UNTUK INDONESIA

Selain Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 10 Khasiat Ajaib Apel

Bukan hanya enak dikonsumsi, apel memiliki beragam manfaat. Sejumlah penelitian telah membuktikan hal itu. Salah satunya membantu program diet.
Ilustrasi manfaat buah apel. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Apel merupakan salah satu buah yang sudah sangat dikenal masyarakat. Rasanya yang manis segar membuatnya digemari semua kalangan. Bukan hanya enak dikonsumsi, apel juga memiliki beragam manfaat. Sejumlah penelitian telah membuktikan hal itu.

Di Indonesia sendiri sebagian buah apel yang ada di pasaran merupakan hasil impor. Namun, tidak sepenuhnya apel berasal dari luar negeri. Terdapat dua jenis apel varietas lokal di Indonesia yang sudah dibudidayakan dengan skala besar. Jenis apel tersebut yaitu apel Malang dan apel manalagi.

Menurut data USDA (US Department of Agriculture) buah apel mengandung lutein dan zeacsantin, vitamin B6, Kolina, serat, kriptosantin, kalium, serat dan air. Kandungan zat tersebut sangat tinggi pada apel.

Buah apelIlustrasi manfaat buah apel untuk kesehatan. (Foto: Tagar/Pixabay)

Sementara, berdasarkan data Kemenkes RI, konsumsi apel secara teratur sesuai angka kecukupan gizi (AKG) sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya :

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Apel memiliki kandungan beta karoten, beta kriptosantin yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah risiko seseorang terkena kanker. Selain itu, kandungan senyawa antosianin pada apel juga memiliki sifat anti kanker. Apabila konsumsi apel secara rutin, manfaat ini akan sangat terasa pada tubuh.

2. Mengatasi Diabetes

Kandungan serat dan antioksidan flavonoid pada apel sangat berguna untuk mengatasi peradangan akibat penyakit diabetes. Selain itu, kandungan vitamin C dalam apel juga efektif sebagai pencegahan penyakit diabetes.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Kandungan air yang melimpah pada apel dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Selain itu kalium yang terdapat di dalamnya juga sangat berguna menjaga tubuh agar tidak mudah terkena dehidrasi atau kekurangan cairan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tubuh yang ideal kerap diimpikan oleh para wanita. Kandungan serat yang terkandung dalam apel dapat memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga tak heran jika banyak program diet yang menggunakan apel sebagai salah satu list penambah tenaga. 

Kandungan serat pada apel dapat memperlambat datangnya rasa lapar. Namun, konsumsi apel juga harus diimbangi dengan konsumsi sayuran dan olahraga agar penurunan berat badan berhasil dan nutrisi lain dapat tetap terpenuhi.

5. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat apel yang lain adalah mencegah tubuh terkena radikal bebas. Radikal bebas yang tidak mengenai tubuh akan membuat tubuh tidak mudah sakit. Antioksidan yang dikandung apel merupakan zat penting yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh.

6. Membangun Kekebalan Tubuh

Seperti yang diketahui, apel mengandung banyak sekai vitamin C. Vitamin ini sangat berguna sebagai salah satu alat pertahan tubuh menangkal penyakit, mempertahankan imunitas, dan mempercepat penyembuhan luka.

7. Menurunkan Kolesterol

Apel dapat menurunkan kolesterol dengan menyerap lemak dan kolesterol yang terkandung dalam tubuh. Nantinya lemak dan kolesterol tersebut akan dibuang dalam bentuk feses.

8. Mencegah Diare

Apel memiliki kandungan pektin yang merupakan zat antidiare. Zat antidiare alami ini berperan melindungi selaput lendir dan usus dari luka maupun serangan bakteri.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah apel mengandung serat, anti oksidan, dan nutrisi yang mampu menyerap kolesterol dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat membuat pembuluh darah baik dalam tubuh atau jantung berjalan lancar.

Jika dikonsumsi dua buah sehari, apel akan sangat berpengaruh mengurangi penyumbatan di pembuluh areteri tersebut.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi kalau antioksidan sangat berguna bagi kulit untuk mencegah penuaan kulit dan masalah kulit lainnya. Antioksidan tersebut akan melawan bakteri dan virus yang menyerang kulit. Sehingga kesehatan kulit tubuh maupun wajah akan terlindungi jika sering mengkonsumsi apel. []

(Mia Setya Ningsih)

Berita terkait
10 Makanan Ini Harus Dihindari Sebelum Tidur
Sederet makanan yang sering kamu konsumsi ini ternyata ternyata tidak baik bila dikonsumsi sebelum tidur.
Manfaat Positif dan Negatif Jus Seledri untuk Kesehatan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat positif dan negatif jus seledri untuk kesehatan tubuh.
12 Nutrisi Penting yang Diperlukan Ibu Menyusui
Ketahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan ibu selama menyusui berikut ini.
0
Selain Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 10 Khasiat Ajaib Apel
Bukan hanya enak dikonsumsi, apel memiliki beragam manfaat. Sejumlah penelitian telah membuktikan hal itu. Salah satunya membantu program diet.