UNTUK INDONESIA

10 Makanan Ini Harus Dihindari Sebelum Tidur

Sederet makanan yang sering kamu konsumsi ini ternyata ternyata tidak baik bila dikonsumsi sebelum tidur.
Ilustrasi tidur setelah makan. (Foto: Tagar/pexels)

Jakarta – Beberapa makanan membantu meningkatkan kadar melatonin membantu kamu terjaga dalam tidur. Namun, ternyata banyak makanan lain yang dapat mengganggu tidur, makanan ini tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur karena dapat menyebabkan sakit perut, insomnia, dan gangguan tidur lainnya seperti ke toilet.

Pasalnya tidur menjadi salah satu aktivitas yang diperlukan untuk kesehatan tubuh, tidak baik jika kamu makan sebelum tidur, hal tersebut dapat membuat perut terasa terlalu kenyang saat ingin mencoba tidur dengan nyaman. Jika kamu merasa lapar sebaiknya kamu makan sedikit camilan daripada mencoba tidur dengan perut keroncongan.

Khawatir tentang gangguan tidur yang merepotkan itu? Hindari mengonsumsi 10 makanan ini untuk tidur malam yang nyenyak dan sehat.

1. Burger

Dilansir dari laman eating well, mengonsumsi buger saat malam bukanlah waktu yang tepat. Makanan berat dan berlemak seperti burger membuat saluran pencernaan bekerja keras sehingga dapat mengganggu saat ingin mencoba tidur. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa makan terlalu banyak lemak jenuh menyebabkan hormon tubuh beralih ke pencernaan dan penyerapan, bukan untuk tidur.

2. Sereal dengan gula tinggi

Terkadang semangkuk sereal sebelum tidur adalah hal yang tepat. Tetapi biji-bijian, sereal, muffin, atau granola apa pun yang mengandung terlalu banyak gula akan membuat tidur menjadi lebih sulit. Karena sereal yang manis cepat dicerna oleh tubuh sehingga lonjakan gula darah dapat menghilangkan beberapa hormon tidur. Karena itu hindari sereal yang terlalu manis dan carilah sereal dengan kandungan gula rendah dan sedikit serat untuk tidur yang nyenyak.

3. Makanan pedas

Jangan sekali-kali makan pedas saat ingin beristirahat atau tidur. Sebab makanan pedas seperti sambal menyebabkan iritasi pada perut yang berakibat pada rasa mulas. Rasa mulas pada perut membuat pencernaan tidak nyaman sehingga menjadi lebih sulit untuk tidur. Terutama bagi yang memiliki asam lambung, makan pedas sebelum tidur tidak dianjurkan.

4. Pizza

Meskipun pizza salah satu makanan yang lezat, tapi Anda mungkin harus memikirkan kembali jika ingin memesan pizza saat malam hari. Bagi yang memiliki refluks asam, topping keju dengan lemak yang tinggi dan saus tomat yang asam dapat menyebabkan sakit perut dan rasa tidak nyaman di kerongkongan saat sedang tidur. Makan malam dengan pizza juga akan menambah banyak kalori ekstra yang mungkin tidak dibutuhkan.

5. Steak dan Ayam

Daging ayam dan steak bukanlah makanan yang dapat dikonsumsi sebelum tidur. Sebab dalam dua jenis makanan tersebut terdapat protein yang justru berikan energi pada tubuh. Semua daging berlemak tinggi itu akan memenuhi perut dan membuat Anda sulit tertidur karena perasaan kenyang yang luar biasa. Jika ingin mengonsumsi daging dan steak ada baiknya untuk mencoba di lain kesempatan.

6. Keripik Kentang

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, para peneliti menemukan bahwa makanan berminyak, seperti keripik, menyebabkan mimpi buruk. Tidak hanya kesulitan untuk tidur dengan cepat, tetapi Anda juga mungkin terbangun di tengah malam sambil menggenggam selimut dalam ketakutan.

7. Donat

Makanan selanjutnya yang harus dhinidari sebelum tidur adalah donat. Makanan yang digoreng ini mengandung gula tinggi yang dapat menyebabkan pencernaan menjadi tidak nyaman dan menimbulkan reaksi gula darah bagi sebagian orang. Lebih baik simpan donat Anda untuk disantap besok pagi.

8. Buah kering

Buah kering mengadung tinggi serat dan gula yang dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja terlalu aktif saat sedang tidur. Serat memiliki begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, tetapi ketika memakannya di malam hari sebelum tidur, Anda mungkin akan mendapatkan terlalu banyak serat yang dapat menyebabkan gas dan kembung sehingga mengganggu saat tidur. Lebih baik pilih satu porsi kecil buah segar, seperti apel kecil, atau secangkir beri.

9. Kopi

Sudah tak aneh jika kopi menjadi salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan kafein pada kopi bisa saja memperlambat jam tidur dari yang seharusnya.

10. Soda

Makanan terakhir yang dilarang untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah soda. Jangan sekali-kali meminum soda sebelum tidur karena minuman yang penuh dengan gula ini dikaitkan dengan tidur yang lebih sebentar dan kurang nyenyak.

Viona Bono Valvinka

Berita terkait
Pernah Tersentak Saat Tidur? Ini Penjelasannya
Pernah mengalami sentakan atau kaget saat sedang tidur? Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal ini.
Tips Menjaga Kesehatan dengan Mengatur Jam Tidur
Mengatur jam tidur dan bangun yang teratur dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di sekolah atau di tempat kerja.
Manfaat dan Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin Saat Tidur
Berikut Tagar rangkumkan empat dampak buruk dan manfaat penggunaan kipas angin saat tidur bagi tubuh.
0
10 Makanan Ini Harus Dihindari Sebelum Tidur
Sederet makanan yang sering kamu konsumsi ini ternyata ternyata tidak baik bila dikonsumsi sebelum tidur.