekarwo Layak Jadi Wantimpres
Dengan pengalamannya di bidang pemerintahan, Soekarwo dinilai layak masuk dalam susunan Wantimpres Jokowi.
Presiden Jokowi saat memberikan selamat kepada mantan Gubernur Jatim Soekarwo yang ditunjuk menjadi Wantimpres. (Foto: Istimewa)

Surabaya - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menuai apresiasi dari kalangan masyarakat Jatim. Dengan pengalamannya di bidang pemerintahan, Soekarwo dinilai layak masuk dalam susunan Wantimpres.

Direktur Surabaya Survei Centre (SSC) Mochtar W Oetomo mengatakan keputusan Presiden Joko Widodo memilih Soekarwo menjadi anggota Wantimpres sebagai kebijakan yang tepat. 

Pakde Karwo sudah diakui kapasitasnya sebagai gubernur dengan segenap prestasi yang dicapai dan terobosan yang dibuat.

Mengingat mantan Gubernur Jatim dua periode itu merupakan figur multitalenta sehingga banyak prestasi yang dihasilkan selama menjabat.

"Pakde Karwo (Soekarwo) sudah diakui kapasitasnya sebagai gubernur dengan segenap prestasi yang dicapai dan terobosan yang dibuat," ujarnya kepada Tagar, Jumat 13 Desember 2019.

Menurutnya, capaian yang pernah ditorehkan oleh Pakde Karwo salah satunya di bidang ekonomi. Mochtar menilai mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi Jatim selalu di atas nasional. Upaya itu dilakukan melalui program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) dan konsep Jatimnomic

"Jatimnomic, Jalin Kesra, dan berbagai terobosan lainnya sudah diakui. Bukan hanya diakui di level regional, namun juga Internasional," paparnya.

Sementara di bidang politik, mantan Sekdaprov Jatim itu sudah terbukti sangat piawai hingga sukses membawa Demokrat memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim sebanyak tiga kali.

“Di pilgub 2018 lalu, Pakde Karwo sukses mengantarkan pasangan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil E Dardak,” tuturnya.

Hak senada Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio. Ia mengatakan, keputusan presiden mengangkat Pakde Karwo sangat tepat. Mengingat beliau sudah berhasil menjaga suasana pemerintahan dan politik lebih kondusif. Baik dibidang ekonomi, hukum maupun pemerintahan.

“Kami ucapkan selamat kepada Pakde Karwo atas tugas barunya sebagai Wantimpres, semoga kiprah beliau bersama Presiden Jokowi bisa memberikan kontribusi positif buat bangsa ini,” katanya.

Renville mengakui kinerja dan pemikiran yang cukup bijaksana. Baik menghadapi pilkada maupun Pemilu 2019 lalu. Hal itu terlihat beberapa Minggu sebelum dilantik sebagai Wantimpres beliau (Pakde Karwo) telah menyiapkan transisi kepemimpinan di Demokrat Jatim dengan cantik, kondusif tanpa gejolak.

“Kontribusi beliau kepada Demokrat Jatim sangat luar biasa, hingga mempercayakan kepemimpinan Demokrat Jatim ke kader-kader muda terbaik,” ucapnya. []

Berita terkait
Diduga Bodong, Polda Jatim Sita Ferrari dan McLaren
Polda Jatim menyita delapan mobil mewah yang diduga bodong dengan rincian empat Ferrari, dua McLaren, satu Jaguar, dan satu Mini Cooper.
Indeks KUB Turun, Khofifah Ajak Jaga Jawa Timur
Data Kemenag, indeks KUB Jatim masih di bawah nasional yang mencapai 73,83.
Dihina Istri, Suami di Kota Malang Nekat Curi Motor
Seorang suami di Kota Malang nekat mencuri motor kaarena tidak kuat dihina sang istri karena tidak bisa mendapatkan uang banyak.
0
Membuat Film Menggunakan Ponsel Terkendala Memori
Pembuatan film saat ini sudah bisa menggunakan smartphone. Hanya saja terkendala pada penyimpanan ponsel atau memori.