UNTUK INDONESIA

Resep dan Cara Mudah Bikin Makanan Sehat Nuget Sayur

Nuget berisikan sayur bisa menjadi salah satu rekomendasi makan untuk si kecil yang tidak begitu menyukai sayuran. Begini cara membuatnya.
Ilustrasi nuget sayur. (Foto : selerasa.com)

Bekasi - Nuget merupakan salah satu makanan yang mudah ditemui di swalayan. Biasanya nuget berisikan daging di dalamnya. Nuget selain dikonsumsi oleh orang dewasa, juga dapat dimakan oleh anak-anak.

Tentu bagi orang tua, gizi anak adalah hal yang terpenting. Nuget berisikan sayur ini bisa menjadi salah satu rekomendasi makan untuk si kecil yang tidak begitu menyukai sayuran tetap memakannya walaupun dibarengi dengan olahan nuget. Meskipun aroma dan cita rasa dari sayur itu sendiri tidak begitu terasa saat dimakan, kandungan nutrisinya akan tetap ada.

Baca Juga:

Selain memiliki kandungan gizi yang baik, nuget sayur juga menyehatkan. Berikut resep membuat nugget sayur untuk 14 porsi yang dilansir oleh Tagar dari selerasa.

Bahan-bahan membuat nuget yang perlu disiapkan yakni, 75 gram daging ayam guling, 2 genggam bayam, 100 gram wortel, 15 gram tepung maizena, 50 gram tepung terigu protein sedang, 2 butir telur, 3 siung bawang putih, ½ buah bawang Bombay, 1 sendok merica bubuk, ½ sendok pala bubuk, 1 sendok gula pasir, 2 sendok garam dan minyak goreng secukupnya.

Jangan lupa menyediakan bahan untuk pencelup. Yang perlukan yakni 40 gram tepung terigu, 2 butir putih telur dan 75 gram tepung roti.

Nuget SayurIlustrasi potongan nuget sayur. (Foto: Instagram/dapur.sisters)

Untuk langkah pembuatannya pertama yang harus dilakukan yaitu menyeduh bayam yang sudah disiapkan. Lalu diiris kasar. Selanjutnya, ambil wortel dan diparut secara kasar. Pecahkan telur lalu kocok. Kemudian cincang halus bawang bombay dan haluskan bawang putih. Untuk telur, sebagai bahan pencelup juga dikocok lepas.

Sesudah itu, siapkan wadah dan masukan semua bahan-bahan tadi. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata. Ambil loyang, lalu alasi dengan menggunakan plastik. Adonan yang sudah dibuat, dituangkan ke dalam loyang. Setelah itu, diratakan.

Lalu adonan dalam loyang dikukus sampai matang atau sekitar 30 menit. Jika telah matang, angkat dan diamkan beberapa saat

hingga dingin. Setelah itu, keluarkan adonan dalam Loyang dan potong-potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Ambil wajan untuk menggoreng dan tuangkan minyak goreng. Panaskan minyak goreng hingga meletup-letup.

Baca Juga:

Sambil menunggu minyak panas, baluri nuget dengan menggunakan terigu. Lalu celupkan ke dalam putih telur, kemudian baluri dengan tepung roti. Selanjutnya goreng nuget dalam minyak panas sampai warnanya berubah kecokelatan dan matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Nuget pun siap disantap dan bisa dinikmati dengan saus sambal atau saus tomat sesuai selera.

Tips yang dapat diterapkan jika membuat nuget sayur, sebelum digoreng, simpan nuget dalam kulkas selama 30 menit agar tepung roti dapat menempel dengan baik. Jika tidak ingin langsung dimasak, nuget juga bisa diletakkan pada wadah yang kedap udara, dan simpan dalam freezer. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Tren Kue Balok Cokelat, Resep dan Cara Membuatnya
Kue balok cokelat lagi tren untuk camilan. Bikinnya mudah. Begini resep dan cara membuatnya.
Resep dan Cara Membuat Seblak di Rumah⁣
Begini cara membuat dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas Bandung, Seblak.
Anti Gagal, Begini Resep Roti Sobek ala Jepang yang 'Fluffy'
Resep roti milk bread Jepang anti gagal.
0
Resep dan Cara Mudah Bikin Makanan Sehat Nuget Sayur
Nuget berisikan sayur bisa menjadi salah satu rekomendasi makan untuk si kecil yang tidak begitu menyukai sayuran. Begini cara membuatnya.