UNTUK INDONESIA
Saat Santri Tidur, Pesantren di Aceh Terbakar
Pondok Pesantren (Dayah) Darussalam di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh hangus terbakar.
Pondok Pesantren Darussalam yang terletak di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Aceh Selatan terbakar, pada Senin 9 Desember 2019. (Foto: Tagar/Dok BPBA)

Aceh Selatan - Kebakaran hebat menimpa Pondok Pesantren (Dayah) Darussalam di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Seratus rangkang yang merupakan tempat tinggal santri ludes dilahap si jago merah, Senin 9 Desember 2019.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Abi Hidayat menerangkan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 02.12 WIB pagi itu telah menghanguskan sebanyak 50 bangunan barak santri dengan jumlah kamar mencapai 100 rangkang.

"Kejadian sekira pukul 02.12 pagi. 50 bangunan dua lantai atau 100 kamar santri," kata Abi Hidayat, Senin 9 Desember 2019.

Abi mengatakan, penyebatnya bangunan terbuat dari kayu yang sudah tua, api dengan cepat menjalar hingga melahap habis bangunan. Terlebih, atap bangunannya terbuat dari daun rumbia.

Saat kejadian, katanya, para santri sedang beristirahat dalam kamar masing-masing. Namun disaat mengetahui kebakaran, semua santri langsung keluar dan meninggalkan rangkang.

50 bangunan dua lantai atau 100 kamar santri.

"Saat itu semua santri sedang istirahat. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, tapi ada tiga santri yang mengalami luka ringan," ujarnya.

"Penyebab kebakaran karena arus pendek," tambahnya.

Lanjutnya, untuk memadamkan api sebanyak enam mobil Damkar dikerahkan, namun, karena kobaran api yang terus membesar karena melahap benda yang mudah terbakar, bangunan tidak bisa terselamatkan. Api juga melahap barang-barang berharga para santri.

"Kalau kerugian semua kita taksir mencapai Rp 800 juta hingga 1 miliar rupiah, karena selain bilik, api juga menghanguskan kitab-kitab dan barang berharga santri," kata Abi Hidayat. []

Baca juga: 

Baca lainnya: 

Berita terkait
Mahasiswa di Aceh Minta Presiden Tak Lemahkan KPK
Mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Pemuda Anti Korupsi (KOMPAK) menggelar aksi demontrasi di Bundaran Simpang Lima Kota Banda Aceh.
Siswa Aceh Singkil Ikut Ujian di Tengah Banjir
Banjir melanda kawasan Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir termasuk sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Aceh.
Irigasi Sawah Jebol, Petani Abdya Resah
Hujan lebat yang menguyur Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh membuat irigasi Alue Bak Ara, di Desa Krueng Panto, Kecamatan Kuala Batee jebol.
0
Persiraja Datangkan Eks Pemain Timnas Uzbekistan
Persiraja Banda Aceh merencanakan memenuhi kuota pemain asing asal Asia dengan merekrut gelandang asal Uzbekistan, Pavel Smolyachenko.